PENGARUH TRENDFASHION, GAYA HIDUP, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PREFERENSI FASHION HIJAB

  • Alliza Nur Shadrina Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Anwar Fathoni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tati Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Abstract views: 7501 , PDF 48-71 downloads: 4152
Keywords: preferences, brand image, fashion trends, lifestyle, hijab.

Abstract

Fashion is one of the most important daily needs of human beings. Dressing in addition to being a necessity can also reflect the way of life of a particular community as well as being an expression on one's personality as an identity identity then a variety of choices of clothing models each person can be influenced by different preferences. Everyone's preference for decision making on an item including dress style is influenced by many factors. This research aims to explain how fashion trends, lifestyle and brand image influence hijab fashion preferences. This research uses quantitative research method. The population used in this study is all Jabodetabek students who wear hijab. The data collection technique in this study used questionnaire method on 155 reponden. The variables used in this study consist of 2 independent variables and dependent variable. This study uses multiple linear regression data analysis techniques using SPSS 20 data processing program. The results given from this study show that the three variables independents of trend fashion, lifestyle, and brand image have a significant influence on hijab fashion preferences. Lifestyle variables have the most dominant influence on hijab fashion preferences.So that the three variables of trend fashion, lifestyle, and brand image influence the increase of hijab fashion preference in an effort to develop the potential of the fashion hijab industry.


Fashion atau gaya berbusana termasuk salah satu kebutuhan sehari-hari manusia yang paling utama.Berpakaian selain menjadi kebutuhan juga dapat mencerminkan cara hidup kelompok masyarakat tertentu serta menjadi suatu ekspresi pada kepribadian seseorang sebagai identitas jati dirimaka beragam pilihan model pakaian setiap orang dapat dipengaruhi preferensi masing-masing yang berbeda. Preferensi setiap orang dalam pengambilan keputusan terhadap suatu barang termasuk gaya berpakaian dipengaruhi olehbanyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh trend fashion, gaya hidup dan brand image terhadap preferensi fashion hijab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah seluruh mahasiswi Jabodetabek yang mengenakanhijab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner pada 155 reponden. Variabel yang digunakan di penelitian ini terdiri dari 2 yaitu variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi liniear berganda dengan menggunakan program pengolah data SPSS 20. Hasil yang diberikan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas trend fashion, gaya hidup, dan brand image  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi fashion hijab. Variabel  gaya hidup memiliki pengaruh paling dominan terhadap preferensi fashion hijab. Sehingga ketiga variabel trend fashion, gaya hidup, dan brand image mempengaruhi peningkatan preferensi fashion hijab dalam upaya mengembangkan potensi industri busana hijab.

References

Amer, A., Jani, M. S. H., Ibrahim, I., & Aziz, N. A. A. (2019). Brand preferences in Muslimah fashion industries: an insight of framework development and research implications. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(1).

Asmita, D., & Erianjoni. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend FashionMasa Kini(Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). 2(2), 91–96.

Ayunda, A., Mutmainah, L., & Huda, N. (2019). Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Produk Fashion Muslim. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2). https://doi.org/10.33476/jeba.v3i2.962

Biel, A., & Aaker, D. (2013). Brand Equity and Advertising: Advertising’s Role Building Strong Brands. Michigan: Psychology Press.

Calvind, W. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen antara Hotel Independen dan Hotel Chain di Kota Batam. Universitas Internasional Batam.

Capistran, R. P. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Preference Pada Brodo Footwear. Universitas Padjajaran.

Christine, E. (2016). Pengaruh Gaya hidup dan Demografi terhadap Preferensi Belanja Konsumen di Pasar Beringharjo. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Edastami, M., & Mahfudz, A. A. (2019). An Analysis of The Effect of Fashion Consciousness as A Mediating Factor on Hijab Fashion Consumption in Indonesia. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 13(1).

Faried, A. I. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2), 9–19.

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), 428–435.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Surabaya: TS Publisher.

Genarsih, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Jumlah Anggota Keluarga Terhadap Konsumsi Gas Elpiji Pada Sektor Rumah Tangga. JoIE: Journal of Islamic Economics, 1(1).

Hardisurya, I., Mardiana Pambudy, N., & Herman, J. (2011). Kamus mode Indonesia (1st ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hudri, A. (2020). Badai Politik Uang dalam Demokrasi Lokal. Malang: Inteligensia Media.

Ilyas, M. (2016). Memaknai Fashion dalam Hukum Islam. 5.

Jenahara, & Riamiranda. (2014). Fashion Friendship. Jakarta: Qultum Media.

Karim, A. A. (2014). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education.

Mahmud, Y., Paat, C. J., & Lesawengen, L. (2020). Jilbab Sebagai Gaya Hidup Wanita Modern di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Holistik, 13(3), 1–14.

Palupi, G. R. (2017). Pengaruh gaya Hidup terhadap Preferensi Belanja Konsumen pada Kawasan Wisata Kotagede Yogyakarta. Sanata Dharma Yogyakarta.

Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporar. Bandung: Alfabeta.

Rania, L. (2018). Pengaruh Trend Busana Muslimah terhadap Gaya Busana Kuliah Muslimah Mahsiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Silvia, V. (2020). Statistika Deskriptif (1st ed.). Yogyakarta: Andi.

Siregar, I. S. (2013). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: KENCANA.

Standard, D. (2019). State of the Global Islamic Economy Report 2019/20. Dubai International Financial Centre, 1–174. Retrieved from https://haladinar.io/hdn/doc/report2018.pdf

Sukendro, G., Destiarman, A. H., & Kahdar, K. (2016). Nilai fetisisme komoditas gaya hijab (kerudung dan jilbab) dalam busana muslimah. Jurnal Sosioteknologi, 15(2).

Supriyadi, Fristin, Y., & KN, I. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Bisnis Dan Manajemen, 3(1).

Ulfa, R. S. (2019). Upaya Ifc (Indonesian Fashion Chamber) Dalam Mewujudkan Indonesia Sebagai “the Fashion Muslim Center of the World 2025.” Jom Fisip, 6, 1–15.

PlumX Metrics

Published
2021-12-08
Section
Articles