Desain Pengembangan Buku Ajar Arab Bagi Mahasiswa Non PBA Berbasis Joyful Learning IAIN Ponorogo

  • Nasrullah Nasrullah IAIN Ponorogo
Abstract views: 708 , PDF downloads: 563
Keywords: Pengembangan buku ajar, Joyful Learning

Abstract

Mata kuliah bahasa Arab bagi sebagian besar mahasiswa merupakan momok yang menakutkan, apalagi mahasiswa tersebut belum pernah belajar bahasa Arab sebelumnya. Asumsi tersebut akan berubah dengan sendirinya, seiring dengan waktu setelah mereka belajar desain materi ajar bahasa Arab yang berbasis joyful learning, belajar bahasa Arab selalu diringin dengan rasa senang dan penuh permainan, tetapi unsur materi bahasa mereka juga mendapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan materi ajar berbasis joyful learning. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model Borg dan Gall, data dikumpukan dengan tehnik observasi, wawancara, document, angket dan check list kemudian dianalisis secara kualitatif dan quantitative  descriptive. Desain buku ajar pembelajaran bahasa Arab berbasis joyful learning bagi mahasiswa non Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pada tahap validasi ahli materi dan validasi ahli media keduanya memberikan skor “sangat baik” dan desain produk buku ajar dinyatakan “layak” untuk dipergunakan sebagai materi ajar bagi mahasiswa non PBA IAIN Ponorogo. Setelah diuji cobakan kepada mahasiswa, mereka merasa senang dan antusias dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan indikasi bahwa mahasiswa tidak khawatir akan kesalahan membaca teks bahasa Arab, tidak mengalami kesulitan dalam mencari kosa kata, sehingga pemahaman mahasiswa terhadap materi ajar bahasa Arab dapat dilihat pada skor pre test rata-rata test 61,23,  sementara skor post test 87,13  artinya ada peningkatan skor yang signifikan setelah diajarkan dengan desain materi ajar  bahasa Arab berbasis joyful learning.

PlumX Metrics

Published
2018-12-31
Section
Articles