Epistemology of Islam Nusantara: Transformation of Islamic Legal Thought in Nahdlatul Ulama (NU)

Autor(s): Luthfi Hadi Aminuddin, Isnatin Ulfah
DOI: 10.21154/justicia.v18i2.3095

Abstract

The term Islam Nusantara has created pros and cons among Islamic leaders in Indonesia. For Nahdlatul Ulama (NU), Islam Nusantara is not a new teaching or sect in Islam, so that there is no need to worry. Meanwhile, other groups think that the term Islam Nusantara will reduce the universal of Islam. Therefore, this study focuses on how NU’s concept of Islam Nusantara and how the epistemological construction of Islam Nusantara and its application. This study found that Islam Nusantara is Islam practiced in Indonesia with the epistemological basis of maqāşid al-sharīa, manhaj al-fikr ahl al-sunnah wa al-jamā’ah, and al-‘urf. The epistemological foundation resulted in the typical ijtihad of Islam Nusantara. In the field of constitutional law, the results of the ijtihad Islam Nusantara gave birth to the concept that Indonesia is a peaceful country (dār al-şulḥ or dār al-salām). Meanwhile, in social, cultural, and religious realms, the epistemology of Islam Nusantara gave birth to the tradition of halal bi halal and tahlilan. In the circumstances of fiqh, there are several results of ijtihad, such as imsāk (holding all things that may breakfast 10 minutes before Shubuh prayer).

Term Islam Nusantara telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan para tokoh Islam di Indonesia. Bagi Nahdlatul Ulama (NU), Islam Nusantara bukanlah ajaran atau sekte baru dalam Islam sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Sedangkan kelompok lain menilai, istilah Islam Nusantara akan mereduksi Agama Islam yang universal. Oleh karena itu, penelitian ini akan difokuskan pada bagaimanakah konsep NU tentang Islam Nusantara dan bagaimana pula kontrusksi epistemologis Islam Nusantara serta penerapannya. Penelitian ini menemukan bahwa Islam Nusantara adalah Islam yang dipraktikkan di Indonesia dengan landasan epistemologis al-maqāşid al-sharī’ah, manhaj al-fikr ahl al-sunnah wa al-jamā’ah dan al-‘urf. Landasan epistemologis tersebut melahirkan hasil ijtihad khas Islam Nusantara. Pada ranah ketatanegaraan hasil ijtihad Islam Nusantara melahirkan konsep Indonesia adalah negara damai(dār al-şulḥ atau dār al-salām). Sedangkan dalam ranah sosial, budaya dan keagamaan, epistemologis Islam Nusantara melahirkan tradisi halal bihalal, tahlilan. Dalam masalah fiqh muncul beberapa hasil ijtihad seperti imsāk (menahan semua hal yang membatalkan puasa 10 menit sebelum adzan shubuh).

Keywords

rahmatā li al-'ālamīn; moderate; maqāşid al-sharīa; adat; ijtihād

Full Text:

PDF

References

Afifudin Muhajir. “Islam Nusantara Untuk Peradaban Indonesia Dan Dunia.” In Islam Nusantara Dari Ushul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan, edited by Ahmad Sahal. Bandung: Mizan Pustaka, 2015.

Aminuddin, Lutfi Hadi. “Islam Nusantara and Progressive Islam: Nahdlatul Ulama (NU) And Muhammadiyah’s View on Relationship of Religion and Culture.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 17, no. 3 (2020): 515–528.

Aminuddin, Luthfi Hadi. “Rekonstruksi Wacana Modernis-Tradisionalis: Kajian Atas Pemikiran Keislaman Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Pasca Reformasi.” Kodifikasia 12, no. 1 (2018): 93–112.

Astuti, Hanum Jazimah Puji. “Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama Dalam Bingkai Kultural.” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 2, no. 1 (2017): 27–52.

Darussamin, Zikri, Rahman Rahman, and Imam Ghozali. “The Relationship Between Islam and Traditional Marriage of Siak Malay.” Justicia Islamica 17, no. 2 (November 27, 2020): 323–342.

Feillard, Andrée. NU vis-à-vis Negara: Pencarian isi, bentuk dan makna. Jakarta: LKiS, 1999.

Fikri, Ishom Fuadi. “Universalitas Islam Dan Lokalitas Budaya Dalam Bingkai Islam Nusantara.” Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam 8, no. 1 (2018): 62–82.

Haidar, M. Ali. Nahdatul Ulama Dan Islam Di Indonesia: Pendekatan Fikih Dalam Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.

Harisudin, M. Noor. “’Urf Sebagai Sumber Hukum Islam (Fiqh) Nusantara.” Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam 20, no. 1 (2016): 66–86.

Harisudin, Muhammad Noor. “Islām Wa Fiqh Nusantara: Al-Tanāfus ‘alá al-Huwīyah Wa ‘alāqat al-Sulṭah Wa al-Ramz al-Dīnī Li Jam ‘īyah Nahdlatul Ulama.” Studia Islamika 24, no. 3 (2017): 503–554.

