MELEK BACA: OPTIMALISASI PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI RUMAH LITERASI BERBASIS P&E BAGI MASYARAKAT DESA GLINGGANG

  • Nanang Febri Setiadi IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Umar Sidiq IAIN Ponorogo
Abstract views: 93 , PDF downloads: 70
Keywords: Training, Public, Digital library, Literation, iPusnas Aplication

Abstract

Perpustakaan sebagai pusat informasi yang memiliki peran untuk memberikan layanan informasi bagi penggunanya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang sudah kehilangan minat baca sehingga perpustakaan yang ada kurang diminati. Tujuan kegiatan penelitian pengabdian masyarakat ini yaitu: 1) memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya literasi dalam menumbuhkan minat baca masyarakat desa Glinggang khususnya siswa-siswi Sekolah dasar; 2) melakukan pendampingan pemanfaatan website dan aplikasi ipusnas terhadap masyarakat desa Glinggang sebagai media untuk mencari sebuah informasi secara digital. Metode yang digunakan dalam penelitian pengabdian masyarakat ini adalah metode ABCD (Aset Based Community Driven) dengan 6 tahapan meliputi discovery, dream, design, define, destiny dan reflection. Pelaksanaan kegiatan penelitian pengabdian masyarakatsudah sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Hasil refleksi menunjukkan bahwa secara umum masyarakat desa Glinggang khususnya siswa-siswi sekolah dasar memberikan umpan balik yang sangat baik terhadap terlaksananya kegiatan program pengabdian msyarakat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini harapan  dan mimpi masyarakat agar lebih sering dalam melakukan literasi dengan memanfaatkan aplikasi secara digital.

References

Andriani Samsuri. 2021. “Pendekatan Abcd Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah.” Buletin Abdi Masyarakat 1 (2).

Esti Swatika Sari dan Setyawan Pujiono. 2017. “Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa FBS UNY.” LITERA 16 (1).

Eti Sumiati. 2020. “Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19.” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia 3 (2).

Hartono. 2017. “Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi:Sebuah Kajian Teoritis Pada PerpustakaanPerguruan Tinggi Islam Di Indonesia.” Jurnal Perpustakaan 8 (1).

I Wayan Eka Saputra. 2020. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3 (1).

Lantip Diat Prasojo. 2016. “Pengelolaan Perpustakaan Digital Di UPT Perpustakaan UNY.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 4 (2).

Lusi Setyo Wulandari. 2015. “Penyelenggaraan Bedah Buku Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan Bank Indonesia Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 4 (3).

Mirza Maulana. 2019. “Asset Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang.” Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 4 (2).

Muh. Aniar Hari Swasono. 2020. “Membangun Kebiasaan Membaca Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai Di Griya Baca Desa Karangrejo.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang 1 (2).

Munawar, A. 2007. “Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga.” JurnalAplikasi Ilmu Agama 8 (2).

Nopilda. L & Kristiawan. M. 2018. “Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke 21.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan 3 (2).

Retno Sayekti and Mardianto. 2019. Perpustakaan Digital. Medan: Perdana Publishing.

Suragangga, I. M. N. 2017. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 3 (2).

Tim LPPM IAIN Ponorogo. 2021. Pedoman KPM-Daring Dari Rumah 2021 Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.

Wandasari, Y. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter.” Jurnal Manajemen 1 (1).

PlumX Metrics

Published
2023-12-03
Section
Articles