PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PELATIHAN ANYAMAN DI DUSUN GALIH, BAOSAN LOR, NGRAYUN, PONOROGO

  • Muhammad Ali Murtadlo Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Nur Ayun Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Khizam Amru Rosyada Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 177 , PDF downloads: 133
Keywords: Kerajinan Anyaman, Kelompok Wanita Tani, Pemberdayaan

Abstract

Kelompok Wanita Tani merupakan sebuah asosiasi dari kalangan wanita yang menaungi kegiatan masyarakat di Dusun Galih, Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun yang terbentuk pada tanggal 18 September 2020. Asosiasi ini terbentuk karena adanya kewajiban dari kebijakan Pemerintahan desa. Seiring berjalannya waktu, asosiasi tersebut vakum dalam jangka waktu yang cukup lama dikarenakan adanya pandemi covid-19. Akibat kurang adanya komunikasi dan koordinasi antar anggota. Berangkat dari aset Kelompok Wanita Tani yang telah vakum tersebut kegiatan pelatihan anyaman ini layak untuk dilaksanakan.  Dengan mengunakan pendekatan ABCD (Assed Based Community Development) yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang ada di sekitar dan dimiliki oleh komunitas masyarakat. Pelatihan ini berjalan dengan baik sehingga mampu memberikan dampak positif bagi Kelompok Wanita Tani yang ada di Dusun Galih, yakni: Menghidupkan kembali Kelompok Wanita Tani yang telah vakum, meningkatkan skills anyaman dan beberapa variasinya, serta sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kelompok dan menyejahterakan anggota kelompok.

References

Ahmadi, dkk. 2022. Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Tahun 2022. Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.

Buku Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Baosan Lor (RPJM DESA) Tahun 2017-2022.

Dureau, Christopher. Pembaru Dan Kekuatan Local Untuk Pembangunan, Australian Community Development And Civil Society Streghtening Scheme (ACCESS) Tahap II. ( Agustus 2013).

Irawati, Anik, and Saras Yulianti. “Peningkatan Produktivitas Ibu-Ibu PKK Melalui,” 2019.

Nuraini, Lailatul, and Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kerajinan Anyaman Tali Plastik Packing Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat) 6, no. 1 (2022): 157. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.7589.

Puspita, Shafira, and Oktiana Handini. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembuatan Dan Pemasaran Tas Anyaman Plastik Di Dukuh Bawang , Kelurahan Poleng , Kecamatan Gesi , Kabupaten Sragen,” 2020.

“Wawancara dengan Ibu Dwi Yuli Amaryani, Sekretaris Kelompok Wanita Tani” n.d.

“Wawancara dengan Ibu Sarmini, Ketua Kelompok Wanita Tani” n.d

“Wawancara dengan Bapak Jurianto, selaku Ketua Dusun Galih, Desa Baosan” n.d

PlumX Metrics

Published
2022-10-04
Section
Articles