MENINGKATAKAN LITERASI PEMASARAN MELALUI PEMANFAATAN MARKETPLACE PADA IBU RUMAH TANGGA KAWASAN MURIA

Abstract views: 87 , PDF downloads: 72
Plagiarism checking results with Turnitin downloads: 0
Keywords: Literasi teknologi pemasaran, Ibu rumah tangga, Platform marketplace

Abstract

Desa Colo merupakan salah satu desa destinasi wisata alam dan religi Sunan Muria di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus yang sebagian besar masyarakatnya memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Era digitalisasi telah merubah pola bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Salah satu peluangnya adalah pemanfaatan platform marketplace dalam pemasaran produk, baik produk milik sendiri maupun produk yang diperoleh dari produsen. Peningkatan teknologi pemasaran diperlukan untuk mengambil peluang bisnis sebagai tambahan penghasilan dan pendapatan bagi para ibu rumah tangga yang masih memiliki waktu luang dalam kesehariannya di Desa Colo. Kegiatan pengabdian ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan  literasi teknologi pemasaran pada ibu rumah tangga (IRT) melalui pendampingan pemanfaatan platform marketplace. Peserta program berjumlah tujuh orang yang dipilih dengan kriteria IRT yang memiliki waktu luang, familiar dengan penggunaan smartphone, serta memiliki ketertarikan dalam melakukan usaha sampingan melalui jual beli online. Pelaksanaan program mencakup tahapan (1) Perencanaan; (2) Paparan materi dan ide bisnis; (3) Pemanfaatan platform digital marketplace; dan (4) Praktik penyelesaian masalah. Data diperoleh melalui dokumentasi dan observasi respon dan performa peserta pendampingan. Hasil menunjukkan bahwa peserta pendampingan dapat memanfaatkan paltfor marketplace dan memahami penyelesaian pada problem dalam penggunaan platform marketplace.

References

Anggraini, Anggun, Indawati Indawati, Lindawati Lindawati, Siti Hasanah, and Wulandari Cahyani Putri, “Pendampingan Aplikasi Teknis Marketplace Pada UMKM Guna Mempermudah Dalam Pemasaran Produk Secara Online,” Jurnal Abdimas, 2.1 (2021), 96–102

Artaya, I Putu, and Tubagus Purworusmiardi, “Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan,” Ekonomi Dan Bisnis, April, 2019 <https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206>

Dwijayanti, Andina, and Puji Pramesti, “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek Di Masa Pandemi Covid-19,” Ikra-Ith Abdimas, 4.2 (2021), 68–73 <https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772>

Faridah, Fita, and Zafa Wahyu Wulandari, “Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Di Masa Pandemi Covid-19 Desa Sidomukti Lamongan,” Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.2 (2020), 509–23 <https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.316>

Hapsari, Nurul Retno, and Sitta Nurhajijah, “Apakah Wirausaha Wanita Siap Dalam Menghadapi Era Digital?,” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Industri (EBI), 2.2 (2020), 20–24 <https://doi.org/10.52061/ebi.v2i2.19>

Husodo, Teguh, Keukeu Kaniawati Rosada, Mia Miranti, Nining Ratningsih, and Suryana Suryana, “Kewirausahaan Dan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani - Kwt Desa Cinunuk Kabupaten Bandung,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.3 (2021), 525–32 <https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.30856>

Jovani, Audra, “Belajar Dari Desa: PKK Sebagai Organisasi Gerakan Perempuan,” Aristo, 4.1 (2016), 146–57 <https://doi.org/10.24269/aristo.iv/1.2016.10>

Mahuda, Isnaini, Aria Cendana Kusuma, and Ranny Meilisa, “Pengenalan Dan Pendampingan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Lialang-Serang,” Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1.1 (2021), 50–59

Purnamasari, Vidya, Vika Annisa Qurrata, and Bagus Shandy Narmaditya, “Pemberdayaan Wanita Melalui Peluang Usaha Dalam Peningkatan Ekonomi Lokal,” Jurnal Graha Pengabdian, 2.1 (2020), 1–8

Septiningrum, Liana Dwi, Khotimatus Sadiyah, Julian Muhammad Hasan, Dewi Rani Gustiasari, and Ita Darsita, “Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majlis Taklim Al Auladiyah,” Dedikasi Pkm, 1.3 (2020), 1–8 <https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.7401>

Sholeh, Muhammad, and Untung Joko Basuki, “Pendampingan Penggunaan Facebook Marketplace Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Penjualan Bagi Pelaku UKM,” MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.1 (2021), 36–42

Tjhin, Santo, Tombak Matahari, Rachmat Arsyadi, Maria Josef Retno, Budi Wahyuni, and Arya Harditya, “Strategi Branding: Peran Media Sosial Dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM,” Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 01.01 (2021), 21–33

Wahyuni, Nuraida, Ade Irman Saeful Mutaqin S., and Gunawan Akbar, “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon,” Jurnal Pengabdian Dinamika, 1.6 (2019), 31–39

Waziana, Winia, Ricco Herdiyan Saputra, and Jimi Ali Baba, “Pendampingan Pemasaran Produk Home Industri Melalui Facebook Marketplace Bagi Pelaku UMKM Di Era Pandemi,” Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 2.2 (2021), 39–44

Wulandari, Oryz Agnu Dian, Ujiani, and Nita Riskiana Putri, “Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Penjualan Produk Umkm Di Purbalingga,” Jurnal Ekonomi Manajemen, 6.November (2020), 96–101

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
Section
Articles