PENINGKATAN MANAJEMEN PENGAJARAN DI TPQ ROUDLOTUL MUHAJIRIN DESA WRINGINANOM KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO

  • Rangga Agnibaya IAIN Ponorogo
  • Nur Arista Melanoi Agustina
  • Rifqia Kholifatu Rosida
Abstract views: 300 , PDF downloads: 201
Keywords: peningkatan, manajemen, pengajaran, TPQ Roudlotul Muhajirin

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Roudlotul Jannah berada di Dusun Nambang, Desa Wringinanom, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Keberadaan TPQ ini memberikan dampak yang baik untuk masyarakat sekitar, di mana dampak positif ini juga dipengaruhi oleh sistem pengajaran yang diterapkan. Menyadari akan banyaknya pendidik dan juga siswa-siswinya, pengabdi berpandangan betapa besar potensi yang dapat diberikan oleh TPQ Roudlotul Jannah kepada masyarakat Dusun Nambang. Akan tetapi, pengabdi menemukan adanya pengelolaan manajemen kelas yang belum maksimal dan juga dari hasil pengamatan pengabdi, ditemukan bahwa cara atau metode pengajaran para pengajar kurang maksimal. Kekurangan tersebut terkait metode pendekatan pendidik kepada peserta didik. Pada dasarnya, cara pengajar dalam melakukan pendekatan kepada peserta didik itu penting dilakukan guna menunjang keberhasilan dalam penyampaian materi dan juga tujuan yang indin dicapai lembaga. Melihat kanyataan seperti ini, pengabdi berinisiatif untuk melaksanakan program dalam rangka peningkatan kemampuan mendidik dan manajemen pengelolaan kelas. Program tersebut terimplementasikan dalam wujud seminar yang ditujukan untuk pengajar di TPQ Roudlotul Muhajirin. Dengan adanya program yang diinisiasi oleh pengabdi, diharapkan proses pengajaran di TPQ akan berjalan maksimal dan terorganisir dengan baik, sehingga hal ini akan memberikan kebermanfaatan yang lebih terhadap Dusun Nambang.

References

Ahmadi. (2022). Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Tahun 2022. Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.

Anwar, Khoiru & Taufiq Churrahman. (2022). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Assyamsuddluha di Sebuah Desa. Academia Open, 6, 9.

Mardina. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Jami’ Babussalam Kota Bengkulu Dalam Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Santri. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Matin & Fuad, Nurhattati. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maulana, Mirza. (2019). ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT : Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Sambi Kaliurang. EMPOWER 4, 2, 20.

Munthe, Ashiong P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5(2), 1-14.

Qardhawi, Yusuf. (1999). Berinteraksi dengan Al-Qur.an. Jakarta: Gema Insani Press.

RI, Departemen Agama. (2008). Al-Qur.an dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

Wakhudin, Tarmizi Taher. (1998). Jembatan Umat, Ulama dan Umara. Bandung: Granesia.

PlumX Metrics

Published
2022-12-20
Section
Articles