PEMANFAATAN PERTANIAN RUMAH TANGGA DENGAN TEKNIK VERTIGAN DAMBO (VERTIKULTUR ORGANIK DALAM BOTOL)

  • Muhammad Rosyid Ridho Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Abstract views: 271 , PDF downloads: 204
Keywords: Pekarangan Rumah, Teknik Budidaya Tanaman, Vertikultur

Abstract

Kegiatan masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan pekarangan rumah warga Kelurahan Sanga Sanga Muara, Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai optimalisasi fungsi lahan dan pengurangan sampah botol plastik. Dengan teknik budidaya tanaman sayuran secara vertikultur dalam botol. Kurang terpenuhinya kebutuhan sayuran dan melimpahnya sampah botol plastik menjadi permasalahan yang ada di Kelurahan Sanga Sanga Muara. Dari permasalahan itu, pertanian dengan metode vertikultur dalam botol (vertigan dambo) menjadi solusi bagi masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui tiga tahap yakni tahap pesiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu adanya perubahan positif terhadap sikap warga tentang kesadaran mereka dalam menanam sayuran ditengah kesibukan mereka sebagai nelayan dan pekerja tambang.

Kata Kunci: Pekarangan Rumah, Teknik Budidaya Tanaman, Vertikultur

References

Arbie, Fitriyanii. “Pengetahuan Gizi Berhubungan Dengan Konsumsi Sayuran dan Buah Pada Remaja.” Health and Nutrition Journal 1 (2015): 23–31.

Asropah. “Pemanfaatan Barang Bekas Botol Plastik Dalam Pembuatan Vertical Garden.” E- Dimas education Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 07, no. 02 (2016).

Diwanti, Dyah Pikanthi. “Pemanfaatan Pertanian Rumah Tangga (Pekarangan Rumah) Dengan Teknik Tanaman Sayuran Secara Vertikultur.” Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 3 (2018).

Widani, Ni Luh. “Penyuluhan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja di Sos Desataruna Jakarta.” Jurnal Patral 1, no. 1 (2019): 57–68.

World Health Organzation. The World Health Report 2002Reducing Risk, Promoting Healty Life. Geneva: WHO Press, 2002.

PlumX Metrics

Published
2021-12-08
Section
Articles