PELATIHAN BAHASA INGGRIS BERMUATAN TECHNICAL COMMUNICATION PEDAGOGICAL MODEL (TCPM) BAGI PETUGAS LAYANAN PENUMPANG KERETA CEPAT INDONESIA

  • Ainun Fikria Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun https://orcid.org/0000-0003-3238-4662
  • Armyta Puspitasari Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Damar Isti Pratiwi Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Dimas Adi Perwira Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Abstract views: 43 , PDF downloads: 32
Untitled downloads: 0
Turnitin Result downloads: 0
Keywords: Passenger Service on Station, English for Railway Officer, High Speed Railway, Technical Communication, English Training

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh dosen Bahasa Inggris Politeknik Perkeretaapian Indonesia kepada petugas PT Kereta Api Indonesia China (PT KCIC). Target dari program ini adalah 23 orang calon petugas pelayanan penumpang karena mereka diharapkan dapat melayani penumpang lokal maupun internasional. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan bahasa asing yang memadai (terutama bahasa Inggris) untuk memberikan pelayanan yang prima. Strategi pengembangan masyarakat digunakan dan metode praktis yang diintegrasikan ke dalam Technical Communication Pedagogical Model (TCPM) dalam konteks perkeretaapian diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam mempraktekkan komunikasi dalam bahasa Inggris setelah pelaksanaan pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikasi teknis mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris petugas pelayanan penumpang dalam konteks Kereta Api Cepat.

Author Biography

Ainun Fikria, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Ainun Fikria served as an associate professor in Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Indonesia. She achieved her master's degree in English Language Education from Universitas Negeri Surabaya, Indonesia. Her research focuses on enabling the reliable deployment of learner's autonomy on students' well-being. She has an extensive experience in area of Teaching English for Specific Purpose on Railway Transportation Management for vocational varsities setting.

References

Brinkman GW, van der Geest TM (2003) Assessment of communication competencies in engineering design projects. Tech Commun Q 12:67–81[Accessed: 16-Jun-2023].

Jamaludin, K.A., Alias, N., DeWitt, D. et al. Technical communication pedagogical model (TCPM) for Malaysian vocational colleges. Humanit Soc Sci Commun 7, 110 (2020). https://doi.org/10.1057/s41599-020-00597-6. [Accessed: 26-Feb-2023].

Juono, Ribut (2012). Metode Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://juonorp.blogspot. com/2013/05/metode-pembelajaran.html [Accessed: 16-Jun-2023].

Kunioshi N, Noguchi J, Hayashi H, Tojo K (2012) An online site for preparation of oral presentations in science and engineering. Eur J Eng Educ 37(6):600–608 [Accessed: 15-Jun-2023].

Reaves L (2004) Technical communication instruction in engineering schools a survey of top-ranked U.S. and Canadian programs. J Bus Tech Commun 18(4):452–490 [Accessed: 15-Jun-2023].

Rus D (2014) Technical communication as strategic communication characteristics of the English technical discourse. Procedia Technol 12:654–658 [Accessed: 16-Jun-2023].

PlumX Metrics

Published
2023-06-03
Section
Articles