Pesantren’s Politics and Policy in Bilingual Actualization Amidst The New Normal Era at PP Al-Iman Putri Ponorogo

  • Bustanul Yuliani bustanulyulia@iainponorogo.ac.id
Abstract views: 181 , PDF downloads: 200
Untitled (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

The emergence of the da'wa movement shifted the political position in the Islamic struggle as an alternative political movement in realizing the idea of Islamic struggle. These new developments encourage the emergence of new developments of political thought among santri. Moreover, during the current Covid-19 pandemic, new political policies have emerged and rearranged the policy order to suit the current situation. Thus, a new habit emerges called the new normal in the pesantren setting. Likewise, one of the pesantren in Ponorogo, Pondok Pesantren Al-Iman Putri, has one of the featured programs for santri equipped with bilingual. It is Arabic and English. It is expected that santri will master Islamic religious knowledge and compete globally. The results showed that the politics and policies of pesantren implemented bilingualism during the new normal period at PP Al-Iman Putri Ponorogo. It prepared standard operating procedures enforced in it and adjusted to health protocols.

 

References

Al-Ansori, Asep Muhaemin. “Strategi Pembentukan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar Multikultur dan Dwibahasa SD Pribadi di Kota Bandung.” UMBARA: Indonesian Journal of Anthropology 3, no. 2 (2018): 105–16.

Anisa, Lutvi. Aktualisasi dwi bahasa pada masa new normal di PP Al-Iman Putri Ponorogo, 14 Juni 2021.

Annisa, Muhsinah, dan Asrani. “Digital Dissemination Covid-19 Dwibahasa (Indonesia Dan Banjar) Melalui Literasi Sains Visual Dan Multimedia.” ESJ (Elementary School Journal) 10, no. 2 (2020): 56–65.

Anwar, Ali. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Astuti, Ria. “Penerapan Pembelajaran Bilingual di TK Inklusi.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 2 (2017): 109–23.

Badrudin, Edi Purwanto, dan Chairil N. Siregar. “Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia.” Jurnal Lektur Keagamaan 15, no. 1 (2017): 233–72.

Bakri, Subakri-, dan Rosdee Ibrahim Mangkachi. “Dialectics of Pesantren and Social Community in Cultural Value Transformation.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (25 Juni 2021): 69–87. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.2670.

Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Ernas, Saidin, dan Ferry Muhammadsyah Siregar. “Dampak Keterlibatan Pesantren dalam Politik: Studi Kasus Pesantren di Yogyakarta.” Kontekstualita 25, no. 2 (2010): 195–224.

Fahham, Achmad Muchaddam. “Pembelajaran Di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI XII, no. 14 (2020): 13–18.

———. “Pendidikan Karakter di Pesantren.” Aspirasi 4, no. 1 (2013): 29–45.

———. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta, 2020.

Haniek, Sinta Isthofa. “Pesantren Bina Umat pada Masa New Normal.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2020): 287–99.

Hasanah, Dian Uswatun, Ahmad Alfi, dan Dwi Kurniasih. “Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Islam: Al-Ilmi 4, no. 1 (2021): 60–74.

Hidayati, Fitri, Arifah Zakiyah, Ainun Jariyah, dan Shofiatus Zahriyah. “Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf.” Tarling: Journal of Language Education 3, no. 1 (2019): 115–33.

Husna, Lobelia Asmaul. “Digitalisasi Pembelajaran Sejarah Pada Pesantren Era New Normal.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 11, no. 1 (2021): 27–33.

Jogloabang. “UU 18 tahun 2019 tentang Pesantren,” 21 Oktober 2019. https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-18-2019-pesantren.

Kahfi, Shofiyullahul, dan Ria Kasanova. “Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro).” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 3, no. 1 (2020): 26–30.

Khozin. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: UMM Press, 2006.

Mansur. Moralitas Pesantren. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Mulkhan, Abdul Munir. Runtuhnya Mitos Politik Santri. Cet. Ke-1. Yogyakarta: SIPRESS, 1992.

Mustahfid, dan Nadzir. “Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo,” 2021. https://al-iman.ponpes.id/.

Nurhidayat, Lutfiyanto, Ramadi Satryo Wicaksono, dan Syifa Mustika. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Higiene Santri Terhadap Pencegahan Dan Penularan Covid-19 Selama Masa New Normal Di Pondok Pesantren Kota Malang.” Jurnal Kedokteran Komunitas 9, no. 1 (2021): 1–6.

“Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pesantren dan Pendidikan Keagamaan di Masa Pandemi.” Kementerian Agama Republik Indonesia, 18 Juni 2020. https://kemenag.go.id/berita/read/513537/ini-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pesantren-dan-pendidikan-keagamaan-di-masa-pandemi.

Pasaribu, Veta Lidya Delimah, Purba Satria, Rani Permata Sari, Irene Valencya, Resti Setyowati, dan Nursahidin. “Adaptasi Kehidupan New Normal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Yayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Nurul Ikhsan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.” Jurnal LOKABMAS Kreatif 02, no. 02 (2021): 89–97.

Putra, Dhian Wahana. “Pesantren Dan Pemberdayaan Masyarakat (Analisis Terhadap Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019).” PROCEEDING IAIN Batusangkar 1, no. 1 (23 Februari 2021): 71–80.

Rahma, Rifta Labiba. Aktualisasi dwi bahasa pada masa new normal di PP Al-Iman Putri Ponorogo, 13 Juni 2021.

Ramadhan, Ossi Marga, Acep Heris Hermawan, dan Mohamad Erihadiana. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era New Normal.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 11, no. 1 (2021): 32–45.

Ratnawati, Siti Rohmaturrosyidah. “Multicultural-Based Islamic Religious Education in Ahmadiyya’s School: a Strategy to Strengthen the Moderation Vision of Indonesian Islam in School.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 18, no. 1 (2020): 117–37.

Royani, Ahmad. “Establishing a Moderate Religious Academics in Pesantren-Based Higher Education.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (16 Juli 2021): 1–19. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.2500.

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, 1991.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulastri, Ni Ketut. “Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Journal of Classroom Action Research 3, no. 1 (2021): 1–6.

Suryaden. “Perpres 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren,” 20 September 2021. https://www.jogloabang.com/pendidikan/perpres-82-2021-pendanaan-pesantren.

Syarifah. Aktualisasi dwi bahasa pada masa new normal di PP Al-Iman Putri Ponorogo, 13 Juni 2021.

Zayadi, Ahmad. “UU Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, Untuk Siapa?” Diakses 9 Juni 2022. https://kemenag.go.id/read/uu-nomor-18-tahun-2019-tentang-pesantren-untuk-siapa-zeo68.

Zenab, Ai Siti. “Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Riksa Bahasa 2, no. 1 (2016): 1–9.

Zerlina. Aktualisasi dwi bahasa pada masa new normal di PP Al-Iman Putri Ponorogo, 14 Juni 2021.

PlumX Metrics

Published
2022-06-18
Section
Articles