STRATEGI ADAPTASI DI ERA PANDEMI COVID 19 BAGI UMKM KALICARI PEDURUNGAN SEMARANG

Ratna Wijayanti, Suratman Suratman, Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto

Abstract


Berdasarkan pra survey yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa UMKM Kelurahan Kalicari mengalami penurunan omset penjualan sebagai dampak kondisi pandemi Covid 19. Hal ini menjadi alasan pentingnya sebuah startegi diterapkan untuk bertahan dan beradaptasi di era pandemic. Pengabdian ini berfokus pada penyuluhan mengenai strategi bertahan UMKM pada masa pandemi Covid 19. Penyuluhan yang diberikan berupa pemaparan tentang berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha ditengah daya beli masyarakat yang menurun. Hasil pengabdian kepada masayarkat ini berupa peningkatan pengetahuan UMKM tentang berbagai bentuk startegi yang dapat diterapkan untuk mempertahankan usahanya di era pandemic. Hasil evaluasi juga menunjukkan mayoritas UMKM berpendapat dapat dengan mudah mengaplikasikan strategi yang telah diajarkan.


Keywords


Strategi, UMKM, Pandemi, Pengabdian

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2015). Profil Bisnis:Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia: Bank Indonesia

Barkatullah, Abdul Halim.(2006).Bisnis E Commerce.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-Undang No.20 Tahun 2008 Tentang Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.21154/inej.v2i1.2536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ratna Wijayanti, Suratman Suratman, Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Inej indexed by:

https://garuda.kemdikbud.go.id/journal?q=Inej