DE-ASIGION (DIGITAL PLOTAGON ANIMATION VIDEO) AS A MIDDLE SCIENCE LEARNING MEDIA TO AVOID SDGS 2030
Abstract
References
Ailulia, R., Saidah, P., & Sutriani. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47-56.
Firdayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R., F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.
Fitriana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R., G., P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantu Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 18(1), 13-27.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Hapsari, G., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Kemendikbud. (2023, Januari). Hasil PISA Indonesia 2018. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.
Lukman, A., Hayati, D., & Hakim N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166.
Nofrion, N. (2021). Implementasi Literasi Teknologi Dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 15 Padang. Jurnal Buana, 5(1), 133-142.
Nuralawiah, T, Fitriyana, Ramlah. (2018). OTG FD and G-WorldEdu Bagi Generasi Z yang Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (pp. 352-360).
Ponza, P. J. R., Jampel, N., & Sudarman, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A., R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111.
Safitri, A, O., Yuniati, V, D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). J Jurnal Basicedu, 6(2), 7096–7106.
Saraswati, V. 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan (Doctoral dissertatation).Diperoleh dari nama data base
Sari, A., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-based Economic Learning Media Using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109.
Sunami, M., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940-1945.
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850.
Syahbudin, E. 2020. Efektivitas Video Animasi Berbasis Aplikasi Plotagon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Wahid Hasyim Dau Malang (Doctoral dissertatation).Diperoleh dari nama data base
Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–113.
Utami, S., & Mustari H. (2020). PERUT SINCAN (Snakes and Leadders of Disaster Mitigation) as a Disaster Education Learning Medium. SHEs: Conference Series, 3(1), 76–82.
Yushan, M., Yunus, S. R., & Ramalawati (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Kelas VII SMP Tekom. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 17-30.
Copyright (c) 2023 Alfi Mufidah, Wahyu Laila Agustina, Rahmi Faradisya Ekapti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.