APPLICATION OF PhET SIMULATION TO ELECTRICAL CIRCUITS MATERIAL IN ONLINE LEARNING

Nufus Choirum Masruroh(1*), Amelya Vivianti(2), Putri Maulida Anggraeni(3), Siti Nailil Waroh(4), Nur Wakhidah(5)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(4) MIN 2 Sidoarjo
(5) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the application of learning electrical materials online using the PhET (Physics Education and Technology) simulation media for grade VI students. This quantitative descriptive study illustrates how the PhET simulation media is used in learning to cognitive learning outcomes. Sampling using purposive sampling technique as many as 10 students of MIN 2 Sidoarjo. Data collection techniques were carried out using questionnaires and tests which were sent to students via google form. The student's score is compared to the school's KKM score and the percentage is calculated. The results showed that (i) 80% of students scored above 75 with an average of 85,4 and (ii) 91% of students responded positively to using this application.


Keywords


PhET Simulation, Electrical Circuits, Online Learning

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi & Syastra, Muhammad T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2) : 78-90.

Alfarizi K., Rivo, Rifa’i, M., Ricky, & Fajar, Dinar Maftukh. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET Berbasis Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau Dari Perspektif Mahasiswa. Vektor:Jurnal Pendidikan IPA, 1(1) : 19-28.

Baeti, Nur S., Binadja, Achmad, & Susilaningsih, Endang. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1) : 1260-1270.

Dewa, Egidius, Mukin, Maria Ursula Jawa, & Pandango, Oktavina. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2) : 351-359.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2) : 81-89.

Fithriani, Syarifah L., Halim, A., & Khaldun, Ibnu. (2016). Penggunaan Media Simulasi PhET Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2) : 45-52.

Hanifah, Nur, & Admoko, Setyo. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (Adi) Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2) : 594.

Lidiana, Hamidah, Gunawan, & Taufik, Muhammad. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1) : 33-39.

Muakhirin, Binti. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 1 : 51-57.

Nisa, Umi Mahmudatun. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceding Biology Education Conference (62-68). Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman.

PhET Tim. (2014). PhET Interactive Simulations. Retrieved from University of Colorado Boulder website: http://phet.colorado.edu.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1) : 18-22.

Pujiyono, Sudjito, Debora N., & Sudarmi Marmi. (2016). Desain Pembelajaran dengan Menggunakan Media Simulasi PhET (Physics Education And Technology) Pada Materi Medan Listrik. Unnes Physics Education Journal, 5(1) : 71-81.

Rahmawati, Ryan Eka. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tema 5 Subtema 1 Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IVA SD Bahrul Ulum Surabaya, Surabaya: Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rosliani, Sri Mawar. 2017. Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PKN di SMA Pasundan 3 Bandung, Bandung: Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.

Saregar, Antomi. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1) : 53-60.

Sari, Dyah Permata, Lutfi, A., & Qosyim, Ahmad. (2013). Uji Coba Pembelajaran IPA Dengan LKS Sebagai Penunjang Media Virtual PhET Untuk Melatih Keterampilan Proses Pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(2) : 15-20.

Sinulingga, P., Jhoni T., & Santoso B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Fisika, 1(2) : 57-64.

Sylviani, S., Permana, F., C., & Utomo, R., G. (2020). PhET Simulation Sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1) : 1-10.

Wakhidah, Nur. (2016). Analisis Kesulitan Mengajar Guru Kelas Pada Mata Pelajaran IPA di MI Islamiyah Sidoarjo. Journal of Islamic Elementary School (JIES) UIN Surabaya, 1(2).

Wakhidah, Nur. (2018). Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1) : 152-153.

Yusran, Tandililing, E., & Hamdani. (2017). Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Simulasi PhET Tentang Rangkaian Listrik di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 1-13.




DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nufus Choirum Masruroh, Amelya Vivianti, Putri Maulida Anggraeni, Siti Nailil Waroh, Nur Wakhidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

- Google Scholar

- Moraref

- Dimensions

- Crossref

- Garuda

____________________________________________________________________

Integrative Science Education and Teaching Activity Journal
Jurusan Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo 

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: insecta@iainponorogo.ac.id

Map Coordinate: Lat-7 ° 51'46 " Long 111 ° 29'32"