ASSESSMENT DEVELOPMENT TO MEASURE SCIENCE PROCESS SKILLS ON THE INTERACTION OF LIVING THINGS WITH THEIR ENVIRONMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL
![](https://i.ibb.co/4sq7yLG/ico2.png)
![](https://i.ibb.co/8zQW6X2/ico3.png)
![](https://i.ibb.co/8zQW6X2/ico3.png)
Abstract
References
Bambang Sumintono dan Wahyu Widhiarso, (2015) Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pebdidikan Cimahi: Trim Komunikasi.
Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).
Irsyad, M. (2014). Pengembangan Asesmen Autentik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Juhairiyah, J. (2017). Assesmen Konten Isi Bidang Studi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(1).
Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 1-10
Kementrian dan Kebudayaan, M. P. (2013). Permendikbud No. 64 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah [The Rule of the Minister of Education Number 54/2013 on the Graduate Standard for Primary and Secondary Levels of Education]. Retrieved February, 8, 2014.
Sari, Happy Komike. (2016).Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1.1, 15-22
Stadler, M., Herborn, K., Mustafić, M., & Greiff, S. (2020). The assessment of collaborative problem solving in PISA 2015: An investigation of the validity of the PISA 2015 CPS tasks. Computers & Education, 157, 103964.
Sugiyono, P. Dr.(2017), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.
Tawil, M., & Sari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Unm.
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1-6.
.
Copyright (c) 2021 Della Oktavia, Ahmad Walid
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.