Students’ Ability in Varying English Sentences: A Gender Approach
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i1.1420Kata Kunci:
gender, variasi kalimat, permutasiAbstrak
Studi ini menguji kemampuan mahasiswa dan mahasiswi S1 Bahasa Inggris untuk mengubah kalimat bahasa Inggris sesuai dengan perbedaan gender pada tingkat kalimat dasar: intransitif (one-place verb), transitif (two-place verb) dan ditransitif (three-place verb). Data korpus diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda tertulis yang terdiri dari 30 item: 10 kalimat intransitif, 10 kalimat transitif dan 10 kalimat transitif. Penggunaan model uji ini dimaksudkan untuk memungkinkan mereka mengubah kalimat dasar bahasa Inggris secara praktis dan efisien dalam hal waktu. Setiap item memiliki 5 pilihan yang benar dan salah. Subyek diminta untuk memilih variasi yang dapat diterima sebanyak mungkin pada setiap item tes sesuai dengan aturan sintaksis bahasa Inggris yang berterima (gramatikal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan para mahasiswa adalah 49,05% (sedang), sedangkan rerata kemampuan para mahasiswi adalah 34,75% (rendah). Adapun perbandingan kemampuan kedua kelompok mahasiswa dan mahasiswi terhadap tiga kalimat dasar sebagai berikut: (a) intransitif (18,28%: 11,94%), (b) transitif (14,21%: 11,33%) dan (c) ditransitif (16,56%: 11,48%). Kemampuan memvariasikan kalimat dasar bahasa Inggris mahasiswa lebih tinggi (14,8%) daripada kemampuan mahasiswi, walau rerata mereka masih tergolong moderat (50%). Ke depan, proses belajar-mengajar ketrampilan menulis Bahasa Inggris dari kalimat sederhana ke lebih kompleks perlu ditingkatkan dengan memperhatikan teori sintaksis agar dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi S1 menulis kalimat bahasa Inggris yang benar (grammatically correct) dan secara budaya berterima (culturally acceptable).
ØªØ¨ØØ« هذه الدراسة قدرة الطلاب على تغيير الجمل الإنجليزية ÙˆÙقا Ù„Ù„Ø§Ø®ØªÙ„Ø§ÙØ§Øª بين الجنسين ÙÙŠ مستويات الجملة الأساسية: إنترانسيتي٠(Ø§Ù„ÙØ¹Ù„ ÙÙŠ مكان ÙˆØ§ØØ¯)ØŒ متعدية (Ø§Ù„ÙØ¹Ù„ من مكانين) Ùˆ ديترانسيتي٠(Ø§Ù„ÙØ¹Ù„ ثلاثة مكان). تم Ø§Ù„ØØµÙˆÙ„ على مجموعة البيانات باستخدام اختبار اختيار متعدد مكتوب يتكون من 30 مادة، بما ÙÙŠ ذلك 10 الجمل Ø¥Ù†ØªÙŠØ±Ø²Ù†ÙŠØªÙŠÙØŒ 10 متعدية Ùˆ 10 جمل متعدية. وكان القصد من استخدام هذا النموذج اختبار لتمكين القدرة على تغيير جملها الإنجليزية بطريقة عملية ÙˆÙØ¹Ø§Ù„Ø© من ØÙŠØ« الوقت. كل بند لديه 5 الخيارات الصØÙŠØØ© والخاطئة. وقد طلب من الموضوعات اختيار أكبر عدد ممكن من Ø§Ù„Ø§Ø®ØªÙ„Ø§ÙØ§Øª مقبولة على كل عنصر الاختبار ÙˆÙقا للقواعد النØÙˆÙŠØ© الإنجليزية النØÙˆÙŠØ©. وأظهرت النتائج أن متوسط قدرة الطلاب الذكور هو 49.05Ùª (معتدل)ØŒ ÙÙŠ ØÙŠÙ† أن متوسط قدرة الطالبات هو 34.75Ùª (Ù…Ù†Ø®ÙØ¶). إن المقارنة بين كل من الذكور والإناث ÙÙŠ الجمل الأساسية الثلاث هي: (Ø£) Ø§Ù„Ø£ÙØ¹Ø§Ù„ ذات الموضع Ø§Ù„ÙˆØ§ØØ¯ (18.28Ùª: 11.94Ùª)ØŒ (ب) Ø§Ù„Ø£ÙØ¹Ø§Ù„ ذات الموضعين (14.21Ùª: 11.33Ùª) Ùˆ (ج) ثلاثة Ø§Ù„ÙØ¹Ù„ -Blace (16.56Ùª: 11.48Ùª). القدرة على تغيير الجمل الإنجليزية للطلاب الذكور أعلى (14.8Ùª) من قدرة الطالبات، ومع ذلك لا يزال المتوسط Ù…ØµÙ†ÙØ§ ØªØØª المعتدل (50Ùª). ÙÙŠ المستقبل، Ùمن الضروري ØªØØ³ÙŠÙ† مهارة التدريس ÙÙŠ كتابة الجمل الإنجليزية الأساسية لطلاب المرØÙ„Ø© الجامعية بدءا من Ø§Ù„ÙØµÙ„ الدراسي الثاني.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.