The Concept Of Nurayn in Learning: A Theological Basis Of Teacher”“Student Relationship In Education
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i2.1830Kata Kunci:
Nurayn, learning, education, student-teacher, relationship.Abstrak
Abstrak: Terdapat dua isu yang saling berlawanan pada dominasi domain kognitif, yaitu pertama, lebih diutamakan untuk mendahulukan nilai-nilai afektif sebelum kognitif, dan kedua, narasi-narasi Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) dipromosikan untuk mendorong pentingnya Intelectual Quotient (IQ) dalam sistem pendidikan. Setelah melalui proses yang dinamis, usulan muncul untuk meningkatkan Kurikulum Berbasis Sekolah (KBS) menjadi Kurikulum2013 (K13). Dalam K13, domain afektif dimunculan dalam bentuk Kompentensi Spiritual dan Kompetensi Sosial sementara domain kognitif dan psikomotorik dipertahankan. Secara teologis konsep yang ditawarkan ini sesuai dengan apa yang disebut Insan Kamil dan usaha untuk membangun tujuan-tujuan yang diharapkan tersebut terletak pada transformasi dari pengetahuan yang profan menuju perspektif teologi Islam yang dianggap suci. Ilmu pengetahun sebagai Cahaya Ilahi hanya dapat ditransformasikan oleh orang yang berhati suci (guru).
ملخص: هناك مسألتان متعارضتان ÙÙŠ هيمنة المجال المعرÙÙŠ. أولا ØŒ تقديم القيم العاطÙية قبل الإدراك. ثانياً ØŒ ترقية السرد العاطÙÙŠ(EQ)والسرد الروØÙŠ(SQ)لتشجيع أهمية "الØÙƒÙ…Ø© الÙكرية" (IQ)ÙÙŠ نظام التعليم. بعد اجتياز العملية الديناميكية ØŒ ظهرت Ø§Ù‚ØªØ±Ø§ØØ§Øª Ù„ØªØØ³ÙŠÙ† المنهج الدراسي المدرسي(KBS)إلى المنهج الدراسي 2013.(K13)ÙÙŠ المنهج الدراسي 13(K13)ØŒ يظهر المجال العاطÙÙŠ ÙÙŠ صورة Ø§Ù„ÙƒÙØ§Ø¡Ø© الروØÙŠØ© ÙˆØ§Ù„ÙƒÙØ§Ø¡Ø© الاجتماعية بينما بقاء الØÙاظ على المجالات المعرÙية ÙˆØ§Ù„ØØ±ÙƒÙŠØ©. إن المÙهوم المقدم من الناØÙŠØ© اللاهوتية يتماشى مع ما يطلق عليه إنسان كامل، والجهد الرامي إلى بناء الأهدا٠المرجوة يكمن ÙÙŠ تØÙˆÙŠÙ„ Ø§Ù„Ù…Ø¹Ø±ÙØ© المهينة إلى منظور اللاهوت الإسلامي الذي يعتبر مقدسًا. العلم كالنورالإلهي ولا يمكن توصيله إلا من قبلالمعلم الطاهر القلب.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.