DEVELOPMENT OF ELECTRONIC TEACHING MATERIALS BASED ON SMART APPLICATION CREATOR (SAC) TO IMPROVE CONTEXTUAL THINKING ABILITY OF VIII JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ON VIBRATION AND WAVE MATERIALS
Abstract
References
Journal Article:
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa, 8(1), 37. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
Berne, B. (2014). Progression in ethical reasoning when addressing socio-scientific issues in biotechnology. International Journal of Science Education, 36(17), 2958–2977.
Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 119–128.
Dori, Y. J., Avargil, S., Kohen, Z., & Saar, L. (2018). Context-based learning and metacognitive prompts for enhancing scientific text comprehension. International Journal of Science Education, 40(10), 1198–1220.
Hafnidar, S., Gani, A., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Pemahaman Peserta Didik SMP Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 61–68.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Hasruddin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 48–60.
Khotimah, H., Zubaidah, S., & Lestari, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. In SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM (Vol. 2015, Issue 2015).
Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.-J., & Seo, D. (2013). Students’ Perceptions and Experiences of Mobile Learning. Language Learning & Technology, 17(3), 52–73.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 14(01), 129.
Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437
Majid, A. (2016). Mobile Learning. Prodi Pengembangan Kurikulum UPI, 8, 92–95.
Nafiah Suhadi; Sari, Murni Sapta, K. S. (2019). Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia Nilotica untuk Matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol 4, No 5: MEI 2019, 654?659. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12459
Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning The Comparison of Student Analitycal Thinking Between the Implementation of Cooperative Learning and Guided Discovery Learning Model. 13(1), 359–367.
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Oktaviana, I., Sumitro, S. B., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Karakterisasi Protein Membran Sperma pada Matakuliah Bioteknologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2).
Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana TunggaDewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.
Prihatiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 1053–1062.
Putriana, Astrid R. Suryawati. E. Suzanti. F, Z. (2020). Socio Scientific Issue (SSI) Based LKPD Development In Learning Natural Science SMP Class VII. 4, 122–135.
Robianto, A., & Wahono, M. (n.d.). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang.
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis Of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach On Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93–108.
Sa’diyah, H., Alfiyah, H. Y., AR, Z. T., & Nasaruddin, N. (2020). Model Research and Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 42–73.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas model pembelajaran cups: dampak terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Madrasah Aliyah Mathla’Ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–244.
Sarrab, M., Elgamel, L., & Aldabbas, H. (2012). Mobile learning (m-learning) and educational environments. International Journal of Distributed and Parallel Systems, 3(4), 31.
Sulastri, S., & Pertiwi, F. N. (2020). Problem Based Learning Model Through Constextual Approach Related With Science Problem Solving Ability Of Junior High School Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 50–58.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555
Sunismi, A. H. F. (2016). Uji Validasi E-Module Matakuliah Kalkulus I untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning dan Individual Learning Mahasiswa S-1. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(2), 174–191.
Syamsidar, Maruf, U. M. M., & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 1–12.
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.
Wahyuni, S., & Etfita, F. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Android terhadap Hasil Belajar. GERAM, 7(2), 44–49.
Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 957–963.
Yulianti, Y., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.859
Zulham, M, & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. 7(September), 132–141.
Zulham, Muhamad, & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2).
Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing the Learning Materials of Biotechnology Subject Based on Students’ Need and Character of Nusantara Pgri University of Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368
Book:
Irawan, E. (2014). Pengantar statistika penelitian pendidikan. In Yogyakarta: Aura Pustaka.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Syofian, Siregar. (2017). statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif (cetakan ke). Bumi Aksara.
Regulation
Herawati, L. (2016). Uji normalitas data kesehatan menggunakan SPSS.
Nasional, D. P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.
Copyright (c) 2021 Ida Romatul Fitriah, Edi Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.