TUAN GURU ZAINUDIN ABDUL MAJID’S EPISTEMOLOGICAL VIEWS ON INTEGRATION OF ISLAMIC EDUCATION IN LOMBOK, WEST NUSA TENGGARA

Main Article Content

Fathurrahman Muhtar

Abstract

Abstract

Currently, Muslims have a lack of understanding of epistemology, which results in the weak mastery of Muslim thought towards science and technology. In medieval times, Islamic thinkers with integrated thoughts were born from the mastery of epistemology sourced from the Qur'an and Sunnah.This study aims to explain Tuan Guru Kiai Zainuddin Abdul Majid's thinking in science development, making him a pioneer in Islamic education and a national hero in Lombok, West Nusa Tenggara. These paper methods are a historical approach and literature with content analysis. This study's results show that Tuan Guru Zainuddin Abdul Majid integrated his thoughts. His ideas are written in Tuhfatul Anfenaniyah Syarah Nahdlatuzzainiyah and his verse ya man yarum. His paper that religion and science are like buildings standing firmly. If religion and science are kept separate, so Muslims will fall behind. So, Islam people must comprehend Shari'a, Nahu, Shoref (grammar), Fiqh (Islamic law), astronomy, language, math, geometry, algebra, chemistry, and geography integrated to advance in this time and the future. His ideas were based on the scientific and dialectical foundations of Bayani, Burhani, and Irfani's epistemology, which is the basis for developing Islamic education. His thought was successful in developing Islamic education institutions based on Islamic integration.

 

Abstrak

Lemahnya penguasaan epistemology menyebabkan lemahnya pemikiran umat Islam dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Penguasaan epistemology yang bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah telah melahirkan pemikir Islam yang memiliki pemikiran integral pada abad pertengahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemikiran Tuan Guru Kiai Zainuddin Abdul Majid dalam pengembangan ilmu pengetahuan, yang menjadikannya sebagai pelopor pendidikan Islam dan pahlawan nasional di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan literatur dengan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tuan Guru Zainuddin Abdul Majid telah mengintegrasikan pemikirannya. Ide-idenya ditulis dalam Tuhfatul Anfenaniyah Syarah Nahdlatuzzainiyah dan syairnya ya man yarum. Dalam karya tulisnya diyatakan bahwa agama dan sains ibarat bangunan yang berdiri kokoh. Jika agama dan sains dipisahkan, maka umat Islam akan tertinggal. Baginya, umat Islam harus memahami Syariat, Nahu, Shoref (tata bahasa), Fiqh (hukum Islam), astronomi, bahasa, matematika, geometri, aljabar, kimia, dan geografi yang terintegrasi untuk mencapai kemajuan di masa ini dan masa depan. Ide-idenya didasarkan pada fondasi ilmiah dan dialektis epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani, yang dijadikan sebagai dasar dalam mengembangkan pendidikan Islam. Pemikirannya telah menghasilkan lembaga pendidikan Islam berbasis integrasi Islam

