MEMBANGUN ILMUWAN CILIK MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN I-METALS (ISLAMIC - MATHEMATICS, ENVIRONENT, TECHNOLOGY, ART, LITERACY, AND SCIENCE) DI RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN BADEGAN, PONOROGO

Aris Nurbawani(1*), Lukman Hakim(2), Joko Prasetio(3)

(1) IAIN Ponorogo
(2) IAIN Ponorogo
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini pada era modern saat ini mengalami perkembangan yang belum sesuai dengan harapan. Hal ini dipengaruhi oleh belum meratanya kualitas pendidikan usia dini di kota dan di daerah. Globalisasi dan adanya pandemi Covid 19 membuat semua pegiat pendidikan harus menyesuaikan dengan teknologi. Yang menjadi masalah adalah para guru di daerah belum memiliki akses yang luas untuk mengembangkan kompetensi mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru terkait pembelajaran integrasi IMETALS. Adapun metode dalam pengabdian ini menggunakan pendekatan ABCD dimana peneliti menangkap adanya potensi pendidikan di lokasi pengabdian. Hasil dari pengabdian ini, yaitu hasil angket respon menunjukan peserta sangat puas dengan adanya pelatihan ini. Guru mengatakan bahwa penelitian ini sangat menarik. Sebelumnya pada guru belum tau konsep pembelajaran integrasi IMETALS. Guru menunjukan antusiasme yang tinggi dengan berperan aktif pada saat kegiatan. Dalam hal kebermanfaatan, peserta juga menganggap bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan akan mencoba menerapkan pada saat mengajar di sekolah


Keywords


Pendidikan, Usia dini, I-METALS

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Daniar Fatma, and Julianto Julianto. “Kemampuan Guru Dalam Mengenalkan Konsep Pengukuran Pada Anak Kelompok B Di Ra (Raudhatul Athfal) Al Fithrah Surabaya.” PAUD Teratai 4, no. 2 (2015).

Hakim, Lukman, and Melisa Yulianasari. “Penerapan Strategi Talking Stick Dengan Media Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Ponorogo.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 9, no. 1 (2021): 1–12.

Imaduddin, Muhamad. “Mendesain Ulang Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Yang Konstuktif Melalui Steam Project-Based Learning Yang Bernuansa Islami.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 950–58, 2017.

“KI, KD, Indikator Kurikulum 2013 PAUD (1) (2).Pdf,” n.d.

Margorini, Sri, and Ratu Yustika Rini. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM) Pada Anak Usia Dini: Kajian Literatur Terhadap Pandangan Abad 21.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:96–105, 2019.

Sadiah, N. Halimatu, and Ririn Hunafa Lestari. “Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran STEAM.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 3, no. 3 (2020): 237–44.

Santika, Desi Arianti, Edi Hendri Mulyana, and Lutfi Nur. “Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM Pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia 4, no. 1 (2020): 171–84.

Siron, Yubaedi, Ayu Iis Nuryanah, Huri Huraerah, and Nisa Fadhliyah Rahmani. “Wajah TK Berbasis Islam: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran STEM.” Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 4, no. 2 (2020): 171–92.

Zaim, Muhammad. “Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran Dan Hadis (Isu Pengembangan Pendidikan Islam).” Jurnal Muslim Heritage 4, no. 1 (Desember): 251.




DOI: https://doi.org/10.21154/inej.v2i2.3556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aris Nurbawani, Lukman Hakim, Joko Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Inej indexed by: