OPTIMALISASI POTENSI MASYARAKAT DESA MRICAN, PONOROGO MELALUI KEGIATAN PELATIHAN AFFILIATE MARKETING

Authors

  • Wilis Werdiningsih Universitas Kyai Ageng Muhammad Besari
  • Irma An-Nisa’ Mahirohqudsi Universitas Kiai Ageng Muhammad Besari, Ponorogo, Indonesia
  • Chintia Nora Sabela
  • Maya Nur Ainy
  • Muhammad Rafi Hilmi Aziz

Keywords:

Affiliate Marketing, Community Empowerment, Digital Literacy, Housewives

Abstract

Perkembangan teknologi digital membuka peluang baru di bidang pemasaran, termasuk melalui affiliate marketing yang kini populer di platform seperti TikTok. Namun, rendahnya literasi digital masyarakat pedesaan menjadi kendala dalam memanfaatkan peluang tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan ibu rumah tangga dalam mengelola waktu luang secara produktif melalui pelatihan affiliate marketing. Metode yang digunakan adalah Asset-Based Community Development (ABCD) dengan tahapan discovery, dream, design, dan destiny. Pelatihan mencakup penyampaian materi, praktik pembuatan akun afiliasi, serta simulasi konten promosi digital. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dan peningkatan literasi digital peserta yang berdampak pada peluang peningkatan pendapatan keluarga. Program ini menjadi langkah awal menuju kemandirian ekonomi berbasis teknologi di masyarakat desa.

References

Adi Kusuma, Yudha, Irna Tri Yuniahastuti, Tita Talitha, and Rahayu Putri Lestari. 2025. “Peningkatan Pendapatan Tambahan Anggota PKK Melalui Affiliate Marketing.” Jurnal Pengabdian Multidisiplin Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(1):24–31. doi:10.59485/abdikestrada.v2i1.113.

Ahmad Sidik, Ummi Nur Lathifah, Lukman Dwi Nur Agi Romadon, Mildan Vicky Ramadhan, Surya Wijaya Adi Sulistio, Martina Darmawati Putri, and Ummi Nur Lathifah. 2023. “Pendampingan Dan Sosialisasi Kepada UMKM Dengan Metode ABCD Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat.” Prosiding Kampelmas (Kampus Peduli Masyarakat 2(1):129–39.

Anna Valensia Christianty de Fretes, Feky Reken, Siska Jeanete Saununu, Nurul Maghfirah, and Felix Chandra. 2023. “Pelatihan Pemanfaatan Affiliate Marketing Sebagai Peluang Bisnis Bagi Pemuda AMGPM Ranting XIV Cabang Bethel Di Kota Ambon.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4(3):2207–13.

Bapak Adi Purnomo Sidik, Kepala Desa Mrican. 2025. “Potensi Masyarakat Desa Mrican.”

Diana Novita, Novawiguna Kemalasari, Ahmad Badawi Saluy, Herly Nurrahmi, Jeni Andriani, Hanifah Hanifah, and Susanto Susanto. 2025. “Pemberdayaan UMKM Melalui Penerapan Strategi Marketing Affiliate Di Tiktok.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):41–46. doi:10.53625/jabdi.v5i1.10297.

Fitriah, Epi, Diamonalisa Sofianty, Affandi Iss, Kania Nurcholisah, and Sri Fadilah. 2025. “Pelatihan Shopee Affiliate Dan Perolehan Komisi Sebagai Keuntungan Bagi Pensiunan Unisba.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka 3(4):590–96. doi:10.58266/jpmb.v3i4.221.

Hamzah, Muchammad Wilianto, Asep Mulyana, and Yudi Ahmad Faisal. 2023. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Affiliate Marketing Dan Peningkatan Pendapatan Afiliator.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(5):3241. doi:10.35931/aq.v17i5.2635.

Keumala Dewi, Rosmalinda, Sony Sucihati, and Muhammad Baghdad. 2020. Modul Pelatihan Asset Based Community Driven (ABCD). Medan: Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA).

Lestari, Dhea Afia, Hikma Sari, and Dewi Kurniaty. 2024. “Dampak Program Affiliate Marketing Di Tiktok Terhadap Perceived Value.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 8(3):3159–80. doi:10.31955/mea.v8i3.4857.

Mariza Devega, Yuhelmi, and Rebecca La Volla Nyoto. 2024. “Optimalisasi Affiliate Marketing Sebagai Peluang Bisnis Bagi Generasi Milenial.” J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service 4(2):175–85.

Melia Putri, Nabila Suci Fitria, Hesti Dyah Puspitasari, and Trian Gigih Kuncoro. 2024. “Merangkul Peluang Bisnis: Pelatihan Shopee Affiliate Untuk Pemberdayaan Masyarakat.” Jurnal Abdi Psikonomi 5(2):87–96.

Muzakar Isa, Aflit Nuryulia Praswati, Muhammad Randhy Kurniawan, and Ahmada Auliya Rahman. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dan Inovasi Manajemen Untuk UMKM Berdaya Saing.” Jurnal Abdi Psikonomi 5(3):184–94.

Ramdani, Risma Muhamad, Annisa Rizki Kahirani, Akmala Hadita, Rizaldy Prabowo, and Intan Shamitha Aulia. 2025. “Peluang Bisnis Melalui Affiliate Marketing: Mengoptimalkan Waktu Luang Ibu Rumah Tangga Di Desa Margamulya.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1):109–18. doi:10.46576/rjpkm.v6i1.4969.

Sultan Syah, Afiful Asrofi, and Ade Rizaldi Hidayatullah. 2025. “MSME Training in Facing Marketing Challenges in the Digital Era: Case Study of MSMEs in Sepulu Village, Sepulu District, Bangkalan Regency.” Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat 3(1):56–64.

Vinasevaya, Shafaa, and Herien Puspitawati. 2022. “Pengaruh Alokasi Waktu Ibu Dan Nilai Ekonomi Aktivitas Ibu Rumah Tangga Terhadap Kebahagiaan Ibu.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 15(3):231–42. doi:10.24156/jikk.2022.15.3.231.

Wawan Herry Setyawan, Mansur, Betty Rahayu, and Siti Maryam. 2022. Asset Based Community Development (ABCD). Samarinda: PT. Gaptek Media Pustaka.

Downloads

Published

2025-10-29

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.