PENDAMPINGAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL ISLAH KARANGJOMPO PEKALONGAN

  • Faliqul Isbah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Muhammad Mufid UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Khafid Abadi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Abstract views: 53 , PDF downloads: 32
Keywords: Parent, Child, Madrasah Diniyah Takmiliyah

Abstract

Peran Pendidikan Diniyah (keagamaan) untuk membangun karakater anak sejak dini sangan fundamental, karena pada fase pendidikan inilah anak-anak kita bentuk agar memiliki perilaku sikap yang baik. Semestinya tanggung jawab untuk mendidik anak bukan hanya menjadi tanggung jawab guru di Madrasah atau majelis taklim. Namun juga menjadi tanggung jawab para orang tua untuk memastikan mereka memiliki kesamaan visi dalam mencetak anak yang berbudi luhur. Sedangkan pada kenyataannya banyak orang tua yang merasa telah selesai memberikan pendidikan kepada anak ketika mereka mendaftarkan anak-anaknya ke Madrasah Dinyah. Inilah yang menjadi dasar pentingnya program pengabdian ini untuk dilaksanakan di MDT Al Islah Karangjompo Pekalongan. Metode program pengabdian ini berupa Service Learning, dimana tim pengabdi dari kalangan akademisi memberikan stimulus kepada sasaran program agar dapat melaksanakan dan mengembangkan program yang sesuai, dimulai dari tahapan pra implementasi, implementasi dan pasca implementasi.Hasil program pengabdian ini adalah terfomulasikannya kerangka kurikuler gagasan Al Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad dan model pendidikan Islam K.H. Abdurrahman Wahid dalam bidang penguatan akhlak yang siap pakai, modul silabi pendidikan kitab Ayyuha al Walad yang dapat digunakan dan dikembangkan oleh Guru pada pelajaran lainnya, serta disepakatinya program pengajian wali santri MDT Al Islah setiap bulan untuk memberikan penguatan dan kesadaran mereka tentang tanggung jawab para orang tua dalam mendidik anak.

References

Basyar, Khoirul. 2022. Wawancara Guru MDT Al Islah 23 Oktober 2022. Pekalongan.

Ghazali, Al. n.d. Ayyuha Al Walad. Jakarta: Dar El Kutb.

Isbah, F., & Priyanto, A. ( ). 2021. “Peran Istighosah Guna Menumbuhkan Nilai-Nilai Spritualitas Diri Dalam Menghadapi Problematika Kehidupan.” Spiritual Healing : Jurnal Tasawuf Dan Psikoterapi 1(2):82–90. doi: https://doi.org/10.19109/sh.v1i2.8086.

Kasanah, Siti. 2021. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Abdurrahman Wahid Dan Abdurrahman An-Nahlawi Di Era Modern.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 32(1):169–80. doi: 10.33367/tribakti.v32i1.1096.

Mu’minatussolichat. 2022. Wawancara Wali Santri MDT Al Islah 22 Oktober 2022. Pekalongan.

Novi Cahyaningsih dan Faliqul Isbah. 2021. “Pendampingan Optimalisasi Peran Masyarakat Untuk Desa Progresif Dengan Asas Kemaslahatan Di Era Reformasi Industri 4.0 (Studi Lapangan Di Desa Jambearum, Kec. Patebon Kab. Kendal Jawa Tengah).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi 1(3):166–75.

Rohman, M. Taufiku. 2022. Wawancara Sekretaris Desa Karangjompo 15 Juni 2022.

Sumari. 2022. Wawancara Kepala Desa Karangjompo 15 Juni 2022.

Suprayitno, Adi, and Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.

St. Syamsudduha, St. Syamsudduha, and Nurjannah Yunus Tekeng. 2017. “Penerapan Service Learning Dalam Pembelajaran Matakuliah Pedagogik Pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 20(1):1–17. doi: 10.24252/lp.2017v20n1a1.

Ula, Miftahul, and Faliqul Isbah. 2022. “Dimensi Tasawuf Dalam Ilmu Nahwu.” JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy 2(1):89–106. doi: https://doi.org/10.28918/jousip.v2i1.6001.

Umam, Azka Najmul. 2022. Wawancara Guru MDT Al Islah 22 Oktober 2022. Pekalongan.

Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi : Esai-Esai Pesantren. 1st ed. edited by H. S. H.S. Yogyakarta: LkiS.

Yu’timaalahuyatazaka. 2016. “Model Pengembangan Kurikulum Hilda Taba Dan Identifikasinya Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2):138–48.

Zulaikha. 2022. Wawancara Wali Santri MDT Al Islah 22 Oktober 2022. Pekalongan.

Zulhanif. 2018. “Penyusunan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Di SDN 165 Pekanbaru.” Jurnal Pigur 01(02):42–52.

PlumX Metrics

Published
2023-06-08
Section
Articles