Kontestasi Ideologi Pendidikan Islam Di Pesantren Al Fatah Temboro

Authors

  • Siti Khabibah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Marhumah Marhumah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Khadher bin Ahmad Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia
  • Nur Kolis Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/cendekia.v22i2.9757

Keywords:

Kontestasi Ideologi, Dinamika dan Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini membahas tentang kontestasi ideologi yang terjadi di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro selama dekade 1890M hingga sekarang. Berawal dengan ideologi tarekat Naqsabandiyah-Kholidiyah melalui pembiasaan tirakat sebagai bentuk mengenalkan ajaran Islam untuk pertama kali dengan konsep mendekatkan diri dan semakin mengenal Tuhan dengan amalan-amalannya sehingga masuk pada ideologi diniyah jamaah tabligh yang diterima dengan tangan terbuka oleh kyai Al Fatah. Objek penelitian yang menjadi fokus analisis adalah kontestasi ideologi yang terjadi dalam dinamika pendidikan di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Karas Magetan Jawa Timur. Data yang disajikan berdasarkan observasi dan wawancara mendalam terhadap informan kunci, juga dari dokumentasi pesantren yang ada. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kontestasi ideologi yang terjadi dalam dinamika pendidikan Islam di Temboro dan bagaimana bentuk implikasi kontestasi ideologi ini dalam dinamika pendidikan Islam di Temboro.

References

Abitolkha, Amir Maliki, and Muhammad Basyrul Muvad. Melacak Tarekat-Tarekat Muktabarah di Nusantara. Cet.1. Kuningan: GoresanPena, 2020. www.goresanpena.co.id.

Aksa. “Gerakan Islam Transnasional Sebuah Nomenklatur.” Yupa: Historical Studies Journal 1, no. 1 (2017): 1–14.

Antje Wiener. “A Theory of Contestation —A Concise Summary of Its Argument and Concepts.” ResearchGate 49, no. 1 (2017): 1–8. https://doi.org/10.1086/690100.

Arifin, Zainal. “Authority of Spiritual Leadership at Pesantren Temboro Based on Jamaah Tabligh Ideology.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (December 27, 2017): 265. https://doi.org/10.14421/jpi.2017.62.265-292.

Ayu Suciartini, Ni Nyoman. “Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 1 (February 28, 2017): 12–22. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88.

Bastami, Romelah, and M. Nurul Humaidi. “Implementation of Pancasila Education Based on Sufism Values in Preventing Religious Radicalism at Muhammadiyah 1 Pamekasan Junior High School.” ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam (IJPI) 09, no. 1 (2024): 89–102.

Bogdan, Robert, and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. 5th ed. Boston, Mass: Pearson A & B, 2007.

Budiana, Dadang. Kronik Tiga Abad Temboro. Cet. 1. Ponpes Al Fatah Temboro: Temboro, 2023.

Bustamam-Ahmad, Kamaruzzaman. “The History of Jama‘ah Tabligh in Southeast Asia: The Role of Islamic Sufism in Islamic Revival.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 46, no. 2 (December 26, 2008): 353–400. https://doi.org/10.14421/ajis.2008.462.353-400.

Darmadji, Ahmad. “Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia.” Millah 11, no. 1 (August 20, 2011): 235–52. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art12.

El-Rumi, Umiarso, and Asnawan Asnawan. “Kh. Abdul Wahid Hasyim Pembaru Pesantren Dari Reformasi Kurikulum, Pengajaran Hingga Pendidikan Islam Progresif.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (November 29, 2018). https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3960.

Farida, Umma. “Islam Pribumi Dan Islam Puritan.” FIKRAH; Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan 3, no. 1 (2015): 141–56.

———. “Radikalisme, Moderatisme, Dan Liberalisme Pesantren: Melacak Pemikiran Dan Gerakan Keagamaan Pesantren Di Era Globalisasi.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 1 (March 27, 2015): 145–63. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.789.

Fauzi. “Ahlussunnah Wal Jamaah Di Indonesia; Antara Al-Asy’ariyyah Dan Ahli Hadits.” RUSYDIAH;Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (Desember 2020): 156–76. https://doi.org/doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.209.

Fauzi, Ahmad, Suheri, and Bayu Fermadi. “Habitualization of Pesantren Values as Social Capital in Building Moderate Islamic Education.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 22, no. 1 (July 3, 2024): 127–39. https://doi.org/10.21154/cendekia.v22i1.9387.

