LEARNING STYLES AND STRATEGIES IN SECOND LANGUAGE LEARNING: THEORETICAL REVIEW

Authors

  • Aries Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i2.203

Abstract

Abstrak: Setiap  individu memiliki  strategi dan  gaya belajar yang berbeda-beda dalam pembelajaran dan perbedaan tersebut menjadi sangat penting bagi guru dalam proses pendidikan. Hal  ini menjadi satu al diantara  faktor-  faktor yang membantu menentukan bagaimana siswa belajar bahasa kedua (L2). Ada beberapa cara untuk mengetahui gaya belajar  seperti pendapat para  tokoh  sebagai berikut: Dunn dan
Dunn, Ehrman dan Oxford, Myers-Briggs, Holland, and Witkin, Gardner, Kolb Felder-Silverman dan Charles Smith. Strategi pembelajaran bahasa diterapkan oleh pelajar bahasa sebagai alat untuk memeroleh dan menggunakan informasi yang telah diperoleh siswa, disimpan atau dimunculkan kembali, dan juga menyarankan untuk pembelajaran mandiri. Klasifikasi strategi belajar yang ditawarkan Oxford adalah:
strategi kognitif,  metakognitif, keterkaitan memori, kompensatori, afektif, dan sosial. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan gaya belajar siswa dan meningkatkan strategi belajar siswa demi kesuksesan mereka.

 

لاع ٠سردملل مهم يدرÙلا Ùلتخلا اذهو ،ملعتلا ٠صالا هبولسأو هتيجيتايتسا هل در٠لك  :صخلم
 Ø©Ùرعل تايÙيك ةثو .ةيناثلا ةغللا ةسارد ٠بلطلا دعاست تلا لماوعلا نم امهم لماع اذه نوكيو ،ةيبتلا
 Dunn, Ehrman dan Oxford, Myers-Briggs, Holland, and Witkin, Ùƒ ءابلا اهمدق بلطلا ملعت بولسأ
 Ø©ÙŠØ²ÙŠÙ„نلا ةغللا وسراد هقبط ةغللا ميلعت بولسأو  Gardner, Kolb Felder-Silverman dan Charles Smith
 .يتاذلا ملعتلا كلذك نكيو ،ةيناث اهضرع مأ اهنيزتو اهمادختساو تامولعلا ىلع لوصحلل ازاهج نوكيل
 ØŒÙŠØ±ÙƒØ§Ø°Ù„ا  لاصتلاو  ،يلقعلا  اتيمو  ،يلقعلا  بولسلا  يه دروÙكأ  اهمدق  تلا  ملعتلا  بيلاسأ  Ùينصت  امأ
 Ø©ÙŠÙ‚تل ةلوالاو ،بلطلا ملعت بولسأب ءانتعلا سردلا ىلع نإ٠اذل .يعامتجلاو ÙŠÙطاعلاو ،يروتسنيÙموكو
.لبقتسلا ٠مهحان لجل مهملعت ةيجيتايتسأ

Downloads

Published

2013-12-01

Issue

Section

Articles