PENGENALAN LITERASI MELALUI BIG BOOK DAN BERCERITA PADA PAUD MELATI DESA SENDANG KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI

  • Eni Winarsih Universitas PGRI Madiun
  • Dhika Puspitasari Universitas PGRI Madiun
  • Asri Musandi Waraulia Universitas PGRI Madiun
  • Niken Utami Dyas Ayulinda Universitas PGRI Madiun
  • Galih Hindra Pratama Universitas PGRI Madiun
Abstract views: 158 , PDF downloads: 108
Keywords: literasi, big book, bercerita, PAUD Melati.

Abstract

Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang harus dikuasai oleh setiap individu. Perkembangan bahasa pada setiap individu berbeda-beda, pada anak usia dini perkembangan bahasa sangat pesat. Perkembangan bahasa yang baik berhubungan dengan kemampuan literasi, baik pada awal kehidupan juga pada masa selanjutnya. Kemampuan literasi individu berhubungan dengan keberhasilan dalam kehidupan. Anak usia dini merupakan tahapan awal prasekolah dan merupakan dasar bagi pengenalan dan pemahaman dasar literasi anak. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan media Big Book dan metode bercerita. Penggunaan media bagi anak usia dini sangat penting karena menunjang keterampilan motorik bagi anak. Metode yang digunakan yaitu dengan metode ABCD (Asset Based Community Development). Adapun tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan kepada guru PAUD Melati dalam penyusunan rencana pembelajaran, pemilihan media big book, dan teknik bercerita. Selain itu, tim abdimas juga melakukan observasi terhadap kemampuan berbahasa anak PAUD Melati dan melakukan tindakan berupa bercerita dengan anak-anak, dan melakukan kegiatan pengenalan literasi sejak dini. Hasil dari kegiatan ini meliputi: kemampuan berbahasa anak PAUD Melati cukup baik dan bervariasi, sebanyak 12 anak sudah dapat menggunakan kalimat lengkap berbahasa Indonesia, 11 anak belum mampu menyusun kalimat lengkap berbahasa Indonesia. Penggunaan media big book dengan bercerita dapat meningkatkan minat dan ketertarikan anak dalam proses belajar sambil bermain.

References

Feiman, Sharon. “ Models of Teaching . Bruce Joyce , Marsha Weil .” The School Review 82, no. 1 (1973).

Fitriani, Dewi, Heliati Fajriah, and Wirda Rahmita. “Media Belajar Big Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019).

Madyawati, Lilis. “Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.” Elementary, 2017.

Martinis, Yamin, and Sanan Sabri Jamilah. “Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini.” Jakarta: Referensi (2013).

Musyarofah. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.” Interdisciplinary Journal of Communication 2, no. 1 (2017).

Muttaqin, Muhammad Fauzan, and Hofipah Rizkiyah. “Efektifitas Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 1 (2022).

Samsuri, Andriani, Nisful Lailatul U, Nurul Fithrotuz Z, and Ulfa Vadhila. “Pendekatan ABCD Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah.” Buletin Abdi Masyarakat 1, no. 2 (2021).

Sari, Esti Swatika, and Setyawan Pujiono. “BUDAYA LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA FBS UNY.” LITERA 16, no. 1 (2017).

Saribu, Ayunita, and Afifah Nur Hidayah. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA.” JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO 2, no. 1 (2019).

PlumX Metrics

Published
2022-12-31
Section
Articles