PERAN STRATEGIS BANK SYARIAH DALAM MENGUPAYAKAN SOLUSI BERSAMA PERMASALAHAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Pujo Hariyanto Balai Diklat Keuangan Balikpapan
Abstract views: 318 , PDF downloads: 180
Keywords: bank syariah, akuntansi

Abstract

Islam sebagai sebuah sistem kehidupan bagi seluruh umat manusia sangat menekankan pentingnya keadilan dalam semua aspek kehidupan. Termasuk dalam aspek ekonomi, islam sangat menekankan pentingnya penegakan keadilan dan penghapusan kezhaliman dalam setiap transaksi ekonomi. Oleh karena itu, islam memberikan panduan tentang berbagai ketentuan yang perlu dihindari agar transaksi ekonomi tidak jatuh pada kezhaliman, antara lain riba, maysir, gharar maupun transaksi yang bathil. Sebaliknya islam menggantinya dengan berbagai bentuk akad yang lebih mewujudkan keadilan dan persaudaraan. Dalam konteks perekonomian modern, lembaga-lembaga ekonomi yang beroperasi dalam masyarakat muslim hendaknya juga senantiasa mengupayakan perwujudan akad-akad yang sesuai ketentuan syariah tersebut.

PlumX Metrics

Published
2017-05-09
How to Cite
Hariyanto, P. (2017). PERAN STRATEGIS BANK SYARIAH DALAM MENGUPAYAKAN SOLUSI BERSAMA PERMASALAHAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Justicia Islamica, 14(1), 60-70. https://doi.org/10.21154/justicia.v14i1.584
Section
Articles