Rekonstruksi Gender Dalam Islam
Studi Kritis Atas Tafsir Tradisional Perspektif Feminisme
DOI:
https://doi.org/10.21154/ijougs.v6i1.11623Keywords:
Feminisme Islam, Rekonstruksi Gender, Hermenutika al-Qur'anAbstract
Penafsiran tradisional terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan perempuan seringkali mencerminkan bias gender yang dihilangkan pada struktur sosial patriarki tempat para mufassir klasik hidup dan bekerja. Secara historis, penafsiran ini telah menempatkan perempuan dalam peran subordinat, baik di ranah domestik maupun publik, yang menyebabkan kewajaran dalam pemahaman Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan rekonstruksi penafsiran Al-Qur'an berdasarkan feminisme Islam sebagai pengembangan pemahaman Islam yang berkeadilan gender. Dengan menggunakan metode observasi pustaka, penelitian ini mengeksplorasi karya-karya feminis Muslim kontemporer seperti Amina Wadud, Asma Barlas, dan Fatima Mernissi, serta menganalisis ulang ayat-ayat Al-Qur'an yang secara tradisional dihasilkan melalui lensa patriarki. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan feminis Islam dapat mendekonstruksi penafsiran yang bias melalui kritik epistemologis dan hermeneutika kontekstual yang menekankan prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, dan pengalaman hidup perempuan. Implikasinya meliputi perubahan paradigma dalam hubungan gender dalam keluarga, penguatan peran perempuan dalam pendidikan dan keilmuan Islam, serta reformasi hukum Islam agar lebih responsif terhadap keadilan sosial. Rekonstruksi ini berfungsi sebagai langkah krusial melepaskan nilai-nilai Al-Qur'an menuju masyarakat Muslim modern yang berkeadilan gender.
References
Artikel Jurnal
Abidin, Ahmad Zainal, M. Imam Sanusi Al-Khanafi, and Eko Zulfikar. “Tafsir Gender Jawa: Telaah Tafsir Al-Iklil Fi Ma’ani Al-Tanzil Karya Misbah Mustafa.” Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam 18, no. 1 (January 31, 2019): 1–17. https://doi.org/10.14421/musawa.2019.181.1-17.
Aenah, 18116400, 211307001 Faisal M. Ag, and M. Pd I. Devi Yuniar Wi Hargina. “Konsep Kesetaraan Gender Perspektif KH. Husein Muhammad Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.” Other, IAINU Kebumen, 2022. https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1040/.
Apandi, Taufik. “Kritik atas Pemahaman Kaum Feminis terhadap Otoritas Mufasir Laki-laki.” KALIMAH 13, no. 1 (March 31, 2015): 1. https://doi.org/10.21111/klm.v13i1.276.
Arsal, Arsal, Busyro Busyro, and Maizul Imran. “Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Tafsir Hermeneutika Feminisme Amina Wadud.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 2 (November 19, 2020): 481–500. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1976.
Barlas, Asma. “Uncrossed Bridges: Islam, Feminism and Secular Democracy.” Philosophy & Social Criticism 39, no. 4–5 (May 1, 2013): 417–25. https://doi.org/10.1177/0191453713477346.
Cahyani, Suci, Mohd Firdaus Bin Madaim, and Syamsuddin Hasibuan. “Kesetaraan Gender Dalam Al- Qur’an: Telaah Pemikiran Aminah Wadud Terhadap Surat At- Taubah Ayat 71.” ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research 2, no. 01 (June 13, 2025). https://ejournal.bamala.org/index.php/almustofa/article/view/457-467.
Febriansyah, Aji, Aldi Armansah Prayoga, and Siti Maysaroh. “Kesetaraan Gender Menurut Amina Wadud: Penafsiran Kontekstual Dalam Al-Qur’an.” ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research 2, no. 01 (June 9, 2025): 338–51.
Gustianda, Nana. “Menelusuri Pemahaman Patriarki Dalam Tafsir Q.S. An-Nisa:34 Dan Impikasinya Terhadap Tren Penurunan Pernikahan Di Indonesia.” Jurnal Keislaman 7, no. 2 (September 30, 2024): 521–33. https://doi.org/10.54298/jk.v7i2.261.
Hakim, Lukman. “Mis-Interpretasi Ayat Kepemimpinan Laki-Laki Atas Perempuan (Kritik Terhadap Tafsīr Feminis).” Studia Quranika 1, no. 2 (January 15, 2017). https://doi.org/10.21111/studiquran.v1i2.848.
Hasballah, T., and Tarmizi Ninoersy. “Studi Naskah: Teks-Teks Klasik Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal 5, no. 3 (April 12, 2025): 645–53.
Ismail, Nurjannah. “Rekonstruksi Tafsir Perempuan: Membangun Tafsir Berkeadilan Gender (Studi Kritis Atas Pemikiran Asghar Ali Engineer, Fatima Mernissi Dan Amina Wadud Muhshin Tentang Perempuan Dalam Islam).” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 1, no. 1 (March 1, 2015): 39–50. https://doi.org/10.22373/equality.v1i1.778.
Khairanis, Retisfa, and Muhammad Aldi. “Representasi Gender dalam Al-Qur’an: Tinjauan Kritis Terhadap Narasi Perempuan.” Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural 3, no. 1 (April 9, 2025): 27–34. https://doi.org/10.57152/batik.v3i1.2000.