Article Details

Section
Artikel

References

Abdul Majid, Zainuddin. Wasiat Renungan Masa. Pancor: Toko Buku Kita, 1995.
Abdullah, Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Abdullah, M. Amin. Multidisiplin, Interdisiplin Dan Transdisiplin, Metode Studi Agama Dan Studi Islam Di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka, 2020.
Abdurrazzak dan Halimatus Nadia. “Pandangan Tuan Guru Terhadap Pemimpin Perempuan Di Nahdlatul Wathan” 4 (2022): 165–78. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v4i2.1623.
Adet Tamula Anugrah. “Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.” Tarbiyyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. Agustus (2021): 101–22.
Al-Jabiri, Abid. Isykaliyat Al-Fikr Al-Arabi Al-Muashir. Beirut: Markaz Dirosah Al-Arabiyah, 1989.
Al-Jamali, Fadhil. Filsafat Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Terj. Judi Al-Falasany. Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Press, 1998.
Ambary, Hasan Muarif. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis Dan Historis Islam Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Azmi, Saadatul, and Faridatul Wardi. “Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: The Pioneer of Islamic Education in Lombok Community West Nusa Tenggara, Indonesia.” Khalifa: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2020): 19–31. http://kjie.ppj.unp.ac.id/index.php/kjie/article/view/37.
Azra, Azyumardi. Esei-Esei Intlektual Muslim Dan Pendidikan Islam,. Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1998.
———. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Bilgrami, Hamid Hasan dan Syid Ali Asyrafi. Konsep Universitas Islam, Terj. Mahnun Husain,. Yogyakarta : Tiara Wacana, 1989.
Drajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam,. Jakarta : Bumi Aksara, 1992.
Fahrurrozi. Nahdlatul Wathan, Refleksi Keislaman, Kebangsaan Dan Keummatan. Al-Haramain Lombok, 2019.
Fitriana, Susi. “Peran Kepribadian Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Analisis Kritis-Konstruktif Ata Pemikiran Zakiah Daradjat).” Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam Dengan Realitas 4, no. 2 (2019): 281–300. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/1798.
Imam, Verhak C and haryono. Philosophy of Science. Jakarta: Gramedia, 1989.
John. J. Donohue dan John. J Esposito. John. J. Donohue Dan John. J Esposito, Islam Dan Pembaharuan : Ensiklopedi Masalah-Masalah, Terj. Machnun Husein. Jakarta: Grafindo, 1995.
Jujun Suriasumantri. Tentang Hakekat Ilmu: Sebuah Pengantar Redaksi.” Dalam Jujun (Ed.,) Ilmu Dalam Perspektif (Yayasan Obor Indonesia: Jakarta, 2001), 9, 2001.
Kertanegara, Mulyadi. Mozaik Khasanah Islam : Bunga Rampai Dari Chicago. Jakarta: Paramadina, 2000.
Maimun, Ach. “RELASI AGAMA DAN SAINS DALAM ISLAM (Pemetaan Konteks Awal Dan Varian Pemikiran Sains Islam).” Muslim Heritage 5, no. 2 (2020): 261. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.1957.
Majid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina, 1997.
———. Tradisi Islam, Peran Dan Fungsinya Dalam Pembangunan Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1997.
Majid, Tuan Guru Kiai Zainuddin Abdul. Thariqah Hizib Nahdlatul Wathan, n.d.
Majid, Zainuddin Abdul. Fawakihunnahdliyyah. Pancor: Toko Buku Kita, n.d.
———. Syarah Mi’rajussibyan. Pancor: Toko Buku Kita, 1998.
———. Tuhfatul Anpenaniyah Syarhun Nahdlatuzzainiyah. Pancor, Toko Buku Kita, n.d.
Maknun, Moch Lukluil, Muhammad Aji Nugroho, and Yuyun Libriyanti. “Kontribusi Ulama Nusantara Terhadap Keilmuan Islam Di Indonesia; Studi Kasus Inventarisasi Manuskrip Ponpes Tremas Dan Tebuireng.” Muslim Heritage 7, no. 1 (2022): 111–40. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i1.3625.
Maksum. Madrasah Sejarah Dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Muhammad Heriyudanta. “Model Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 3, no. 2 (2022): 189–202. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.100.
Muthahhari, Murtadha. Bedah Tuntas Fitrah: Mengenal Jati Diri, Hakikat Dan Potensi Kita. Jakarta: Indonesia Citra, 2011.
Nasr, Seyyed Hussein. “The Meaning and Concept of Philosophy in Islam.” Muslimphilosophy, 2003. http://www.muslimphilosophy.com/ip/nasr-ip1.htm.
Noer, Mohammad. Visi Kebangsaan Religius, Refleksi Pemikiran Dan Perjuangan Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2004.
Rahadi, I, M A Sukran, M A Junaidi, and ... “Descriptive Statistics For Demographic Tourist Visits On New Religious Segment: Evidence From TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Tomb, Lombok Timur.” … : Journal of … 12, no. 2 (2022): 1734–41. https://www.enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/view/467.
Samidi, Raden, and Suharno Suharno. “Implementasi Nilai Keadilan Sosial Melalui Pendidikan Persepktif Tgkh Zainuddin Abdul Majid.” FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 3 (2018): 374. https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.314.
Sapiin, Mar`i, Cedin Atmaja, and Khairussibyan. “Semiotics Performance by Marco De Marinis in Syair Wasiat Renungan Masa Tuan Guru Kyai Haji Abdul Madjid.” International Journal of Social Sciences 3, no. 1 (2020): 24–31.
Satria, Rengga. “Dari Surau Ke Madrasah : Modernisasi Pendidikan Islam Di Minangkabau 1900-1930 M.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (2019): 277. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2860.
Setiawan, Zaki, Sutama, Harsono, and Abd Syakur. “Progressive Islamic Education in Mambaul Ulum Madrasa Surakarta (1905-1945).” Proceedings of the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021) 662, no. Icolae 2021 (2022): 918–24. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.099.
Suharto, Babun. Pondok Pesantren Dan Perubahan Sosial, Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2018.
Titus, Harol H. Persoalan-Persoalan Filsafat, Terj. H.M. Rasjidi. Bulan Bintang, 1984.
Umar, Nasaruddin. Rethingking Pesantren. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Wijaya, Herman, and Laila Sufi Wartini. “Relasi Makna Dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid (Kajian Semantik).” SeBaSa 2, no. 1 (2019): 41. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i1.1352.
Yazdi, M.T. Mishbah. Buku Daras Filsafat Islam, Terj. Musa Kazhim Dan Saleh Baqir. Jakarta: Mizan, 2010.
Yusuf, Muhammad. Sejarah Ringkas Perguruan Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyyah Dan Nahdlatul Banat Diniyyah Islamiyyah Dan Nahdlatul Wathan,. (Pancor, PBNW, 1976.
Zulmuqim, Zulmuqim. “Renewal of the Islamic Education of Minangkabau: Study of Education Thinking Abdul KarimAmrullah, Abdullah Ahmad And Rahmah El-Yunusiyah.” Al-Ta Lim 22, no. 2 (2015): 155–64. https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/139/132.