STRATEGI ADAPTASI DI ERA PANDEMI COVID 19 BAGI UMKM KALICARI PEDURUNGAN SEMARANG

  • Ratna Wijayanti Universitas Semarang
  • Suratman Suratman Universitas Semarang
  • Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto Universitas Semarang
Abstract views: 654 , PDF downloads: 442
Keywords: Strategi, UMKM, Pandemi, Pengabdian

Abstract

Berdasarkan pra survey yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa UMKM Kelurahan Kalicari mengalami penurunan omset penjualan sebagai dampak kondisi pandemi Covid 19. Hal ini menjadi alasan pentingnya sebuah startegi diterapkan untuk bertahan dan beradaptasi di era pandemic. Pengabdian ini berfokus pada penyuluhan mengenai strategi bertahan UMKM pada masa pandemi Covid 19. Penyuluhan yang diberikan berupa pemaparan tentang berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha ditengah daya beli masyarakat yang menurun. Hasil pengabdian kepada masayarkat ini berupa peningkatan pengetahuan UMKM tentang berbagai bentuk startegi yang dapat diterapkan untuk mempertahankan usahanya di era pandemic. Hasil evaluasi juga menunjukkan mayoritas UMKM berpendapat dapat dengan mudah mengaplikasikan strategi yang telah diajarkan.

References

Anonim. (2015). Profil Bisnis:Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia: Bank Indonesia

Barkatullah, Abdul Halim.(2006).Bisnis E Commerce.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-Undang No.20 Tahun 2008 Tentang Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

PlumX Metrics

Published
2021-06-28
Section
Articles