STRATEGI PUBLIC RELATION DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN PONOROGO DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF DI MASYARAKAT

  • Gradian Pratama Ariyanto Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Iswahyudi Iswahyudi IAIN Ponorogo
Abstrak views: 202 , PDF downloads: 109

Abstrak

Public relation (PR) adalah alat komunikasi yang digunakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan publiknya. PR di Dinas Sosial, P3A memiliki peran penting dalam membangun citra positif di masyarakat. Dinas Sosial menggunakan media sosial sebagai sarana publikasi untuk menyebarkan informasi tentang lembaga, program sosial, dan kegiatan yang dilakukan. Melalui konten yang up to date dan responsif terhadap pertanyaan dan keluhan masyarakat, Dinas Sosial dapat membentuk persepsi positif dan meningkatkan apresiasi publik terhadap lembaga tersebut. Dengan adanya PR yang efektif, Dinas Sosial dapat membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan serta penerimaan masyarakat terhadap layanan yang disediakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi public relation yang digunakan dinas sosial agar dapat membentuk citra positif di masyarakat, dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif hasil dari penelitian ini adalah Dinas Sosial menggunakan metode segmentasi dalam hal sasaran dan sarana, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh audien dengan maksimal.

Referensi

Karim Batubara, Abdul. Dikatat Media Komuinkasi. Medan: UIN Sumatra Utara, 2011.

Rahayu Tanama Putri, Budi. manajemen pemasaran. Denpasar: Udayana, 2017.

Ardianto, Elvinaro. Metodologi Penelitian untuk Public Relation. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Juwito, Public Relation Surabaya: UPN PRESS, 2008.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

MA, Morissan. Manajemen Public Relation Strategi menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana, 2008.

Uchjana Efendy, Onong. Human Relation & Public Relation. Bandung: Mandar Maju, 2009.

Uchjana Effendy, Onong. Hubungan Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Uchjana Effendy, Onong. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Ruslan, Rosady. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Ruslan, Rosady. Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Black, Sam. dan Melvin L. Sharpe. Ilmu Hubungan Masyarakat Praktis. Jakarta: PT Intermasa, 1998.

Oliver, Sandra. Strategi Public Relation. Jakarta: PT. Erlangga, 2006.

Scott M. Cutilp, Allen H. Center dan Glen M. Broom. Effective Public Relation Edisi Sembilan Jakarta: Kencana, 2009.

Soemirat, Soleh. & Elvinaro. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Website:

https://123dok.com/article/corporate-identity, diakses pada 10 maret 2023.

https://dinsos.ponorogo.go.id/, Diakses pada 10 April 2023, 19:49.

https://www.dailysocial.id/post/media, diakses pada tanggal 5 Maret 2023.

https://www.kajianpustaka.com/, diakses pada tanggal 8 maret 2023.

Akun Instagram Sosial.png, Diakses pada 10 April 2023, 19:49.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2024-07-02