PENGUATAN PERAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN: PEMBERDAYAAN PARA USTADZAH PESANTREN MUHAMMADIYAH KABUPATEN MADIUN DALAM MENGAKSES KITAB BERBAHASA ARAB GUNDUL

Agus Tri Cahyo(1*)

(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak peran yang dimainkan para perempuan (baca: para ustadzah) di Pesantren Muhammadiyah kabupaten Madiun. Hal ini tentunya tidak lepas dari dua misi besar yang dikembangkan oleh Muhammadiyah, yaitu tajrîd dan tajdîd. Tajrîd  artinya pemurnian,  yaitu melakukan proses pembersihan dari sinkretisme yang ada pada cara beribadah warganya. Sedangkan tajdîd berarti adanya upaya pembaharuan dalam memahami Islam, khususnya dalam hal-hal yang terkait dengan ranah peradaban. Para perempuan di pesantren Muhammadiyah berupaya untuk bisa melaksanakan dua misi besar tersebut. Hal ini terlihat dengan banyaknya peran yang dimainkan di pesantren, sejak dari bergabungnya dalam pengelolaan lembaga Darul Qur’an yang melakukan pembelajaran al-Qur’an metode ummi, kegiatan pesantren Sabtu Ahad, pembinaan seni beladiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah, penanganan anak asuh dan pelibatan pada penanganan kelompok bermain. Namun hal yang masih mengganjal adalah minimnya peran perempuan dalam pembelajaran kepesantrenan, khususnya dalam pembelajaran kitab berbahasa Arab. Pengabdian ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan problem dimaksud.


Keywords


Pemberdayaan, Perempuan, Bahasa Arab, Kitab Gundul.

Full Text:

PDF

References


LPM IAIN Sunan Ampel Surabaya. Modul Pelatihan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif IAIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: LPM IAIN Sunan Ampel, 2008.

P. Reason,. and H. Bradbury. The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice. California: Sage, 2008.

Mansour Fakih. Menggeser konsepsi gender dan transformasi social, Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 2007.

Agus Afandi, dkk. Modul Participatory Action Reseacrh (PAR). IAIN Sunan Ampel Surabaya: Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) 2013.

Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. Kemensos RI.

Pedoman Pengasuhan Anak Muhammadiyah, Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Irfan Riyadhi dkk. Metodologi Perubahan Sosial Berbasis PAR. P3M STAIN Ponorogo Press. 2008.




DOI: https://doi.org/10.21154/inej.v3i1.4997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Tri Cahyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Inej indexed by: