Penetrasi Pasar Dan Pengembangan Produk (Studi pada Penjual Bakso di Kota Madiun)

Agung Eko Purwana(1*)
(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.21154/kodifikasia.v12i1.1415

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar melalui kesempatan pengembangan yang dilakukan para penjual bakso di Kota Madiun. Dari masalah tersebut dikaji pula tentang bagaimana mereka melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi produk dalam rangka untuk meningkatkan penjualannya. Penelitian ini memaparkan masalah-masalah yang bersumber pada kajian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengalaman langsung mereka yang berkaitan dengan proses pengembangan produk dan pasarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penjual bakso di Kota Madiun telah mengidentifikasi peluang pasarnya melalui pengembangan produk dan pasarnya. Mereka berjualan menetap, membuka cabang, dan berkeliling dengan produk bakso yang bervariasi dan berinovasi (bentuk, ukuran, campuran, wajah, karakter, dan rasa). Memang diantara para penjual bakso ada diantara mereka yang hanya menjual bakso saja, tetapi tidak sedikit yang juga menawarkan banyak produk lainnya yang dibutuhkan konsumen, yakni Mie Ayam, Soto, Nasi, dan Minuman. Pelayanan pesanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan dilakukan dengan semangat untuk melayanai pasar dan pelanggan barunya.

Keywords


Kreativitas; Ketepatan; dan Keberhasilan

Article Statistic

Abstract view : 800 times
PDF views : 6 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kodifikasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.