Fuadi. Relasi Zikir Dengan Rapai: Analisis Filosofis Tentang Zikir Sampai Tuha Di Nagan Raya. Cetakan II. Banda Aceh: Yayasan PeNa Banda Aceh, 2022.

Hafid, Wahyudin. “Menyoal Gerakan Salafi Di Indonesia (pro-Kontra Metode Dakwah Salafi).” Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law 2, no. 1 (December 20, 2020): 29. https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v2i1.87.

Hasyimi, Muhammad Luthvi Al. “Dampak Faham Keagamaan Jama’ah Tablig Terhadap Perubahan Sistem Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Fatah Desa Temboro Karas Magetan.” INTELEKTUAL: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2017): 99–108. https://doi.org/10.33367/intelektual.v7i1.365.

Humaisi, M. Syafiq, Muhammad Thoyib, M. Nurdin, Ryan Rahmawati, and Badru Ngoh. “Pesantren-Based Transformational Leadership in the Development of International Madrasah Innovation.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 22, no. 1 (July 1, 2024): 1–15. https://doi.org/10.21154/cendekia.v22i1.8781.

Husda, Husaini. “Jamaah Tabligh Cot Goh: Historis, Aktivitas dan Respon Masyarakat.” Jurnal Adabiya 19, no. 1 (July 17, 2020): 29. https://doi.org/10.22373/adabiya.v19i1.7483.

Idris, Ridwan. “Perubahan Sosial Budaya dan Ekonomi Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 14, no. 2 (2011): 219–31.

Ikbar, Ikbar, Febri Nurrahmi, and Hamdani M. Syam. “Kohesivitas Pada Kelompok Jamaah Tabligh.” Jurnal Komunikasi Global 8, no. 2 (December 30, 2020): 258–70. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i2.15266.

Indra Putra, Zulkhan. “The Tablighi Jamaat Movement Its Ideological Concept and Organizational Structure.” Afkaruna 9, no. 1 (2013): 16–25. https://doi.org/10.18196/aiijis.2013.0016.16-25.

Kaltsum, Lilik Ummi. “Kemasan Ideologi Dalam Pesantren.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 1, no. 2 (May 5, 2020): 131–49. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v1i2.15330.

Karim, Abdul Gaffar. “The Pesantren-Based Ruling Elite in Sumenep in the Post-New Order Indonesia.” JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM 3, no. 1 (June 1, 2009): 97. https://doi.org/10.15642/JIIS.2009.3.1.97-121.

Khamami, Akhmad Rizqon. “Kontribusi Gerakan Nurcu Dalam Kebangkitan Islam Di Turki.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 10, no. 1 (August 29, 2016): 1–26. https://doi.org/10.15642/islamica.2015.10.1.1-26.

Khamim and Hibulloh Hadziq. “Tradisi Menghafal Hadis Di Pesantren Al-Fatah, Temboro Karas Magetan (analisis Fenomenologi).” UNIVERSUM 12, no. 2 (January 31, 2019): 111–25. https://doi.org/10.30762/universum.v12i2.1066.

Laisa, Emna. “Islam Dan Radikalisme.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 1, no. 1 (January 2, 2014). https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i1.554.

M. Husni. Pendidikan Pesantren Perspektif KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur). 1st ed. Surabaya: Uwais Inspirasi Indonesia, 2021. www.penerbituwais.com.

M. Isa Sulaiman. Sejarah Aceh: Sebuah Gugatan Terhadap Tradisi. 1st ed. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1997.

Maemonah, Maemonah, Sigit Purnama, Rohinah Rohinah, Hafidh ’Aziz, Abda Billah Faza Muhammad Bastian, and Ahmad Syafii. “The Shift in the Authority of Islamic Religious Education: A Qualitative Content Analysis on Online Religious Teaching.” The Qualitative Report, September 5, 2022, 1830–46. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5325.

Mahmudah, Husnatul. “Transmisi Ideologi Fundamentalisme Dalam Pendidikan.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 1, no. 2 (October 31, 2017): 200–216. https://doi.org/10.52266/tadjid.v1i2.45.

Majid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. [Cet. 2.]. Jakarta: Paramadina : Dian Rakyat, 2009.

Metcalf, Barbara. “The Madrasa at Deoband: A Model for Religious Education in Modern India.” Modern Asian Studies 12, no. 1 (February 1978): 111–34. https://doi.org/10.1017/S0026749X00008179.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Los Angeles London New Delhi Singapore Washington DC: Sage, 2014.

Mughni, Muhammad Syafiq, and M Yunus Abu Bakar. “Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam.” DIRASAH; Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam 5, no. 1 (2022): 82–99.

