Multicultural-Based Islamic Religious Education in Ahmadiyya’s School: A Strategy to Strengthen The Moderation Vision of Indonesian Islam in School
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1787Kata Kunci:
Islamic Religious Education (PAI), Multicultural Education, Ahmadiyya’s SchoolAbstrak
Abstrak: Indonesia adalah negara dengan masyarakat multikultural dan plural. Hal ini merupakan keuntungan bagi Indonesia, namun di sisi lain, hal tersebut juga menyimpan potensi konflik. Sebagai bukti, konflik dan kekerasan bernuansa SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) seringkali terjadi di Indonesia, sedangkan konflik agama adalah yang paling dominan diantara mereka. Menanggapi tantangan-tersebut, SMA Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI) 1 Yogyakarta, salah satu sekolah yang berdiri di bawah organisasi Ahmadiyah, telah mencoba untuk merekonstruksi pendidikan Islamnya. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini difokuskan untuk membahas tentang best practices yang dilakukan oleh SMA PIRI 1 Yogyakarta untuk mengembangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam rangka memperkuat visi moderasi Islam Indonesia kepada siswanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI di SMA PIRI 1 Yogyakarta telah dikembangkan dengan pendekatan multikultural mencakup pengembangan kurikulum yang terdiri dari tujuan, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi; pengembangan media dan sumber belajar, serta diperkuat dengan menciptakan budaya religius-multikulturalis di sekolah.
الملخص: إندونيسيا دولة ذات مجتمع متعدد Ø§Ù„Ø«Ù‚Ø§ÙØ§Øª والتعددية. هذه ميزة لإندونيسيا، لكنها من ناØÙŠØ© أخرى تنطوي على Ø§ØØªÙ…الات الصراع. كدليل، مثلا أنّ الصراعات Ùˆ العن٠القبلية Ùˆ الدينية والعرقية والمذهبية ØªØØ¯Ø« كثيرا بالنسبة لإندونيسيا، ÙÙŠ ØÙŠÙ† أن الصراع الديني هو أكثر شيوعا بينها. استجابة لهذه Ø§Ù„ØªØØ¯ÙŠØ§ØªØŒ ØØ§ÙˆÙ„ت SMA PIRI 1 يوجياكارتا، Ø¥ØØ¯Ù‰ المدارس التي أنشئت ÙÙŠ إطار منظمة الأØÙ…دية، بإعادة النظر ÙÙ‰ تربيتها الإسلامية. بطريقة المنهج الوصÙÙŠ النوعي، يركز هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« على مناقشة Ø£ÙØ¶Ù„ الممارسات التي قامت بهاSMA PIRI 1 يوجياكارتا لتطوير التربية الإسلامية (PAI) من أجل تعزيز نظرة اعتدال الإسلام الإندونيسي للطلاب. أظهرت نتيجة هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« أن التربية الإسلامية ÙÙ‰SMA PIRI 1 يوجياكارتا تطورت بمنهج متعدد Ø§Ù„Ø«Ù‚Ø§ÙØ§Øª تشتمل بما ÙÙŠ ذلك تطوير المنهج الدراسي الذى يتكون من الأهدا٠والمواد التعليمية وأنشطة التعلم والتقييم، تطوير الوسائل التعليمية ومصادر التعلم، وتعزيزها من خلال تكوين Ø«Ù‚Ø§ÙØ© دينية متعددة Ø§Ù„Ø«Ù‚Ø§ÙØ§Øª ÙÙŠ المدرسة.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.