ACCELERATION OF IMPLEMENTATION AND ACHIEVEMENT OF STANDARDS MINIMUM SERVICE (PRIME SERVICE) BASED ON EVALUATION IN PONOROGO DISTRICT GOVERNMENT

  • Yusril Dwi Mahendra Pascasarjana, IAIN PONOROGO
  • Muhammad Thoyib Pascasarjana, IAIN PONOROGO
Abstract views: 129 , PDF downloads: 68
Untitled downloads: 0
Keywords: Engag Evaluation, Achievement, Excellent Service.

Abstract

Kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam menyelesaikan Program Kajian Evaluasi Percepatan Penerapan dan Pencapaian Standart Pelayanan Minimal (Layanan Prima) di Kabupaten Ponorogo. Evaluasi ini merupakan kajian yang bersifat public needs evaluation (evaluasi terhadap kebutuhan publik) yang mendasarkan diri pada 2 pendekatan sekaligus (mixed methods), yaitu metode kuantitatif dan kualitatif, yang pada akhirnya diharapkan dapat menggali data secara komprehensif serta memberikan kontribusi yang signifikan berupa rekomendasi kebijakan bagi pengembangan program publik di Kabupaten Ponorogo, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi serta kuesioner yang dikembangkan berdasarkan pada 4 (empat) macam informasi utama. Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan prima pada Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang terdiri dari Satker Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disukcapil), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang mencakup 3 bahasan utama yaitu: (1). Kualitas kinerja satuan kerja (satker/unit) pelayanan prima di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ponorogo berbasis penilaian standar ISO 9001:2008; (2). Tingkat kepuasan publik (pengguna) terhadap pelaksanaan layanan prima di lingkungan satuan kerja Pemerintah Kebupaten Ponorogo; serta (3) Pengaruh kualitas layanan prima terhadap tingkat kepuasan publik (pengguna) di lingkungan satuan kerja Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

References

Anas Salman Alabboodi, “The Effect of Customer Satisfaction on Service Quality: The Case of Iraqi Banks,” International Journal of Applied Research 5, no. 1 (2019): 146–52.

Arif Wicaksana and Tahar Rachman, “Analisis Kritis Terhadap Kebijakan Standar Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Lembaga Pendidikan Islam Swasta,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1 (2018): 10–27, https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Emma Dwi Ariyani, “Penerapan Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung,” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi 7, no. 1 (2010): 3.

Einjelheart Hansiden Polii, “Evaluation of Governance Implementation Minahasa Regency Drinking Water Company,” International Journal of Social Science and Human Research 04, no. 06 (2021): 1405–13, https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i6-25.

Fery Diantoro, “Realisasi Program Jimpitan Karang Taruna Bugis Generation Dalam Meningkatkan Peran Sosial” 1, no. 2 (2020). 165.

Fitri Meldawati, Sulaiman Sulaiman, and A. Muhyani Rizalie, “Strategies for Quality Improvement of School Administration Staff Performance: A Multi-Site Study at PGRI 1 Martapura Vocational School and PGRI Banjarbaru Vocational School,” International Journal of Social Science And Human Research 06, no. 01 (2023): 343–48, https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i1-47.

Ktut Arte Wardane, Wahyu Wahyu, and Suhaimi Suhaimi, “Implementation of Fun School Management at SMKN 3 and SMKN 2 Kuala Kapuas,” International Journal of Social Science and Human Research 06, no. 06 (2023): 3505–10, https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i6-36.

Minnah El Widdah, “Learning Strategies in Early Childhood Language Development during the Covid-19 Pandemic,” International Journal of Social Science and Human Research 04, no. 04 (2021): 613–20, https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-08.

Osborne David and Gaebler Ted, “Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit Is Transforming the Public Sector” (Prentice Hall of India, 1992).

Sukron Ma’mun, “Peranan Aparatur Yang Profesional Guna Mewujudkan Pelayanan Prima Dalam Birokrasi,” Aspirasi: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara 1, no. 1 (2016): 15–26.

Umar Faruq. “Pendampingan Transformasi Metode Pemasaran Umkm Desa Crabak Dari Tradisional Ke Digital” Crabak Dari, Tradisional Ke, And Iain Ponorogo, 3, no. 2 (2022): 1–23.

Y D Mahendra, “Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Analisis Di Madrasah Diniyah AlIhsanPonorogo),”2022,http://etheses.iainponorogo.ac.id.

Yusril D W I Mahendra et al., “International Journal of Social Science And Human Research Management of Student Character Education in the Globalization Era ( Case Study in Wali Songo Islamic Boarding School Ngabar Ponorogo )” 06, no. 08 (2023): 5169–76, https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i8-73.

PlumX Metrics

Published
2023-06-04
Section
Articles