EMPLOYING EFFECTIVE TEACHERS’ LANGUAGE TO CREATE COMMUNICATIVE INTERACTION IN EFL CONTEXT

Authors

  • Andi Susilo Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.231

Abstract

Abstract: Di samping penerapan metode/teknik pembelajaran, aplikasi bahasa yang digunakan pendidik atau dikenal dengan istilah teacher talk (TT) merupakan faktor utama penunjang kualitas proses dan hasil pembelajaran. TT tidak hanya sebagai sumber utama belajar bahasa, tetapi juga sebagai alat untuk mengajarkan target bahasa. TT berperan vital sebagai piranti pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, mengelola, dan mengevaluasi proses serta hasil belajar peserta didik.
Pendidik diharapkan mampu mengeksplorasi bahasa yang digunakan secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat penguasaan bahasa dan kebutuhan belajar peserta didik. Untuk menciptakan interaksi komunikatif, pendidik diharapkan mampu menerapkan ragam strategi bertanya yang efektif khususnya jenis pertanyaan referential untuk menggali ide peserta didik, merespon dan memberikan umpan balik fokus pada ide yang disampaikan, menggunakan modifikasi bahasa yang komunikatif ketika berbicara, menjelaskan materi, bertanya, atau dalam memberikan instruksi agar input yang diberikan mudah dipahami dan melakukan negosiasi makna dengan peserta didik. Dapat dikatakan bahwa ada atau tidak adanya aspek-aspek tersebut dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi tingkat kualitas interaksi komunikatif
di kelas.


 Ø«ÙŠØ¯Ø­ ملعم وأ برم وهو Ùورعم وه امك ةمدختسلما ةغللا قيبطتو ،ملعتلا تاينقت / بيلاسأ قيبطت بناج لىإ
 Ù…لعتل ايسيئر اردصم طق٠سيل TT .جئاتنلاو ةيميلعتلا ةيلمعلا ةدوج معدت تيلا ةيسيئرلا لماوعلا يه )TT(
 ØŒØ©Ø±Ø§Ø¯Ø¥Ùˆ ،ملعتلا ةيلمع ذيÙنت ÙÙŠ برم ةادأك TT ايويح ارود .Ùدلها ةغللا ميلعتل ةادأك اضيأ نكلو ،ةغللا
 Ø§Ù‚ÙÙˆ بسانم لكشب ةمدختسلما ةغللا Ùاشكتسلا ينبرلما عقوتلما نمو .بلاطلا ىدل ملعتلا جئاتنو ةيلمع مييقتو
 Ø¹Ù‚وتلما نمو ،يلصاوتلا لعاÙتلا قللخ .ينملعتلما ىدل ملعتلا تاجايتحاو ةغللا ناقتإ ىوتسمو ،ملعتلا Ùادهلأ
 Ùاشكتسلا ةلئسلأا نم ةيعجرم عاونأ اديدتح لئس ةلاعÙلا تايجيتاترسلاا نم ةعونتم ةعوممج ذيÙنتل ينبرلما
 Ù„يدعت مادختساب كلذو ،ةحورطلما راكÙلأا ىلع زيكترلل ةدترلما ةيذغتلا يرÙوتو ةباجتسلااو ،ينملعتلما نم ةركÙ
 ØªÙ„اخدم مهÙÙ† نأ لهسلا نم تيلا تاميلعتلا ءاطعإ ÙÙŠ وأ ،لأسن ،داولما حرشو ،ثيدلحا دنع ةيلصاوتلا ةغللا
 Ø±Ø«Ø¤ÙŠÙˆ ملعتلا ةيلمع ÙÙŠ بناولجا هذه دوجو مدع وأ دوجو نأ لوقلا نكيمو .ينملعتلما عم نيعي ضواÙتلاو ةنيعم
.ةيساردلا لوصÙلا ÙÙŠ يلصاوتلا لعاÙتلا ةيعون ىوتسم ىلع

Author Biography

Andi Susilo, Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo

Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo

Published

2016-01-25

Issue

Section

Articles