The Influence of Cultural and Citizenship Literacy on Students’ Critical Thinking Skill
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1888Kata Kunci:
Cultural and citizenship literacy, critical thinking skill, 21st century skill, Social subject (IPS)Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh potensial literasi budaya dan kewarganegaraan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Populasi subjek penelitian adalah 1.043 siswa dengan total sampel acak 281. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan verifikasi untuk menguji hipotesis dengan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: (1) budaya dan kewarganegaraan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran sosial; (2) budaya dan kewarganegaraan literasi berada dalam kategori tinggi; dan (3) pemikiran kritis siswa keterampilan juga dalam kategori tinggi. Kurangnya peran administrasi sekolah serta perpustakaan sekolah membutuhkan perhatian lebih dari para pemangku kepentingan sekolah. Studi ini diharapkan menjadi panduan referensi bagi sekolah dan guru untuk memastikan keberadaan gerakan literasi sekolah dalam mendukung berbagai keterampilan di abad ke-21.
الملخص: تهد٠هذه الدراسة إلى تØÙ„يل مدى تأثير Ø«Ù‚Ø§ÙØ© ومØÙˆ الأمية على مهارات التÙكير الناقد لدى الطلاب. يستخدم هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« نهجًا كميًا باستخدام استبيان كأداة رئيسية لجمع البيانات. كان عدد الطلاب 1043 مع عينة عشوائية من 281 موزعة بالتناسب. وقد تم تØÙ„يل البيانات مع التØÙ„يل الوصÙÙŠ وتØÙ„يل التØÙ‚Ù‚ لاختبار Ø§Ù„ÙØ±Ø¶ÙŠØ§Øª مع مربع الأقل جزئية (PLS). أظهرت النتائج أن Ù…ØÙˆ الأمية الثقاÙية والمواطنة كان لهما تأثير كبير على مهارات التÙكير الناقد لدى الطلاب ÙÙŠ موضوعات الدراسات الاجتماعية ØŒ ومØÙˆ الأمية الثقاÙية والمواطنة كانت ÙÙŠ Ø§Ù„ÙØ¦Ø© العليا ØŒ وكانت مهارات التÙكير النقدي لدى الطلاب أيضًا ÙÙŠ Ø§Ù„ÙØ¦Ø© العليا. بعض أوجه القصور ÙÙŠ جوانب دور موظÙÙŠ إدارة المدرسة واستخدام المكتبات Ø¨ØØ§Ø¬Ø© إلى Ø§Ù„ØØµÙˆÙ„ على مزيد من الاهتمام من المدرسة. يمكن استخدام تأثير هذا Ø§Ù„Ø¨ØØ« كمرجع للمدارس والمدرسين لضمان وجود ØØ±ÙƒØ© Ù…ØÙˆ الأمية المدرسية لدعم مختل٠مهارات القرن Ø§Ù„ØØ§Ø¯ÙŠ ÙˆØ§Ù„Ø¹Ø´Ø±ÙŠÙ†.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.