Iswahyudi, Iswahyudi. “The Maslahat Epistemology in Cigarette Law: Study on The Fatwa Law on Cigarettes.” Justicia Islamica 17, no. 2 (October 31, 2020): 243–260.

Khuluq, Lathiful. Fajar kebangunan ulama: biografi K.H. Hasyim Asy’ari. Cet. 1. Yogyakarta: LKIS Yogayakarta, 2000.

Luthfi, Khabibi Muhammad. “Islam Nusantara: Relasi Islam Dan Budaya Lokal.” SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary 1, no. 1 (2016): 1–12.

Moesa, Ali Maschan. Nasionalisme Kiai: Konstruksi Sosial Berbasis Agama. Cet. 1. Surabaya : Yogyakarta: IAIN Sunan Ampel Press ; LKiS : Distribusi, LKiS Pelangi Aksara, 2007.

Muhammad, Husen. “Hukum Islam Yang Tetap Dan Berubah Dalam Peradaban Indonesia Dan Dunia.” Islam Nusantara Dari Ushul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan, edited by Ahmad Sahal. Bandung: Mizan Pustaka, 2015.

Musa, Ali Masykur. Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam Terhadap Isu-Isu Aktual. Serambi Ilmu Semesta, 2014.

Mustofa, Saiful. “Meneguhkan Islam Nusantara Untuk Islam Berkemajuan: Melacak Akar Epistemologis Dan Historis Islam (Di) Nusantara.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 10, no. 2 (2015): 405–434.

Nugroho, Hery, and Abdul Hadi. “Islam Nusantara Dalam Perspektif Maqashid Al-Syari’ah.” International Journal Ihya”Ulum al-Din 21, no. 2 (2020): 115–142.

Nur, Iffatin, and Muhammad Ngizzul Muttaqin. “Reformulating The Concept of Maṣlaḥah: From A Textual Confinement Towards A Logic Determination.” Justicia Islamica 17, no. 1 (June 2, 2020): 73–91.

Nurhisam, Luqman. “Islam Nusantara: A Middle Way?” SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary 1, no. 2 (2016): 167–177.

PBNU, ed. Solusi Problematika Aktual Hukum Islam: Keputusan Muktamar, Munas, Dan Konbes Nahdlatul Ulama, 1926-2010 M. Cet. 1. Surabaya: Khalista, 2011.

Pengurus Wilayah Jawa Timur and Lembaga Bahtsul Masail. NU Menjawab Problematika Umat: Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur. Surabaya: Kalista, 2015.

Prasetiawati, Eka. “Menanamkan Islam Moderat Untuk Menanggulangi Radikalisme Di Indonesia.” Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya 2, no. 2 (2017): 523–570.

Qomar, Mujamil. “Islam Nusantara: An Approach to Practice Islam.” Episteme 14, no. 1 (2019): 10–21274.

———. “Islam Nusantara: Sebuah Alternatif Model Pemikiran, Pemahaman, Dan Pengamalan Islam.” El-HARAKAH (TERAKREDITASI) 17, no. 2 (2015): 198–217.

al-Salam, Izzu al-Din Abd. Al-Qawaid al-Ahkam Fi Mashalih al-Anam. Damaskus: Darul Qolam, 2000.

Siddiq, Achmad. Khitthah Nahdliyyah. Cet. 3. Surabaya: Diterbitkan bersama Khalista [dan] Lajnah Ta’lif Wan Nasyr (LTN NU) Jawa Timur, 2005.

Siradj, Said Aqiel. Islam Sumber Inspirasi Budaya Nusantara: Menuju Masyarakat Mutamaddin. Cetakan I. Jakarta: LTN NU, 2014.

———. Tasawuf Sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam Sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi. Cet. 1. Ujungberung, Bandung: Diterbitkan atas kerja sama Mizan [dengan] Yayasan Khas, 2006.

Susanto, Edi, and Karimullah Karimullah. “Islam Nusantara: Islam Khas Dan Akomodatif Terhadap Budaya Lokal.” Al-Ulum 16, no. 1 (2016): 56–80.

Umar, Ahmad Rizky Mardhatillah. “Melacak Akar Radikalisme Islam Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 14, no. 2 (2010): 169–186.

Wahid, Abdurrahman, Akhmad Sahal, and Munawir Aziz, eds. Islam Nusantara: Dari Ushûl Fiqh Hingga Konsep Historis. Cetakan I. Bandung: Teraju Indonesia : Mizan, 2015.

“Gus Mus: Kaget Soal Islam Nusantara Berarti Tidak Pernah Ngaji.” Accessed June 10, 2021. https://www.nu.or.id/post/read/60914/gus-mus-kaget-soal-islam-nusantara-berarti-tidak-pernah-ngaji.

“Habib Rizieq: Inilah Kesesatan Jemaat Islam Nusantara (JIN) – Eramuslim.” Accessed June 4, 2021. https://webcache.googleusercontent.com/

“Siradj, Said Aqil. ‘Tagline Rahmatan Lil Alamin Dalam Islam,’ Www.Nu.or.Id accessed 10 Oktober 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.