GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TUMPAKPELEM SAWOO PONOROGO

  • Ahmad Sulton IAIN Ponorogo
  • Arif Fatkuroji IAIN Ponorogo
  • Indri Alviatus Azizah
Abstract views: 221 , PDF downloads: 117
GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TUMPAKPELEM SAWOO PONOROGO downloads: 0
Keywords: Gerakan literasi, minat baca, SDN Tumpakpelem

Abstract

Gerakan literasi di SDN 4 Tumpakpelem Sawoo Ponorogo perlu lebih disosialisasikan, terutama kepada siswa dengan minat baca rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi di Sekolah Dasar Negeri 4 Tumpakpelem Sawoo Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asset-Based Community Development (ABCD) menunjukkan pelaksanaan gerakan literasi masih pada tahap pembiasaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan gerakan literasi di Sekolah Dasar Negeri 4 Tumpakpelem masih pada tahap pembiasaan. Sosialisasi intensif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya literasi. Faktor pendukung melibatkan dukungan stakeholder dan antusiasme siswa, sementara faktor penghambat termasuk kurangnya personil, ketidaktersediaan alat pengeras suara, dan jumlah buku yang terbatas. Perlu upaya lebih lanjut untuk mengatasi hambatan dan meningkatkan efektivitas gerakan literasi di sekolah tersebut.

References

Dhina Cahya Rohim, Septina Rahmawati. “Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 6, no. 3 (2020): 4.

I Ketut Artana. “Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak.” ACARYA PUSTAKA 2, no. 1 (2016): 5.

Inawati. “Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Siswa pada Jenjang Pendidikan Menengah.” Literatify: Trends in Library Developments 3, no. 1 (2022): 5.

Ismail. “Pentingnya Sosialisasi bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan).” Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama 2, no. 1 (2019): 27.

Kanusta, Maria, Pieter Sahertian, dan Joice Soraya. “Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca Dan Hasil Belajar | Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 15, no. 02 (2021): 152–56. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.5678.

Lana Saputri,Fauzi, Nurhaidah. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsiyah 2, no. 1 (t.t.): 98–104.

Narut, Yosef Firman, dan Kanisius Supardi. “LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 3, no. 1 (31 Januari 2019): 61–69. https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214.

Nashihin, Muhammad. “Studi Islam Perspektif Insider-Outsider Dalam Bingkai Pemikiran Kim Knott.” Rausyan Fikri: Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (21 Januari 2023): 57–71.

Nazilah, Azza, Difla Afia, dan Salsabila Humairo A. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas XII Madrasah Aliyah Berdasarkan KMA 183 Tahun 2019.” Rausyan Fikri: Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (21 Januari 2023): 17–34.

Nurul Ilmi, Neneng Sri Wulan,D Wahyudin. “Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 28866–28.

Pupu Saeful Rahmat. “Penelitian Kualitatif.” EQUILIBRIUM 5, no. 9 (2009): 2.

Purwo, Suciati. “Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif di Sekolah Dasar” 3, no. 1 (2017): 85–88.

Rahayu, Triwati. “Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah,” 3 Agustus 2016. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644.

Rohman, Syaifur. “MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA PADA ANAK MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4, no. 1 (5 Januari 2018): 151–74. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.

Roy Gustaf Tupen Ama. “Minat Baca Siswa Ditinjau dari Persepsi Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan.” Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021): 222.

Sulton, Ahmad. “The Educational Axiology of Al-Maqbul Traditional Pesantren.” Analisa: Journal of Social Science and Religion 8, no. 1 (31 Juli 2023): 137–55. https://doi.org/10.18784/analisa.v8i1.1843.

———. “The Educational Epistemology Of Traditional Pesantren.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (31 Desember 2022): 380–94. https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i2.7044.

Sutrisna, I. Putu Gede. “GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19.” Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8, no. 2 (2020): 269–83. https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i2.773.

Wahidin, Unang. “IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 02 (6 September 2018): 229–44. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.

Wandasari, Yulisa. “IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (28 Desember 2017): 325–42. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.

Wulanjani, Arum Nisma, dan Candradewi Wahyu Anggraeni. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (17 September 2019): 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.

PlumX Metrics

Published
2023-06-11
Section
Articles