PROGRAM LESTARI BERBASIS STEAM: STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KOMPETENSI AL-HIKMAH DI TASKI AL-HIKMAH MALAYSIA

  • Mukhibat Mukhibat
  • Yuni Widya Yanti
  • Syafiq Humaisi IAIN Ponorogo
Abstract views: 184 , PDF downloads: 111
Keywords: Sustainable Program, STEAM, Environment, TASKI

Abstract

Karakter cinta lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini. Anak-anak TASKI Al-Hikmah memiliki karakter cinta lingkungan yang rendah, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya kesadaran anak untuk merawat tanaman di sekitar TASKI, sedangkan dalam pendidikan kompetensi al-hikmah mengharuskan anak memiliki karakter cinta lingkungan dan sadar akan merawat lingkungan sebagai amanah dari Sang Pencipta. Dalam implementasi kompetensi al-hikmah lestari, perlu adanya pembaharuan dalam pendekatan pembelajaran yang efektif di TASKI karena selama ini guru masih menggunakan pendekatan konvensional. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian pengabdian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Metode Participatory Action Research dipilih karena dianggap paling sesuai untuk proses pelaksanaan penelitian dan pengambilan data. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian pengabdian masyarakat dengan adanya program lestari dapat menumbuhkan karakter cinta lingkungan dan kesadaran akan merawat lingkungan sesuai kompetensi al-hikmah lestari dalam falsafah pendidikan al-hikmah. Program lestari yang terdiri dari 3 bentuk kegiatan yaitu: program tanam sayur, program penceriaan tanaman, dan program 3R yang di implementasikan menggunakan pendekatan STEAM. Pendekatan STEAM memberikan pengalaman belajar yang baru dan meningkatkan kecakapan hidup anak TASKI sesuai keterampilan abad 21.

References

Anjarwati, A, R S Qomariyah, M K Putri, dan ... “Integrasi pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1 (2022): 1032.

Arisona, Risma Dwi. “Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran Ips Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan 39-51.” Jurnal Pendidikan Islam 3 (2018): 39–51.

Artobatama, Irman. “Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional.” Indonesian Journal of Primary Education 2, no. 2 (2019): 40. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15099.

Basith, Y. “Kegiatan ‘Sakola Kahirupan-Gramatikal’ Berbasis Sekolah Alam Desa Curug Kecamatan Jasinga dalam Mengedukasi Anak Cinta Alam dan Lingkungan.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 2 (2022): 84–94.

Chandrawati, Titi, dan Siti Aisyah. “Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 1 (2022): 131. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022.

Darmawan, D, T.P Alamsyah, dan I Rosmilawati. “Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 4, no. 2 (2020): 160–69. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400.

Ghani, Siti Ruzana Ab, Rahilal Omar, Azlizan Mat Enh, dan Russli Kamaruddin. “Pengaruh Gerakan Islam ABIM ( 1970-2000 ): Implikasinya Terhadap Perkembangan Dakwah di Malaysia.” Akademika 92, no. 2 (2022): 57–70.

Hartanti, Wuri, dan Kautsar Eka Wardhana. “Membangun Literasi Lingkungan Dengan Menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di Tk Nasional Kps Balikpapan.” BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2, no. 3 (2022): 1–9.

Hasanah, Aas, Ajeng Sri Hikmayani, dan Nani Nurjanah. “Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 5, no. 02 (2021): 275–81.

Kamaruddin, Rohana. Pendidikan Kompetensi Al-Hikmah Pendidikan Karakter Berasaskan Nilai, 2020.

Lubis, Hilda Zahra, Rizky Fadila, Mutiara Mastina, Fithri Daulay, dan Nanda Fadhillah. “Stimulasi Kegiatan Mewarnai untuk Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal PEMA Tarbiyah 1, no. 1 (2022): 11–19.

Mahanani, Putri, Sa’dun Akbar, Azni Yati Binti Kamaruddin, dan Zaharah Binti Hussin. “Educational Analysis to Develop Character in Malaysia and Indonesia.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15321a.

Mawi, Tiarasari; Larasati, Lala Indri; Milarisa, Surti. “Penguatan budaya menjaga dan merawat lingkungan di sanggar bimbingan sungai buloh, malaysia.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7 (2023): 1054–60.

Muslim, Arifin, Novica Dimar Azizah, dan Supriatna Supriatna. “Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Khazanah Pendidikan 15, no. 1 (2021): 98. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10365.

Nurjannah, Dwi, Wahyu Wahyu, Dewi Purnama Sari, Wulan Suci Maghfirah, dan Ike Oktanira. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Di Halaman Sekolah.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2022): 49–59. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5611.

Oktamarina, Lidia. “Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang.” Jurnal Ilmiah Potensia 6, no. 1 (2021): 37–44.

Riyani, Ni Luh Venny Eka, dan I Gusti Agung Ayu Wulandari. “Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22, no. 1 (2022): 285. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.

Rohman, Akhmad Dalil, Muhammad Maskur Musa, Arina Nahdia Falkhah, dan Aan Fadia Annur. “Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD di Era Abad 21.” Ibtida’ 3, no. 1 (2022): 48–58. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.285.

Rokhmah, Ummi Nur. “Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 13, no. 1 (2019): 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133.

Syahputra, Andi, dan Heri Rahmatsyah Putra. “Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm).” At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 2020, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349.

Trisofirin, Marisa. “Menumbuhkan Kreativitas Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia melalui Pembuatan Kerajinan dari Barang Bekas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2023).

Umam, Khaerul; Nila, Asisah; Muttaqin, Zaenal; Anam, M.Masrul; Aziza, Riki Rokhmatul. “Peningkatan Kualitas Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Metode Participatory Action Research (PAR).” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 5, no. 4 (2022).

Utomo, Ikip Budi. “DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2022): 115–20.

Veronica, Nina, Sofi Yunianti, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya. “Pengaruh Metode Eksplorasi Lingkungan Terhadap Perkembangan Sains Pada Anak Tk B ( 5-6 Tahun ) Di Tk Bunga Bangsa Pacet Pendahuluan Sains merupakan cabang ilmu tentang alam . Sains juga dikenal sebagai Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) yang berarti kajian ilm.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 8 (2022): 53–60.

Wahyuningsih, Siti, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Ruli Hafidah, Muhammad Munif Syamsuddin, Novita Eka Nurjanah, dan Upik Elok Endang Rasmani. “Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305.

PlumX Metrics

Published
2023-06-07
Section
Articles