Buzz Group and Self-Esteem on Teaching Listening In an Indonesian EFL Classroom
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.583Kata Kunci:
Language skills, listening, Self-esteem, buzz groupAbstrak
Banyak metode dan teknik telah diaplikasikan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan siswa. Buzz group merupakan salah satu alternatif teknik yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran mendengarkan selain metode ceramah yang biasa digunakan. Selain itu, self-esteem sebagai salah satu aspek psikologis yang dapat mempengaruhi proses belajar siswa. Dalam penelitian ini, kombinasi keduanya antara teknik dan aspek psikologis dikomparasi dengan menggunakan studi eksperimental. Implementasi Buzz group dan metode ceramah dibandingkan dengan melihat tingkat self-esteem pada diri siswa. Multifactor Analysis of Variance (ANOVA) dan Tukey test dilakukan untuk menganalisa data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki tingkat self-esteem tinggi yang diajar dengan menggunakan buzz group dapat belajar dengan bekerja sama dan berinteraksi satu sama lainnya dan berpartisipasi secara aktif. Sedangkan siswa dengan tingkat self-esteem rendah yang diajarkan melalui metode ceramah bisa belajar secara efektif karena mereka cenderung pasif. Dapat dikatakan bahwa efektifitas kedua teknik tersebut dipengaruhi oleh tingkat self-esteem siswa.
وكان العديد من الأساليب والتقنيات المطبقة Ø¨Ø§Ù„ÙØ¹Ù„ من قبل المعلم لتطوير مهارة الاستماع لدى الطلاب. مجموعة الطنين يمكن أن يكون أسلوب بديل آخر لتطبيقها. ومع ذلك كانت تقنية أخرى أيضا لا تزال تستخدم على نطاق واسع مثل إلقاء Ø§Ù„Ù…ØØ§Ø¶Ø±Ø§Øª. بجانب التقنيات، وكان يعتقد Ø§ØØªØ±Ø§Ù… الذات كما الجانب Ø§Ù„Ù†ÙØ³ÙŠ Ø£ÙŠØ¶Ø§ أن تكون عامل آخر أن تتأثر عملية تعلم الطلاب. ÙÙŠ هذه الدراسة سيتم مقارنة تلك المجموعات بين التقنية والجانب Ø§Ù„Ù†ÙØ³ÙŠ Ø¨Ø§Ø³ØªØ®Ø¯Ø§Ù… دراسة تجريبية. مجموعة الطنانة وإلقاء Ø§Ù„Ù…ØØ§Ø¶Ø±Ø§Øª ÙÙŠ عملية تعلمهم. واعتبرت تلك التقنيات من الثقة Ø¨Ø§Ù„Ù†ÙØ³ لدى الطلاب. تم تطبيق التØÙ„يل المتعددة العوامل التباين (Ø£Ù†ÙˆÙØ§) واختبار توكي. وأظهرت نتائج الدراسة أن الطلاب مع Ø§Ø±ØªÙØ§Ø¹ Ø§ØØªØ±Ø§Ù… الذات تدرس من قبل مجموعة الطنانة يمكن أن يتعلم من خلال التعاون ÙˆØ§Ù„ØªÙØ§Ø¹Ù„ مع بعضها البعض، وشاركت بنشاط. الطلاب مع تدني Ø§ØØªØ±Ø§Ù… الذات تدرس من قبل ÙŠØØ§Ø¶Ø± أن نتعلم بشكل ÙØ¹Ø§Ù„ لأنهم بعد ذلك ليكون السلبي. ويمكن القول أن ÙØ¹Ø§Ù„ية تلك التقنيات اثنين تتأثر درجة الثقة Ø¨Ø§Ù„Ù†ÙØ³ لدى الطلاب.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.