Jiwa Enterprenur dan Etika Bisnis Islam Santri Gontor Dalam Mengembangkan Air Mineral Amidas

Dewi Iriani(1*), Lailatul Mufidah(2), Muhammad Rosyid Ridho(3)
(1) IAIN Ponorogo
(2) IAIN Ponorogo
(3) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.21154/invest.v1i1.2630

Abstract

This article aims to determine the Darussalam Gontor Modern Islamic Boarding School's efforts in shaping the entrepreneurial spirit of the santri? Second, how is the development of Amidas Gontor Mineral Water in the perspective of Islamic Business Ethics? This article using field research (field research), the method used in this study using a qualitative approach, namely the author obtains data directly from sources from teachers/managers and students of the Darrusalam Gontor Islamic boarding school, Ponorogo. Research results 1) The Darussalam Gontor modern cottage's efforts in shaping the entrepreneurial spirit of the Santri, which are taught, have five characteristics, namely: confidence is cultivated to the students, by giving confidence in carrying out the production of Amidas Gontor brand mineral water—having continuous and innovative initiatives, in developing the business unit it holds and having achievement motives, which can provide the students with provisions to apply what they have learned after becoming alumni regarding entrepreneurship. The spirit of leadership, where the alumni who serve are entrusted to manage Amidas Gontor. Dare to take calculated risks, introduce the entrepreneurial results of the santri, events and expos are often held in the cottage, apart from the students, caretakers, guardians of Santri, and the wider community. 2) Development of Gontor Amidas mineral water in the perspective of Islamic business ethics principles; Unity/State; Obedience to worship is a belief in the existence of one God. Balance (Justice); evenly distributed. Free Will, done verbally for the Ponorogo area, the outer island area is done through an online application. The Pondok Gontor party is responsible for compensating for damage to the Ponorogo area outside the island. 3) Virtue: Truth and Honesty. Honest and true in establishing partnerships with agents, shops, distributors, retailers of mineral water Amidas.

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor dalam membentuk jiwa wirausaha santri? Kedua, Bagaimana Pengembangan Air Mineral Amidas Gontor Dalam Perspektif Etika Bisnis Syariah? Artikel ini menggunakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penulis memperoleh data langsung dari narasumber dari guru/pengelola dan santri pondok pesantren Darrusalam Gontor Ponorogo. Hasil Penelitian 1) Upaya Pondok Modern Darussalam Gontor dalam membentuk jiwa wirausaha santri yang diajarkan memiliki lima ciri, yaitu: menumbuhkan rasa percaya diri kepada santri, dengan memberikan rasa percaya diri dalam melaksanakan produksi air mineral merk Amidas Gontor. —memiliki inisiatif yang berkesinambungan dan inovatif, dalam mengembangkan unit bisnis yang dimilikinya dan memiliki motif berprestasi, yang dapat membekali mahasiswa dengan bekal untuk menerapkan apa yang telah dipelajarinya setelah menjadi alumni tentang kewirausahaan. Semangat kepemimpinan, dimana para alumni yang mengabdi dipercayakan untuk mengelola Amidas Gontor. Berani mengambil resiko yang diperhitungkan, memperkenalkan hasil wirausaha para santri, event dan expo sering diadakan di pondok, selain para santri, pengasuh, wali santri, dan masyarakat luas. 2) Pengembangan air mineral Gontor Amidas dalam perspektif prinsip etika bisnis Islam; Persatuan/Negara; Ketaatan untuk beribadah adalah keyakinan akan adanya satu Tuhan. Keseimbangan (Keadilan); didistribusikan secara merata. Kehendak Bebas, dilakukan secara lisan untuk wilayah Ponorogo, wilayah pulau terluar dilakukan melalui aplikasi online. Pihak Pondok Gontor bertanggung jawab untuk mengganti kerugian daerah Ponorogo di luar pulau. 3) Kebajikan: Kebenaran dan Kejujuran. Jujur dan benar dalam menjalin kemitraan dengan agen, toko, distributor, pengecer air mineral Amidas.

Keywords


Santri; Entrepreneur; Islamic Business Ethics

References


Agbim, Kenneth Chukwujioke, Godday Orziemgbe Oriarewo, and Tor Aondoaver Zever. “Moderating Effects of Individual Entrepreneur and Enterprise Characteristics on the Relationship between Business Environmental Scanning Behaviour and Entrepreneurial Performance Kenneth.” Journal of Business Studies Quarterly, 2014.

Agus. Wawancara (2020).

Ahmad Suharto. Profil Pondok Modern Gontor. Ponorogo: Darussalam Press, 2011.

American Journal of Sociology, Sugiyono, Ida Nuryana dan fauzan, Lestari Vivi Indah, Yunus Mochamad, Agustina Indah Dawi, Wakhidah Zohratul, et al. Etika Bisnis Tuntutan Dan Relevansinya. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2007.

