PELATIHAN MANAJEMEN MADRASAH RISET MENUJU MADRASAH UNGGULAN DI MTSN 1 NGANJUK

  • Wisnu - Qholik STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Muhammad Thoyib STAI Miftahul Ula Nganjuk
  • Ahmadi Ahmadi IAIN Ponorogo
  • Rony Harsoyo STAI Miftahul Ula Nganjuk
Abstract views: 192 , PDF downloads: 118
Keywords: Service, Research Madrasah, Education Quality

Abstract

Rendahnya kualitas penelitian baik yang dilakukan oleh siswa ataupun guru menjadikan program madrasah riset sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah, setidaknya madrasah memiliki suatu pemicu semangat dan memiliki suatu jalan/metode untuk berkembang lebih baik lagi tidak hanya dalam ranah nasional, namun juga internasional. Penelitian pengabdian ini dilakukan di MTsN 1 Nganjuk dengan menerapkan metode Asset Based Community Development (ABCD) melalui aspek-aspek Problem Based Approach, Need Based Approach, Right Based Approach, Asset Based Approach dalam menganalisis kebutuan program dan merumuskan tujuan pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kompetensi baik dari pendidik maupun peserta didik terhadap program madrasah riset serta desain impelementasinya yang dibuktikan dengan hasil penyusunan desain proposal penelitian dalam rangka menyusun karya tulis ilmiah berdampak pada meningkatnya kualitas manajemen madrasah khususnya dalam pengelolaan pengembangan program madrasah riset.

References

Afrahamiryano, Afrahamiryano. et al. (2023). Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Madrasah Young Researchers Supercamp Bagisiswa MAN 1 Sijunjung,” Communnity Development Journal, 4(1), 498-501. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12285.

Ali, Mohammad. Muhammad Asrori. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aprilia, Puspa Wulan. Suryanti. Nadi Suprapt. (2021). Pembelajaran Inkuiri untuk Melatih Literasi Sains Siswa Pendidikan Dasar. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 250-268. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7256.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Becker, E. (2001, August 27). Prairie farmers reap conservation's rewards. The New York Times. http://www.nytimes.com

Becker, L. J., & Seligman, C. (1981). Welcome to the energy crisis. Journal of Social Issues, 37(2), 1-7.

David, Miriam. et al. (2001) Children and School-based Research: ‘informed consent’ or ‘educated consent’.? Journal of British Educational Research, 27(3), 348-365. https://doi.org/10.1080/01411920120048340

Farih, Nailul. Umi Hanik. (2023, Sept 6). Outputs, Outcomes, dan Impact. Retrieved from https://image.monevstudio.org/outputs-outcomes-dan-impact.

Hershey Foods Corporation. (2001, March 15). 2001 Annual Report. Retrieved from http://www.hersheysannualreport.com/2000/index.htm

Hidayati, Kurnia. Kharisul Wathoni, Esti Yuli Widayanti, “Peningkatan Keterampilan Mengajar Materi IPA dan Matematika Berbasis Laboratorium bagi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Mlarak Ponorogo,” Inej:Indonesian Engagement Journal 3, no. 2 (Desember 2022), 3.

Hidayati, Umul. (2019). Inovasi Madrasah melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(3), 238-255. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.636.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Kegiaatan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia.

Khumaidah. Zainal Arifin. Zulkifli Syauqi Tantowi. (2022). Manajemen Program Riset Studi Kasus di MAN 2 Kudus Management of Research Program Case Study in the MAN 2 Kudus. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(1), 108-118.

Thoyib, Muhammad. (2021). Manajemen Madrasah Riset: Kajian Teoritis dan Implementatif menuju Madrasah Unggul dan Inovatif di Indonesia. Yogyakarta: CV Markumi.

Tim Humas. (2023, Sept 6). Riset dan Penerapannya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Retrieved from http://mtsnkotabatu.sch.id/berita/detail/riset-dan-penerapannya-dalam-kegiatan-belajar-mengajar.

Wayhie, Akhmad Hasbi. “Madrasah Berbasis Riset,” diakses pada 5 September 2023, https://kalsel.kemenag.go.id/opini/646/Madrasah-Berbasis-Riset.

Widjajanti, Kesi. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 15-27.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102-108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107.

Wulandari, Ria. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains. Science Eduction Journal 1(1), 29-35. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839.

PlumX Metrics

Published
2023-06-06
Section
Articles