ASSESSMENT DEVELOPMENT TO MEASURE SCIENCE PROCESS SKILLS ON THE INTERACTION OF LIVING THINGS WITH THEIR ENVIRONMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
References
Bambang Sumintono dan Wahyu Widhiarso, (2015) Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pebdidikan Cimahi: Trim Komunikasi.
Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).
Irsyad, M. (2014). Pengembangan Asesmen Autentik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Juhairiyah, J. (2017). Assesmen Konten Isi Bidang Studi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(1).
Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 1-10
Kementrian dan Kebudayaan, M. P. (2013). Permendikbud No. 64 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah [The Rule of the Minister of Education Number 54/2013 on the Graduate Standard for Primary and Secondary Levels of Education]. Retrieved February, 8, 2014.
Sari, Happy Komike. (2016).Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1.1, 15-22
Stadler, M., Herborn, K., Mustafić, M., & Greiff, S. (2020). The assessment of collaborative problem solving in PISA 2015: An investigation of the validity of the PISA 2015 CPS tasks. Computers & Education, 157, 103964.
Sugiyono, P. Dr.(2017), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.
Tawil, M., & Sari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Unm.
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1-6.
.
Copyright (c) 2021 Della Oktavia, Ahmad Walid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.