Co(e)laborative of Critical Pedagogy and Islamic Education: Reflections on The Construction of Religious Humanism Education

  • Muhammad Qorib Muhammadiyah University of North Sumatra
  • Umiarso El-Rumi Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract views: 534 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 463

Abstract

Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan hubungan dan persimpangan antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam dalam merancang pembangunan sistem pendidikan humanis dan beragama. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus tentang bagaimana berkolaborasi antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam dalam membangun kesadaran subjek pendidikan. Berdasarkan pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif melalui pola komprehensif, interpretasi dan induktif dalam menarik simpulan. Temuan penelitian ini adalah proses kolaborasi dan elaborasi antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam yang dapat menghasilkan pendidikan humanis religius. Sistem pendidikan ini berupaya mengaktualisasikan "pengabdian sosial" dan "pengabdian spiritual", sehingga dapat menyeimbangkan dimensi keduniawian dan akhirat; antara posisi Abdullah dan kekhalifahan. Pendidikan ini bahkan mendidik subjek pendidikan untuk dapat menyelaraskan diri dengan visi dan misi Islam yaitu membebaskan manusia dari hegemonik-anarkis dan ketidakadilan sosial. Di satu sisi, ia juga mewujudkan cita-cita yang diinginkan oleh Islam dengan memperkuat iman dan menumbuhkan al-akhlak al-karimah. Inilah yang selaras antara monoteisme sosial dan teori.

ملخص: يصف هذا البحث العلاقة والانتقال بين التربية والتربية الإسلامية في تطوير نظام التعليم الإنساني والديني. لذلك، يركز هذا البحث على كيفية التعاون بين التربية النقدية والتربية الإسلامية في بناء وعي الطلاب. بناءً على هذه الأسئلة، استخدم الباحثان المدخل النوعي من خلال نمط شامل وتفسير واستقرائي في استخلاص النتائج. أما نتائج هذا البحث فهي عملية التعاون والتفصيل بين التربية النقدية والتربية الإسلامية التي يمكن أن تنتج التربية الإنسانية الدينية. يسعى هذا النظام التربوي إلى تحقيق "الخدمة الاجتماعية" و "الخدمة الروحية" ، بحيث يمكنها الموازنة بين الدنيا والآخرة، وبين كونهم عبد الله والخلافة. وهذه التربية يثقف الطلاب حتى يتمكنون من التوافق مع رؤية الإسلام ورسالته، أي تحرير الناس من القيادة الفوضوية و الظلم الإجتماعي. فمن ناحية أخرى، إحضار الهمة التي يريدها الإسلام بتأكيد الإيمان والأخلاق الكريمة. هذا هو الانسجام بين الوحدانية الإجتماعية والنظرية.

PlumX Metrics

Published
2020-05-16
Section
Articles