Austin, James, Howard Stevenson, and Jane Wei-Skillern. “Social and Commercial Entrepreneurship: Same, Different, or Both?” Entrepreneurship: Theory and Practice, 2006. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2006.00107.x.

Azka. Wawancara (2020).

Bulutoding, Lince. “Analisis Terhadap FaktorâFaktor Penentu Perilaku Kepatuhan Pajak Dalam Konsep Islam.” Patria Artha Management Journal, 2017.

Danang. Wawancara (2020).

Departemen Agamag RI. Al Quran Dan Terjemahan. Al-Qur’an Terjemahan, 2020.

Djakfar, Muhammad. “Etika Bisnis Islami: Tataran Teoritis Dan Praktis.” Google Scholar, 2008.

“Dokumen Perizinan AMDK Amidas Gontor.” n.d.

Hadiyati, Ernani. “Kreativitas Dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2011. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16.

Hakam. Wawancara (2020).

Handaru, Agung Wahyu. “PENGARUH KEPUASAN GAJI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP INTENSI TURNOVER PADA DIVISI PT JAMSO.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 2012.

Herniwati, Herniwati. “Penerapan Pasal 1320 KUH Perdata Terhadap Jual Beli Secara Online (E-Commerce).” Jurnal Ipteks Terapan, 2015. https://doi.org/10.22216/jit.2014.v8i4.13.

Hidayatulloh, H. “Etika Bisnis Dalam Prespektif Al-Qur’an: Upaya Membangun Bisnis Yang Islami Untuk Menghadapi Tantangan Bisnis Di Masa Depan.” Prosiding Seminas, 2012.

Hisrich, Robert D., and Veland Ramadani. “Effective Entrepreneurial Management.” Effective Entrepreneurial Management, 2017.

Juliyani, Erly. “63 Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam.” Jurnal Ummul Qura, 2016.

Lance Castles. Gontor Sebuah Catatan Lama. Ponorogo: Trimurti Gontor, 2019.

Gontor. “Latar Belakang Ponpes Gontor,” 2020. www.gontor.ac.id.

Markas. “Urgensi Sifat Jujur Dalam Berbisnis.” Jurnal Pilar, 2014.

Muyassar, Muyassar, Dahlan Ali, and Suhaimi Suhaimi. “Pertanggungjawaban Hukum Notaris Terhadap Pengingkaran Akta Jual Beli Tanah Bersertipikat Oleh Pihak Yang Dirugikan.” Syiah Kuala Law Journal, 2019. https://doi.org/10.24815/sklj.v3i1.12446.

Naqvi, Syed Nawab Haider. Islam, Economics, and Society. Islam, Economics, and Society, 2013. https://doi.org/10.4324/9780203381373.

Nuruddin, Amiur. “SDM Berbasis Syariah.” TSAQAFAH, 2010. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i1.137.

wikipedia. “Pondok Modern Darussalam Gontor,” n.d. https://id.m.wikipedia.org/wik/Pondok_Modern_Darussalam_Gontor.

Praja, Juhaya S., and Mukhlisin Muzarie. Pranata Ekonomi Islam Wakaf. 1, 2009.

Rujiansyah, Rujiansyah. “ETIKA BISNIS DALAM ISLAM.” Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 2017. https://doi.org/10.24903/je.v4i1.209.

Ruli. Wawancara (2020).

NU Online. “Santri Kembangkan Sektor Industri,” 2020. www.Nu.Or.Id/Post/Read/90105/Menteri-Perindustrian-Harap-Santri Kembangkan- Sektor-Industri.

Scarborough, Norman M, and Thomas W Zimmerer. “Effective Small Business Management.” Facilities, 2011.

Soegoto, Eddy Soeryanto. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Suryana. “Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat Dan Proses Menuju Sukses.” Journal of Chemical Information and Modeling, 2019.

Susilowati, Ika. “PERAN STAIN PONOROGO DALAM MEMOTIVASI SARJANA MENJADI WIRAUSAHA MUDA MANDIRI.” Justicia Islamica, 2016. https://doi.org/10.21154/justicia.v12i2.326.

Umanailo, M Chairul Basrun. “Hukum Dan Perubahan Sosial.” Sosiologi Hukum, 2013.

Wahyunadi, Zulham, Raihanah HJ Azahari, Irfan Islami, Nelly Ulfah Anisariza, Kukuh Fadli Prasetyo, Lex Et, Societatis Vol, et al. “Purba 113 – 131 MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VII, No. 1, Feb 2017.” Jurnal Ilmiah Islam Futura, 2017.

Wisnu. Wawancara (2020).

Yaksan Hamzah hafied, Etika Bisnis Islam. “Etika Bisnis Islam.” Journal of Chemical Information and Modeling, 2019.

Yusuf. Wawancara (2020).


Article Statistic

Abstract view : 285 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 158 times

How To Cite This :





Copyright (c) 2021 Dewi Iriani, Lailatul Mufidah, Muhammad Rosyid Ridho