PEMBERDAYAAN PETANI KOPI MELALUI OPTIMALISASI PENGOLAHAN HASIL KOPI DI DESA WONODADI, PLANTUNGAN, KABUPATEN KENDAL

  • Indra Maulana Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta
Abstract views: 199 , PDF downloads: 473
Keywords: Desa Wonodadi, perkebunan kopi, pengolahan optimal, pemberdayaan petani, pembangunan berkelanjutan

Abstract

Desa Wonodadi, yang terletak di kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal, termasuk dalam kategori daerah dataran tinggi dengan ketinggian tempat rata-rata 700 meter di atas permukaan laut dan didominasi oleh daerah perbukitan dan pegunungan. Salah satu sumber utama dukungan ekonomi bagi masyarakat setempat adalah sektor perkebunan kopi. Berdasarkan hasil assessment lapangan mengenai pengolahan hasil produksi kopi yang optimal, ditemukan bahwa masyarakat belum sepenuhnya menerapkan metode pengolahan optimal, yang mengakibatkan potensi peningkatan pendapatan petani dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Untuk mengatasi masalah ini, solusi potensial termasuk fokus pada profesi mayoritas penduduk setempat sebagai petani kopi, memberikan pelatihan dan dukungan dalam produksi dan pemasaran kopi yang optimal, dan mengatasi hambatan umum seperti kurangnya pengetahuan dalam panen dan pengemasan yang tepat. Selain itu, dengan memberdayakan petani untuk memproduksi kopi siap minum dengan kualitas yang baik, program pelayanan masyarakat dapat diimplementasikan untuk mengoptimalkan pengolahan kopi di Desa Wonodadi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

References

“Mandirikan Petani Milenial, LPPM UNS Dan Sekolah Kopi Gemawang Gelar Pelatihan.” Mandirikan Petani Milenial, LPPM UNS Dan Sekolah Kopi Gemawang Gelar Pelatihan - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id/beritadaerah/mandirikan-petani-milenial-lppm-uns-dan-sekolah-kopi-gemawang-gelar-pelatihan. Accessed 26 Jan. 2023.

“Simak 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia, Ada Indonesia!” Bisnis.com, 23 Sept. 2022, ekonomi.bisnis.com/read/20220923/12/1580587/simak-5-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-ada-indonesia.

A. Abubakar and I. P. E. Wijaya, “Analisis Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Produksi Petani Kopi Sanggabuana Di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten …,” Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran …, 2022, https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribisnis/article/view/6900.

A. Afrizon, A. Ishak, and D. Mussaddad, “Upaya Peningkatan Produksi Kopi Dengan Panen Petik Merah Di Kabupaten Rejang Lebong,” AGRITEPA: Jurnal Ilmu Dan …, 2020, https://jurnal.unived.ac.id/index.php/agritepa/article/view/1001.

Agnia, Analisis Pemberdayaan Petani Kopi untuk Memotong Rantai Praktik Tengkulak (Studi pada Petani Kopi di desa Pangalengan … (repositori.unsil.ac.id, 2021), http://repositori.unsil.ac.id/3332/.

Hersin and Yohana Tulak, “Metodologi Penelitian” (Center for Open Science, 2020), https://doi.org/10.31219/osf.io/7t5rd.

Hpdannj Kopi, “Analisis Pemberdayaan Petani Kopi Dalam Peningkatan,” Eprints.Walisongo.Ac.Id, N.D., Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/13671/1/Skripsi_1705026118_Dwi_Ari_Apriliani.Pdf.

J. Ochocka, “Community Based Research (Disampaikan Dalam Advanced CBR Training Yang Diselenggarakan Oleh SILE,” LLD UIN Sunan Ampel Surabaya Pada, 2014.

M. Afifi et al., “Peningkatan Hasil Panen Dan Kualitas Hidup Petani Kopi Dengan Pola Pemberdayaan (Studi Kasus Di Desa Rempek, Kabupaten Lombok Utara),” Elastisitas-Jurnal …, 2022, http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/62.

M. Hanafi, “Community-Based Research: Panduan Perencanaan Dan Penyusunan Proposal CBR,” Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel, 2015.

Muttaqin, Author: Zaenal. “Kopi Brebes Mulai Go Internasional.” Kantor Berita MINA, 28 Nov. 2022, minanews.net/ajib-kopi-brebes-mulai-go-internasional.

Observasi lapangan, Desa Wonodadi, 22 Januari 2022

R. W. Asmarantaka, “Analisis Dayasaing Ekspor Kopi Indonesia,” … Dan Daya Saing Agribisnis (Orange Book 2), 2010,

S. Alam, “Kelayakan Pengembangan Kopi Sebagai Komoditas Unggulan Di Provinsi Sulawesi Selatan,” SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi … (download.garuda.kemdikbud.go.id, 2007),

S. Capah, Analisa Alasan Petani Melakukan Peralihan Komoditas Tanaman Kopi Menjadi Tanaman Jeruk Di Kelurahan Sidiangkat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi (digilib.unimed.ac.id, 2020), http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38070.

PlumX Metrics

Published
2022-06-20
Section
Articles