EMPLOYING EFFECTIVE TEACHERS’ LANGUAGE TO CREATE COMMUNICATIVE INTERACTION IN EFL CONTEXT
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.231Abstrak
Abstract: Di samping penerapan metode/teknik pembelajaran, aplikasi bahasa yang digunakan pendidik atau dikenal dengan istilah teacher talk (TT) merupakan faktor utama penunjang kualitas proses dan hasil pembelajaran. TT tidak hanya sebagai sumber utama belajar bahasa, tetapi juga sebagai alat untuk mengajarkan target bahasa. TT berperan vital sebagai piranti pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, mengelola, dan mengevaluasi proses serta hasil belajar peserta didik.
Pendidik diharapkan mampu mengeksplorasi bahasa yang digunakan secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat penguasaan bahasa dan kebutuhan belajar peserta didik. Untuk menciptakan interaksi komunikatif, pendidik diharapkan mampu menerapkan ragam strategi bertanya yang efektif khususnya jenis pertanyaan referential untuk menggali ide peserta didik, merespon dan memberikan umpan balik fokus pada ide yang disampaikan, menggunakan modifikasi bahasa yang komunikatif ketika berbicara, menjelaskan materi, bertanya, atau dalam memberikan instruksi agar input yang diberikan mudah dipahami dan melakukan negosiasi makna dengan peserta didik. Dapat dikatakan bahwa ada atau tidak adanya aspek-aspek tersebut dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi tingkat kualitas interaksi komunikatif
di kelas.
Ø«ÙŠØ¯Ø Ù…Ù„Ø¹Ù… وأ برم وهو Ùورعم وه امك ةمدختسلما ةغللا قيبطتو ،ملعتلا تاينقت / بيلاسأ قيبطت بناج لىإ
ملعتل ايسيئر اردصم طق٠سيل TT .جئاتنلاو ةيميلعتلا ةيلمعلا ةدوج معدت تيلا ةيسيئرلا لماوعلا يه )TT(
،ةرادإو ،ملعتلا ةيلمع ذيÙنت ÙÙŠ برم ةادأك TT Ø§ÙŠÙˆÙŠØ Ø§Ø±ÙˆØ¯ .ÙØ¯Ù„ها ةغللا ميلعتل ةادأك اضيأ نكلو ،ةغللا
اقÙÙˆ بسانم لكشب ةمدختسلما ةغللا ÙØ§Ø´ÙƒØªØ³Ù„ا ينبرلما عقوتلما نمو .بلاطلا ىدل ملعتلا جئاتنو ةيلمع مييقتو
عقوتلما نمو ،يلصاوتلا Ù„Ø¹Ø§ÙØªÙ„ا قللخ .ينملعتلما ىدل ملعتلا ØªØ§Ø¬Ø§ÙŠØªØØ§Ùˆ ةغللا ناقتإ ىوتسمو ،ملعتلا ÙØ§Ø¯Ù‡Ù„Ø£
ÙØ§Ø´ÙƒØªØ³Ù„ا ةلئسلأا نم ةيعجرم عاونأ Ø§Ø¯ÙŠØ¯ØªØ Ù„Ø¦Ø³ ةلاعÙلا تايجيتاترسلاا نم ةعونتم ةعوممج ذيÙنتل ينبرلما
ليدعت مادختساب كلذو ،ةØÙˆØ±Ø·Ù„ما راكÙلأا ىلع زيكترلل ةدترلما ةيذغتلا يرÙوتو ةباجتسلااو ،ينملعتلما نم ةركÙ
تلاخدم مهÙÙ† نأ لهسلا نم تيلا تاميلعتلا ءاطعإ ÙÙŠ وأ ،لأسن ،داولما ØØ±Ø´Ùˆ ØŒØ«ÙŠØ¯Ù„ØØ§ دنع ةيلصاوتلا ةغللا
رثؤيو ملعتلا ةيلمع ÙÙŠ بناولجا هذه دوجو مدع وأ دوجو نأ لوقلا نكيمو .ينملعتلما عم نيعي Ø¶ÙˆØ§ÙØªÙ„او ةنيعم
.ةيساردلا لوصÙلا ÙÙŠ يلصاوتلا Ù„Ø¹Ø§ÙØªÙ„ا ةيعون ىوتسم ىلع
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.