PENGUATAN LITERASI DIGITAL DAN PEMBUATAN TOKO ONLINE (ONLINE SHOP) UNTUK PROMOSI PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)DI DESA TUK KABUPATEN CIREBON

  • Yunita Yunita IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Yanti Kusnawati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Abstract views: 229 , PDF downloads: 214
Untitled downloads: 0
Keywords: Literasi digital, Promosi Produk, UMKM, Online Shop

Abstract

Kecakapan dalam literasi digital merupakan kebutuhan pokok di era revolusi industry 4.0. Warga negara yang memiliki kecakapan literasi digital tidak hanya mampu mengoperasikan produk-produk digital, tetapi juga mampu memahami hak dan kewajiban dalam pemanfsaatan kemajuan teknologi informasi dan teknologi. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pelatihan literasi kepada para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pembuatan Online Shop dengan tujuan agar para pegiat usaha ini dapat mempromosikan produk UMKM di Marketplace atau media social, dan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang literasi digital. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di desa Tuk kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon, yang merupakan salah satu sentra UMKM Emping Melinjo terbesar di Cirebon. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pelatihan atau open education dengan didampingi oleh ahli/pakar. Pelatihan terdiri dari dua tahapan kegiatan, yaitu; pertama, pelatihan secara offline dengan materi literasi digital dan prospek digital marketing untuk UMKM. Kedua,Sharing session melalui Whatsapp group berkaitan dengan step by step pembuatan online shop di marketplace Lazada, Shopee dan Whatsapp Busines. Hasil kegiatan yang terasa secara langsung oleh para peserta adalah telah berdirinya online shop milik para pegiat UMKM di Lazada, Shopee dan media social lainnya.

 

 

Author Biography

Yunita Yunita, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Dosen Jurusan Tadris IPS , IAIN Syekh Nurjati Cirebon

References

Alford, P & Page, S.J (2015) Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 2015 Vol. 35, Nos. 11–12, 655– 669

Cant,M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management, Volume 14, Issue 1, 2016

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi, 49(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Kusdaryani, W. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4 . 0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Digital Literacy Training in The Era of 4 . 0 for Small Businesses to Increase Entrepreneurship Intention. 1(4), 174–181.

Mufidah, E., Pudyaningsih, A. R., Hastari, S., & Ghifary, M. T. (2021). Pelatihan Kegiatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kandangsapi Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2), 25–31. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i2.55

Qamari, I. N., Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jati, L. J. (2021). Digitalisasi Bisnis Kelompok Umkm Di Desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 310–315. https://doi.org/10.18196/ppm.32.211

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk

Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Zahro, E. K. (2020). Digital Literacy Skills in an Effort to Increase Business Profits among Small Business Actors in the City of Surabaya. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 11(2), 81–124. https://e- journal.unair.ac.id/palimpsest/article/view/24198

“Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19”, 20 Juni 2020, https://katadata.co.id/umkm, diakses 18 Mei 2021.

PlumX Metrics

Published
2022-12-16
Section
Articles