Students’ Destructive Behavior Towards The Teacher in The Teaching and Learning Process
DOI:
https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.2392Kata Kunci:
Destructive behavior, teaching, learningAbstrak
Abstract: This study analyzes the model, factors, and alternative solutions to students’ destructive behavior towards teachers in teaching-learning. It took place at Madrasah Tsanawiyah Negeri in Madura as immoral acts that violate the norms and values of social life by students to their teachers. It was qualitative research with a descriptive approach. The subjects of this study were representatives of MTsN teachers in Madura, namely MTsN 1 Sumenep, Pamekasan, MTsN 3 Pamekasan, MTsN 1 Sampang, and MTsN 1 Bangkalan. The research data was taken by the method of observation, documentation, and interviews. The results showed that destructive behavior models in destructive verbal behavior, destructive behavior in the form of physical and mental destructive behavior. Furthermore, the causes of students’ destructive behavior towards teachers in learning at Madrasah Tsanawiyah Negeri in Madura were internal and external factors, including the social status of students being higher than their teachers. Students thought they have more intelligence and knowledge than their teachers. Therefore, the teachers did the home visits, parenting, and parental involvement, and educational sanctions to overcome it.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang model, faktor penyebab, serta solusi alternatif perilaku destruktif murid terhadap guru dalam pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Madura, sebagai tindakan amoral yang melanggar norma dan tatanan nilai kehidupan sosial masyarakat yang dilakukan oleh murid kepada gurunya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Subyek penelitian ini adalah keterwakilan dari Guru MTsN yang ada di Madura yaitu MTsN 1 Sumenep, Pamekasan, MTsN 3 Pamekasan, MTsN 1 Sampang, and MTsN 1 Bangkalan. Data penelitian diambil dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, model perilaku destruktif berupa prilaku destruktif verbal, perilaku destruktif fisik, dan perilaku destruktif mental. Kedua, Faktor penyebab perilaku destruktif murid terhadap guru dalam pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Madura karena faktor internal dan eksternal, diantaranya status sosial murid lebih tinggi dari gurunya, Murid merasa memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang lebih dari gurunya. Ketiga, Cara mengatasi perilaku destruktif murid terhadap guru Pembinaan, Keteladanan dan Keterlibatan Orang tua “Home Visit”, dan pemberian sanksi edukasi pada siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.