Model Evaluasi Pembelajaran dengan Dimensi Gender Social Inclusion pada Sekolah Dasar

  • Asmidati Rofiatul Nikmah IAIN PONOROGO
Abstract views: 148 , PDF downloads: 676
Untitled downloads: 0

Abstract

Dalam dunia pendidikan, evaluasi dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan
oleh seorang guru untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program
pembelajaran sudah tercapai dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Evaluasi
hasil belajar siswa dilakukan oleh pendidik untuk memantau sejauhmana
keberhasilan dan kemajuan belajar siswa. Evaluasi pembelajaran diartikan sebagai
suatu proses untuk menentukan tingkat pencapaian dalam pembelajaran sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan. Permasalahan dilatarbelakangi oleh evaluasi
pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan tidak melibatkan peran GSI
didalamnya. Hal ini akan mengakibatkan evaluasi pembelajaran tidak bisa berjalan
dengan adil dan efektif. Evaluasi pembelajaran, harus memperhatikan dari aspek
gender, sosial, dan inklusi peserta didik. Hal ini dilakukan supaya guru dapat
menerapkan model, sistem, media, dan strategi pembelajaran, setelah melakukan
proses evaluasi. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran dengan dimensi GSI pada Sekolah Dasar. Analisis difokuskan pada
aspek evaluasi pembelajaran dengan melibatkan peran GSI pada Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian library research.
Hasil penelitian ini, peneliti memandang bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran
harus dilakukan dengan melibatkan dimensi GSI didalamnya, supaya kegiatan
pembelajaran kedepannya dapat lebih baik tanpa memandang perbedaan dan tanpa
melakukan diskriminatif.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Dimensi GSI
Abstract:
In the world of education, evaluation can be interpreted as a process carried out by
a teacher to find out the extent to which the success of a learning program has been
achieved and implemented on an ongoing basis. Evaluation of student learning
outcomes is carried out by educators to monitor the success and progress of student
learning. Learning evaluation is defined as a process to determine the level of
achievement in learning in accordance with the goals that have been set. The
problem was motivated by the evaluation of learning carried out in schools that did
not involve the role of GSI in it. This will result in the evaluation of learning
cannot run fairly and effectively. Evaluation of learning, must pay attention to
aspects of gender, social, and student inclusion. This is done so that teachers can
apply models, systems, media, and learning strategies, after carrying out the
evaluation process. This paper aims to describe the evaluation of learning with GSI
dimensions in elementary schools. The analysis focused on the aspect of learning
evaluation by involving the role of GSI in elementary schools. The research method
used is a library research method. The results of this study, researchers view that
learning evaluation activities must be carried out by involving the GSI dimensionin it, so that future learning activities can be better regardless of differences and

without discriminating.

Keywords: Learning Evaluation, GSI Dimension

PlumX Metrics

Published
2022-06-28
Section
Articles