PELATIHAN DALAM PENYUSUNAN EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM) DAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK (E-RKAM) DI MA AL IMAN PUTRI PONOROGO

  • Adi Pradana Pascasarjana, IAIN Ponorogo
  • Muhammad Thoyib Pascasarjana, IAIN Ponorogo
  • Roni Harsoyo STAI Miftahul Ula Nganjuk
Abstract views: 93 , PDF downloads: 53
PELATIHAN DALAM PENYUSUNAN EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM) DAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN MADRASAH BERBASIS ELEKTRONIK (E-RKAM) DI MA AL IMAN PUTRI PONOROGO downloads: 0
Keywords: Evaluasi, Rencana Kerja, Anggaran, Madrasah

Abstract

Kementerian Agama sebagai kementerian yang menaungi pendidikan Islam, memiliki perhatian lebih terhadap kualitas pendidikan Islam. Kualitas pendidikan akan tercapai jika memiliki sistem penjaminan mutu yang baik secara internal maupun eksternal. Sesuai dengan Project Appraisal Document (PAD) bahwa salah satu program pada proyek komponen 1 adalah penerapan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM). Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Adapun kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi para pengelola (dalam hal ini Tim Inti Madrasah) untuk memahami sekaligus menerapkan penyusunan EDM dan e-RKAM. Inisiatif tersebut direspon dengan cepat yang dalam hal ini Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan memberikan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM) sebagai bentuk realisasi kerjasama dari kedua belah pihak guna peningkatan kualitas pendidikan. Kegiatan workshop penyusunan EDM dan e-RKAM di MA Al Iman Putri Babadan Ponorogo terlaksana sangat baik dan lancar, terlihat dari peserta (Tim Inti Madrasah) sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut baik pada kegiatan belajar mandiri secara online melalui platform sekolah.mu maupun pada saat offline melalui pendampingan praktek penyusunan EDM dan e-RKAMnya.

References

Abdurrahmansyah, dan Ima Rismawati. “Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Melalui Sistem Penjamin Mutu Dengan Pendekatan Total Quality Managemen.” Jurnal Perspektif 6, no. 2 (2022): 154–69. https://doi.org/10.15575/jp.v6i2.177.

Aprizal, Yusuf Zaini. “Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.” MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 39–51. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1957.

Fakhrurozi, Jafar, Donaya Pasha, Jupriyadi Jupriyadi, dan Intan Anggrenia. “Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital Di Kabupaten Pesawaran.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 2, no. 1 (2021): 27–36. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068.

Hartono, Tri dan Moh. Bisri. “Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di MI Muhammadiyah Karan Karanganyar.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 9, no. 2 (2023): 105–19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.” Jakarta, 2016.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.” Jakarta, 2015.

Presiden Republik Indonesia. “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta, 2003.

Muhtasar et al. “Manajemen Evaluasi Diri dalam Menyusun Anggaran Menggunakan Aplikasi EDM e-RKAM pada Madrasah Sasaran Proyek (REP-MEQR).” MANAZHIM: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2023): 400–416. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2967.

Rahmat, Abdul, dan Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (2020): 62–71.

Sa’idu, Nur. “Implementasi Aplikasi Edm Dan E-Rkam Dengan Menggunakan Aplikasi G-Suite for Education Pada Madrasah Sasaran Proyek Realizing Education’S Promise-Madrasah Education Quality Reform (Rep-Meqr) Ibrd Loan Number: 8992-Id Th.2020-2024.” STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran 1, no. 2 (2021): 193–99. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.598.

Tim PMU, REP-MEQR. Panduan Penggunaan e-RKAM. Jakarta: PMU REP-MEQR, 2020.

Tricahyo, Agus. “Penguatan Peran Perempuan Dalam Pendidikan: Pemberdayaan Para Ustadzah Pesantren Muhammadiyah Kabupaten Madiun Dalam Mengakses Kitab Berbahasa Arab Gundul.” Indonesian Engagement Journal 3, no. 1 (2022): 13–24.

Yoga Budi Bhakti, Achmad Ridwan, dan Riyadi. “Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal & Eksternal Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (2022): 251–60. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1394.

Yunita, dan Yanti Kusnawati. “Penguatan Literasi Digital Dan Pembuatan Toko Online (Online Shop) Untuk Promosi Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Tuk Kabupaten Cirebon.” Indonesian Engagement Journal 3, no. 2 (2022): 1–13. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Zahrok, Asnaul Lailina Nikmatuz. “Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8, no. 2 (2020): 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288.

PlumX Metrics

Published
2023-12-01
Section
Articles