Muhammad, Husein. Islam Tradisional Yang Terus Bergerak. Cetakan pertama. Baturetno, Banguntapan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2019.

Muhmidayeli, Muhmidayeli. “Ideologi Dan Moralitas Kependidikan Islam: Suatu Telaah Filosofis Arah Bangun Pendidikan Islam Dalam Paradigma.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 2, no. 1 (July 26, 2017): 29–41. https://doi.org/10.24014/af.v2i1.3705.

Mulia, Musdah. “Perempuan Dalam Gerakan Terorisme Di Indonesia.” AL-WARDAH 12, no. 1 (November 7, 2019): 80–94. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i1.136.

Munir, Samsul. Pluralisme Madzab: Dakwah Jama’ah Tabligh di Kampung Madinah. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2015.

Nashir, Haedar. Islam Syariat: Reproduksi Salafiyah Ideologis Di Indonesia. Cetakan I. Tebet, Jakarta : Ujungberung, Bandung: Maarif Institute ; Mizan, 2013.

Nurohman. “Konsep Pendidikan Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 9, no. 1 (June 26, 2020): 41–60. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.189.

O’Neill, William F., and Omi Intan Naomi. Ideologi-ideologi pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Pabbajah, Mustaqim, Nur Quma Laila, Terachai Ponnui, Siti Aisyah Sungkilang, and Juhansar Juhansar. “Kampung Madinah: The Construction of Jamaah Tabligh for the Arabization Process in Magetan, East Java.” JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo) 6, no. 1 (April 30, 2022): 1–12. https://doi.org/10.21580/jsw.2022.6.1.8378.

Prastowo, Andi, Suyadi, and Sutrisno. Pendidikan Islam Unggul di Era Revolusi Industri 4.0 dan Merdeka Belajar. Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana, 2021. http:www.prenadamedia.com.

Romlah, Hj Futiati. “Peran Jama’ah Tabligh Dalam Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan.” Cendekia Vol. 9 No. 1 (June 2011): 82–95.

Salim, Ahmad, Mukhibat Mukhibat, Aida Hayani, Muhammad Wafa’, and Muhammadafeefee Assalihee. “Madrasah as Habitus for Increasing Tolerance in Multi-Religious Society.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 21, no. 2 (November 30, 2023): 148–62. https://doi.org/10.21154/cendekia.v21i2.6341.

Sulaiman Tripa. Diskursus Metodologi dalam Penelitian Hukum. 1st ed. Banda Aceh: Bandar Publishing, 2019.

Sumbulah, Ummi. “Islam Jawa Dan Akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi Dan Ketaatan Ekspresif.” El-HARAKAH (TERAKREDITASI) 14, no. 1 (December 1, 2012): 51–68. https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2191.

Suparta, Mundzier. Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat. Cet. 1. Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009.

Sutrisno. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Cetakan I. Depok, Sleman, Jogjakara: Ar-Ruzz Media, 2012.

Usman, Usman, and Jamiludin Usman. “Ideologi Pendidikan Islam Pesantren Di Indonesia Perspektif Muhammad Jawwad Ridla Dan William O’neal.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (June 10, 2019): 115. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2398.

Van Bruinessen, Martin. Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia; Survey Historis, Geografis, dan Sosiologis. Edisi Revisi. Yogyakarta: Mizan; Khazanah Ilmu Ilmu Islam, 1994.

Wimra, Zelfeni. “Reintegrasi Konsep Maqashid Syari’ah Dalam Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.” JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah) 15, no. 2 (March 18, 2017): 17–32. https://doi.org/10.31958/juris.v15i2.499.

Wisarja, I Ketut, and I Ketut Sudarsana. “Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatisme Dan Libralisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan.” Journal of Education Research and Evaluation 1, no. 4 (December 6, 2017): 283–91. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.11925.

Yusuf, Moh. “Prinsip Ikrâm Al-Muslim Gerakan Dakwah Jamaah Tabligh Dalam Membangun Masyarakat Religius Di Temboro Magetan.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 10, no. 2 (March 29, 2017): 299. https://doi.org/10.15642/islamica.2016.10.2.299-324.

Zamhari, Arif. “Defending Islamic Tradition: Theological Responses of the Hadrami Majlis Taklim Groups Toward the Salafi-Wahabi Preaching Movement in Contemporary Indonesia.” JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM 16, no. 1 (June 1, 2022): 75. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.1.75-102.

Published

2024-12-27

Issue

Section

Articles