The Implementation of Brain Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Ability in Islamic Education Philosophy Course in PAI Study Program STAIN Curup
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1265Kata Kunci:
Brain Based Learning, Critical Thinking Skill, Islamic Education PhilosophyAbstrak
Abstrak: Kegelisahan akademik dalam makalah ini adalah lemahnya proses berpikir peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen sebelum dan setelah diterapkan Brain Based Learning, menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas kontrol sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran konvensional, dan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Curup. Teknik samplingnya yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji t (Independent-Sample T Test). Hasil penelitiannya pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen sebelum dan setelah diterapkan Brain Based Learning. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas kontrol sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran konvensional. Ketiga, hasil uji hipotesis pre-test tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil pengujian hipotesis post-test terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
ملخص: يجري هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« ÙÙŠ تخصص التربية الإسلامية ÙÙŠ الجامعة الإسلامية الØÙƒÙˆÙ…ية بجورب لتØÙ„يل ÙØ±Ù‚ ÙƒÙØ§Ø¡Ø© التÙكير النقدي بين المجموعة التجريبية والمجموعة الضابطة. طريقة Ø§Ù„Ø¨ØØ« المستخدمة ÙÙŠ هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« هي الطريقة الكمية. ونوع الطريقة المستخدم هو طريقة التجريبية بتصميم شبه التجريبي مجموعة الضابطة غير معادل. نتائج Ø§Ù„Ø¨ØØ« تدل على أولا، الإختبار القبلي عن تÙكير نقدي الطلاب ÙÙŠ المجموعة التجريبية هو كاÙ. وقيمة متوسطة ÙÙŠ الإختبار البعدي هي جيد جدا. ثانيا، الإختبار القبلي عن تÙكير نقدي الطلاب ÙÙŠ المجموعة الضابطة هو كاÙ. والإختبار البعدي هو جيد. ثالثا، نتيجة اختبار Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ÙŠ Ù„Ù„Ø¥Ø®ØªØ¨Ø§Ø± القبلي عن تÙكير نقدي الطلاب ÙÙŠ المجموعة التجريبية والمجموعة الضابطة بعينة مستقبلة اختبار ت ØªØØµÙ„ ٢،٣٠٣ ( لذلك Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ Ø§Ù„ØµÙØ±ÙŠ Ù‡Ùˆ مقبول Ùˆ Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ المباشر هو غير < على قيمة ØªØØ³Ø§Ø¨ > تجدول ) 0.154مقبول. ونتيجة اختبار Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ÙŠ Ù„Ù„Ø¥Ø®ØªØ¨Ø§Ø± البعدي عن تÙكير نقدي الطلاب ÙÙŠ المجموعة التجريبية والمجموعة٢،٣٠٣ ( لذلك Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ Ø§Ù„ØµÙØ±ÙŠ Ù‡Ùˆ غير مقبول Ùˆ < الضابطة ØªØØµÙ„ على قيمة ØªØØ³Ø§Ø¨ < تجدول ) 243.8 Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ المباشر هو مقبول.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.