SMART DIGITAL PARENTING UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI DESA SAMBILAWANG, KECAMATAN BUNGKAL, KABUPATEN PONOROGO

  • Andhita Dessy Wulansari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo http://orcid.org/0000-0002-2860-6907
  • Dony Pratama Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Shery Fara Afifah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Tatik Julaikah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Alvina Maharani Kandi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 125 , PDF downloads: 85
Keywords: Smart Digital Parenting, Child Character, ABCD

Abstract

Artikel ini membahas pengabdian di Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Fokusnya adalah pada pengembangan anak-anak sebagai aset, khususnya melalui Taman Pendidikan Anak (TPA) untuk meningkatkan kemampuan keagamaan. Meskipun TPA berperan penting, pengaruh teknologi digital, seperti gadget dan internet, juga perlu diperhatikan. Artikel menyoroti dampak negatif teknologi pada anak-anak dan beton bahwa orang tua memiliki peran krusial sebagai pendidikan pertama. Dalam mengatasi dampak negatif teknologi, artikel menciptakan kegiatan Smart Digital Parenting. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua dalam menghadapi permasalahan digital yang dihadapi anak-anak mereka. Respons positif dari orang tua terhadap kegiatan ini dan hasil wawancara menunjukkan peningkatan pengetahuan mereka. Artikel mengakui adanya kekurangan dalam memberikan solusi, terutama dalam fokus hanya pada pendampingan orang tua terhadap anak-anak. Artikel menekankan pentingnya peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di era digital melalui pendekatan Smart Digital Parenting.

Author Biographies

Andhita Dessy Wulansari, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
-
Dony Pratama, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
-
Shery Fara Afifah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
-
Tatik Julaikah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
-
Alvina Maharani Kandi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
-

References

Aji, Rustam. “DIGITALISASI, ERA TANTANGAN MEDIA (Analisis Kritis Kesiapan fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital).” Islamic Communication Journal 1, no.1 (Mei-Oktober 2016): 48.

Anisah, Ani Siti. “Pola Asuh Orang Tua dab Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5, no. 1 (2011): 71.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan X. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Dwiyanti, Retno. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Parenting, 162, 2013.

Ginanjar, M. Hidayat. “Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Islam 2 (Januari 2013): 230.

Rahayu, Puji. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin 2 (Juni 2019): 47.

Rohmah, Nur Rulifatur, M. Yusuf, dan Syaiful Muda’i. “Elaborasi Kemampuan Literasi Anak melalui Pendirian Rumah Bacaan Alam Al-Aly di Kedungglugu Gondang Nganjuk.” JANAKA 4, no. 2 (2022): 10–18.

Rostiana, Irma, Wilodati, dan Mirna Nur Alia A. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Anak untuk Bersekolah di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.” Jurnal Sosietas 5, no. 2 (t.t.): 2.

Sari, Suci Lia, Rika Devianti, dan Nur’aini Safitri. “Kelekatan Orangtua Untuk Pembentukan Karakter Anak.” Educational Guidance and Counseling Development Jounal 1, no. 1 (April 2018): 31.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak (t.t.).

Widyani, Umi dan Anis Hidayatul Imtihanah. “Pemanfaatan Masjid dan Poskamling sebagai Pos Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pendampingan Pada Masa Pandemi di Dukuh Goran, Desa Bungkal, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.” Prodimas 1 (2021): 704–28.

Yani, Ahmad. “Jurnal Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di RA At-Taqwa Kota Cirebon.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 1 (2017): 157.

PlumX Metrics

Published
2023-12-05
Section
Articles