LESS PRODUCT MORE PROCESS ON TEACHING LISTENING
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.229Abstrak
Abstract: Perbedaan utama antara “diagnostic approach” dengan “comprehension approach” terletak pada prosedur dan pusat pembelajaran. Diagnostic approach memainkan aktivitasnya dengan cara medeteksi kesalahan-kesalahan siswa dalam pembelajaran menyimak, sehingga pembelajaran lebih terpusat pada siswa, bukan pada guru. Guru lebih berfungsi sebagai fasilitator dalam medongkrak ide-ide siswa. Karena inilah, maka pendekatan ini lebih meprioritaskan proses belajar daripada produk belajar. Sebaliknya, comprehension approach lebih menitikberatkan pada aktifitas pengujian pemahaman akhir siswa terhadap materi menyimak, sehingga pembelajaran lebih terpusat pada guru bukan siswa. Guru medominasi aktifitas pembelajaran siswa, sedangkan siswa hanya menerima dan menjalankan semua instruksi dari guru tersebut. Oleh sebab itu, maka pendekatan ini lebih mengutamakan produk belajar daripada proses belajar. Sebaiknya, perkecil produk belajar, perbanyak proses belajar dalam pembelajaran menyimak.
بعللا ةطشنأ صيخشتلا .ملعتلا زكرمو ءارجإ ÙÙŠ نمكي ”مهÙلا جهن“ عم ”صيخشتلا جهن“ ينب يسيئرلا قرÙلاو
،بلاطلا Ù„ÙˆØ Ø©Ø±ÙˆØÙ…تلما ملعتلا رثكأ نأ Ù‰ØªØ ØŒØ¹Ø§Ù…ØªØ³Ù„Ø§Ù„ بلاطلا ملعت ÙÙŠ ءاطخأ نع ÙØ´ÙƒÙ„ا قيرط نع جهنلا
ةيلمعل ةيولولأا ءاطعإ وه جهنلا اذه نإ٠،اذه ببسبو .“ بلاطلا Ø±Ø§ÙƒÙØ£ ÙÙŠ رسيمك ملعلما رثكأ مدتخ .ملعلما سيلو
داولما مهÙلا رابتخا ةيئاهنلا ةطشنأ ىلع ازيكرت رثكأ جهن مه٠،كلذ نم سكعلا ىلع .ملعتلا جاتن نم لادب ملعتلا
،ملعتلا ÙÙŠ بلاطلا ةطشنأ ملعلما .ةبلطلا نم لادب ينسردلما ىلع ازيكرت رثكأ وه ملعتلا نأ Ø«ÙŠØ¨Ø ØŒØ¨Ù„Ø§Ø·Ù„Ù„ عامتسلاا
نم لادب ملعتلا جاتن وه جهنلا اذه لضÙÙŠ هنإ٠،يلاتلابو .ملعلما نم تاميلعت لك ذÙنتو لبقت طق٠بلاط ÙŠÙ†Ø ÙÙŠ
.عامتسلال ملعتلا ÙÙŠ ملعتلا ةيلمع ÙØ¹Ø§Ø¶ØªØªÙˆ ،ملعتلا تاجتنم ليلقت ،كلذ نم لادب .ملعتلا
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.