Co(e)laborative of Critical Pedagogy and Islamic Education: Reflections on The Construction of Religious Humanism Education
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1843Kata Kunci:
Collaborative, Elaborative, Critical Pedagogy, and Islamic EducationAbstrak
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan hubungan dan persimpangan antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam dalam merancang pembangunan sistem pendidikan humanis dan beragama. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus tentang bagaimana berkolaborasi antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam dalam membangun kesadaran subjek pendidikan. Berdasarkan pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif melalui pola komprehensif, interpretasi dan induktif dalam menarik simpulan. Temuan penelitian ini adalah proses kolaborasi dan elaborasi antara pendidikan kritis dan pendidikan Islam yang dapat menghasilkan pendidikan humanis religius. Sistem pendidikan ini berupaya mengaktualisasikan "pengabdian sosial" dan "pengabdian spiritual", sehingga dapat menyeimbangkan dimensi keduniawian dan akhirat; antara posisi Abdullah dan kekhalifahan. Pendidikan ini bahkan mendidik subjek pendidikan untuk dapat menyelaraskan diri dengan visi dan misi Islam yaitu membebaskan manusia dari hegemonik-anarkis dan ketidakadilan sosial. Di satu sisi, ia juga mewujudkan cita-cita yang diinginkan oleh Islam dengan memperkuat iman dan menumbuhkan al-akhlak al-karimah. Inilah yang selaras antara monoteisme sosial dan teori.
ملخص: يص٠هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« العلاقة والانتقال بين التربية والتربية الإسلامية ÙÙŠ تطوير نظام التعليم الإنساني والديني. لذلك، يركز هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« على كيÙية التعاون بين التربية النقدية والتربية الإسلامية ÙÙŠ بناء وعي الطلاب. بناءً على هذه الأسئلة، استخدم Ø§Ù„Ø¨Ø§ØØ«Ø§Ù† المدخل النوعي من خلال نمط شامل ÙˆØªÙØ³ÙŠØ± واستقرائي ÙÙŠ استخلاص النتائج. أما نتائج هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« Ùهي عملية التعاون ÙˆØ§Ù„ØªÙØµÙŠÙ„ بين التربية النقدية والتربية الإسلامية التي يمكن أن تنتج التربية الإنسانية الدينية. يسعى هذا النظام التربوي إلى تØÙ‚يق "الخدمة الاجتماعية" Ùˆ "الخدمة الروØÙŠØ©" ØŒ بØÙŠØ« يمكنها الموازنة بين الدنيا والآخرة، وبين كونهم عبد الله ÙˆØ§Ù„Ø®Ù„Ø§ÙØ©. وهذه التربية يثق٠الطلاب ØØªÙ‰ يتمكنون من التواÙÙ‚ مع رؤية الإسلام ورسالته، أي ØªØØ±ÙŠØ± الناس من القيادة الÙوضوية Ùˆ الظلم الإجتماعي. Ùمن ناØÙŠØ© أخرى، Ø¥ØØ¶Ø§Ø± الهمة التي يريدها الإسلام بتأكيد الإيمان والأخلاق الكريمة. هذا هو الانسجام بين Ø§Ù„ÙˆØØ¯Ø§Ù†ÙŠØ© الإجتماعية والنظرية.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.