PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MATERI IPA DAN MATEMATIKA BERBASIS LABORATORIUM BAGI GURU KELAS MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN MLARAK, PONOROGO

  • Kurnia Hidayati IAIN Ponorogo
  • Kharisul Wathoni IAIN Ponorogo
  • Esti Yuli Widayanti IAIN Ponorogo
Abstract views: 130 , PDF downloads: 118
Keywords: Pengabdian kepada masyarakat, Guru Kelas MI, Pembelajaran Materi IPA dan Matematika MI, pembelajaran berbasis laboratorium

Abstract

Kegiatan ini merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat dari dosen di lingkup Institut Agama Islam Negeri Ponorogo pada tahun 2021. Dengan mengacu pada kluster pengabdian peningkatan program studi  maka pengabdian  ini  memilih  sasaran  madrasah  ibdidaiyah  di lingkup  kabupaten  Ponorogo.  Sasaran  dari  Pengabdian  adalah  guru kelas  madrasah  ibtidaiyah  di  kecamatan  Mlarak  sebanyak  25  orang guru. Tujuan dari program pengabdian adalah meningkatkan keterampilan guru kelas dalam pembelajaran berbasis laboratorium untuk pembelajaran materi IPA dan matematika. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan pendekatan edukatif dalam bentuk pelatihan atau workshop. Workshop dilaksanakan dengan strategi pembelajaran langsung menggunakan teknik ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik. Output atau luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah guru kelas yang terampil dalam melaksanakan langkah- langkah pengajaran matematika dan IPA berbasis laboratorium serta guru yang terampil dalam penggunaan alat laboratorium untuk pembelajaran materi IPA dan matematika.

References

Amini, R. Pengembangan Model Pembelajaran Konsep IPA SD Berbasis Kegiatan Laboratorium Menggunakan Pendekatan Savi. repository.unp.ac.id, 2015. http://repository.unp.ac.id/27125/.

Aprilia, T., S. Sunardi, and D. Djono. “Pemanfaatan Media Buku Digital Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA.” Prosiding Seminar Nasional …, 2017. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10444.

Ariyati, E. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Matematika Dan IPA. download.garuda.kemdikbud.go.id, 2010. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1564233&val=2343&title=Pembelajaran%20berbasis%20praktikum%20untuk%20meningkatkan%20kemampuan%20berpikir%20kritis%20mahasiswa.

Auliah, L., S. Syaiful, and S. Syamsurizal. “Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Jurnal Pendidikan Matematika, 2020. https://www.neliti.com/publications/317597/pengembangan-modul-digital-pembelajaran-matematika-berbasis-pendekatan-open-ende.

Data EMIS Kemenag kabupaten Ponorogo

Eko Marpanaji dkk. (2017). Laporan PPM LPPM UNY. Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) untuk Meningkatkan Kinerja Pengelola dan Penggunaan Laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan.

Eko Setyadi Kurniawam dan Nur Ngazizah. (2017). Surya Abdimas. Peningkatan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworjeo Dalam Pengelolaan Laboratorium dan Pengembangan Alat Peraga IPA Terbarukan. Vol 1 No 1 April. 1-5.

https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

Haerullah, Ade dan Suparman (2016). Pelatihan dan Pendampingan Praktikum IPA Kontekstual bagi guru setingkat SD di MIN Sasa Kota Ternate. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi FKIP Univ. Khairun Ternate Vol 4 no(2) Maret 2016.

Irwanto et al. (2019). Eurasian Journal of Educational Research. Using Inquiry- Based Laboratory Instruction to Improve Critical Thinking and Scientific Process Skills among Preservice Elementary Teachers. Vol. 80 (2019) 151-170.

Peraturan Menteri Agama nomor 55 tahun 2014

Reys, R., & Post, T.R. (1973). The Mathematics Laboratory – Theory to Practice. Prindle, Weber and Schmidt, Inc.

Rofieq, Ainur. 2014. Pembelajaran Berbasis Laboratorium. Badan Kendali Mutu Akademik UMM.

Sudin. (2004). Aplikasia Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Perguruan Tinggi Agama Islam. Vol V No 2, Desember 2004, 161-172.

UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 47 Pengabdian kepada Masyarakat.

Van den Berg and Giddings, G. (1992). Laboratory practical work: An alternative view of laboratory teaching, Bentley: University of Technology Western Australia.

PlumX Metrics

Published
2022-12-29
Section
Articles