Khoiroh, Isti, Agus Setiawan, and Hafid Nur Muhammad. “Konsep Kepemimpinan Wanita Dalam Qs. An-Nisa Ayat 34 (Studi Komparatif Tafsir Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an Karya Imam al-Qurthubi Dan Tafsir Kebencian Karya Zaitunah Subhan).” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 2 (August 30, 2022): 184–94. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i2.45.
Kusuma, Melinda, Muhamad Hanif Al Aufa, and Muhammad Ali Nashrulloh Usman. “Pandangan Al-Qur’an Terhadap Feminisme Dan Gender : Kajian Tafsir Maudhu’i.” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi 2, no. 3 (August 12, 2023): 1015–26.
Midesia, Shelly, and Trie Nadilla. “Feminisme Dalam Al-Qur’an.” Saree: Research in Gender Studies 4, no. 1 (June 30, 2022): 57–67. https://doi.org/10.47766/saree.v4i1.1035.
Mutawakkil, M. Hajir. “Keadilan Islam dalam Persoalan Gender.” KALIMAH 12, no. 1 (March 5, 2014): 67. https://doi.org/10.21111/klm.v12i1.219.
Nurfitri, Indah. “TAFSIR AL-quran feminis di/era modern indonesia/studi kasus pemikiran zaitunnah subhan,” 2024. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77609.
Putri, Chandra Nirwana Harsono. “Kajian Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam (Studi Komparasi Pemikiran Qasim Amin Dan Fatima Mernissi).” Diploma, IAIN Ponorgo, 2022. https://etheses.iainponorogo.ac.id/22478/.
Qutsiyah, Muridatul, and Ghozi Mubarok. “Konsep Keadilan Pembagian Warisan Dalam Ayat ‘Li Al-Dzakari Mithlu Hazizi Al-Unthayayn’: Studi Kitab Tafsir Klasik Dan Tafsir Kontemporer.” Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 2 (December 31, 2024): 49–69. https://doi.org/10.62109/ijiat.v5i2.89.
Rangkuti, Ahmad Zuhri. “Studi analisis konsep Muhammad `Abduh (1266-1323 H/1849-1905) tentang Al-Qawwāmah dan implikasinya terhadap kedudukan perempuan dalam hukum Islam.” Masters, Pascasarjana UIN Sumatera Utara, 2014. http://repository.uinsu.ac.id/1448/.
RizkyaRahman, MIsa, Hidayatullah Ismail, and Ali Akbar. “Feminist Tafsir: A Comparative Study of Zainab al-Ghazali and Amina Wadud’s Thoughts on Gender Verses.” Khulasah : Islamic Studies Journal 7, no. 2 (June 14, 2025): 28–62. https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.347.
Rofifah, Rofifah, Asep Shodiqin, and Enok Risdayah. “Strategi Pemberdayaan Perempuan Dalam Masyarakat Islam: Studi Wacana Kritis Pemikiran Fatima Mernissi Dalam Buku Beyond The Veil.” Bayt Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat Islam 1, no. 1 (May 14, 2025): 53–65.
Rohmatallah, Syahru, Ahmad Royani, Sholahuddin Al Ayubi, and Andi Rosa. “Feminisme Islam: Pembaharuan Pemikiran Tentang Gender Dalam Perspektif Ajaran Al-Qur’an.” SPECTRUM: Journal of Gender and Children Studies 5, no. 1 (June 15, 2025): 31–42. https://doi.org/10.30984/spectrum.v5i1.1380.
Safra Ulya, 201006020. “Penafsiran al-Qur’an Surat al-Nisā’ Ayat 34 tentang Kedudukan Perempuan Menurut Tafsir Klasik al-Ṭabarī dan Kontemporer al-Misbah.” Masters, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2024. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37771/.
Siregar, Ailda Lyra Miranda, Ahmat Rifai Zen Harahap, Ananda Nabilah, and Laila Sari Masyhur. “Analisis Hermeneutika Kontekstual Dalam Penafsiran Al-Qur’an: Studi Atas Metodologi Abdullah Saeed.” Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 14, no. 4 (June 7, 2025): 21–30.
Surya, Mintaraga Eman. “Tafsir Ayat-Ayat Gender Dalam Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ekofeminisme: Kritik Terhadap Tafsir Feminisme Liberal.” Muwazah 6, no. 1 (2014): 55–75.
Suryorini, Ariana. “Menelaah Feminisme Dalam Islam.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 7, no. 2 (April 30, 2012): 21–36. https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.647.
Zulaiha, Eni. “Tafsir Feminis: Sejarah, Paradigma Dan Standar Validitas Tafsir Feminis.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (June 28, 2016): 17–26. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1671.
Buku
Maulana, Luthfi. “Pembacaan Tafsir Feminis Nasarudin Umar Sebagai Tranformasi Sosial Islam.” Muwazah 9, no. 1 (2017): 51–71.
Mernissi, Fatima. “The Veil And The Male Elite: A Feminist Interpretation Of Women’s Rights In Islam,” n.d.
Muhammad, K. H. Husein. Islam Agama Ramah Perempuan. IRCISOD, 2021.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles published in ijougs are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Under this license, authors and readers are free to:
-
Share. copy and redistribute the material in any medium or format
-
Adapt. remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution. You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
Non-Commercial. You may not use the material for commercial purposes.
Notices:
-
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
-
No additional restrictions. You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
For the full legal code of the license, please visit: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/